Apa Fungsi HDR Kamera Xiaomi Redmi Note 7 dan Tipe Lainnya ?

Ada sebagian pengguna Smartphone Xiaomi Redmi Note 7 dan beberapa tipe lainnya tentang apa fungsi dari fitur HDR. Pada mode standar saat membuka aplikasi kamera, fungsi ini dinonaktifkan seperti halnya menu 48MP dan filter lainnya.

Arti dan Fungsi menu HDR Kamera

HDR di kamera smartphone menjadi satu fitur unggulan disamping AI dan juga besarnya resolusi. Namun banyak yang belum memanfaatkannya secara maksimal. Padahal kita bisa menghasilkan foto di ponsel lebih bagus dan kaya warna daripada menggunakan mode standar saat memotret objek.

Di kesempatan kali ini admin akan sedikit mengulas apa arti HDR di kamera Smartphone Xiaomi seperti tipe Redmi Note 7, Mi A1, Redmi Go, Note 5, 6, 7 Pro, Mi A2 dan bahkan di beberapa merek Ponsel android lain seperti Samsung Galaxy, OPPO, Vivo, Lenovo dan lain sebagainya.

Arti HDR dan Fungsinya

HDR kepanjangan dari High Dinamic Range, maksud dari adanya fitur ini memungkinkan teknik fotografi dengan sistem pencitraan yang luas dan dinamis dibanding menggunakan metode foto standar.

Baca juga:  5 Tipe HP Xiaomi Terbaik seharga dibawah 2 Jutaan Terbaru

Saat fitur HDR dinyalakan, maka ada proses yang dilakukan oleh sensor atau software khusus yang membidik beberapa objek secara cepat, merendernya lalu menggabungkannya menjadi satu hasil foto yang lebih optimal dari sisi pencahayaan, kontras, ketajaman warna dan aspek lainnya.

Contoh foto HDR

Mungkin anda akan melihat saat membidik objek dengan mode Foto standar saat tombol rana (Shutter) ditekan maka secara cepat image akan tersimpan.

Namun kala HDR diaktifkan, ketika tombol rana sudah ditekan terlihat beberapa saat ada proses pengolahan gambar sebelum akhirnya foto tersimpan di memori. Jadi lebih lambat karena sensor dan aplikasi harus mengolah image untuk dimaksimalkan hasilnya.

Bisa anda bandingkan, hasil foto di Smartphone dengan fitur HDR akan lebih cerah, tajam dan warnanya hampir menyerupai bentuk objek aslinya daripada dengan teknik foto standar tanpa menggunakan filter apapun.

Simak juga Cara Upgrade MIUI Redmi Note 7 ke versi 10.3.4.0 PFGEUXM Untuk mendapat banyak pembaruan fitur baru di kamera 48MP, Google Lens dan beberapa yang lain.

Baca juga:  Cara Split Layar 2 Aplikasi di HP Redmi Note 7 / Pro

Tidak semua Smartphone dan Kamera khusus seperti DSLR menggunakan HDR dengan sensor khusus. Ada sebagian yang mengandalkan software pengolah gambar untuk menghasilkan foto yang sama fungsinya dengan High Dinamic Range.

Cara Mengaktifkan HDR Kamera Redmi Note 7

Di bawah ini adalah contoh bagaimana mengaktifkan fitur HDR pada aplikasi kamera bawaan HP Xiaomi Redmi Note 7 / Pro atau beberapa tipe lainnya yang mensupport menu ini.

  1. Bukalah aplikasi kamera Standar Redmi
  2. Gunakan Lensa Belakang, Bukan kamera Selfi
  3. Tekan menu HDR yang ada di deretan atas menu
  4. Pilih opsi “Hidup”, jangan memilih Otomatis
  5. Selanjutnya Kamera Redmi siap untuk memotret
Menu HDR Kamera Redmi Note 7

Cara Memotret Objek dengan HDR

Untuk menghasilkan foto yang bagus usahakan memotret benda atau objek yang diam atau statis. Fungsi HDR tidak akan bekerja maksimal apabila image selalu bergerak.

Saat memotret, usahakan tidak terburu-buru untuk menggerakkan smartphone sebelum hasil foto tersimpan karena software atau sensor akan melakukan rendering dan penggabungan hasil bidikan kamera untuk dijadikan satu foto yang paling bagus.

Baca juga:  Cara Duplikat aplikasi FB dan WA di HP Redmi 5

Kesimpulannya, Fitur HDR Kamera di Redmi Note 7 / Pro dan tipe Xiaomi lainnya bisa anda manfaatkan untuk memperoleh gambar yang detial dari segi warna dan pencahayaan, Silahkan mencoba.

Leave a reply "Apa Fungsi HDR Kamera Xiaomi Redmi Note 7 dan Tipe Lainnya ?"