Mengatasi Hamparan Layar Terdeteksi di HP Android Marshmallow

Screen Overlay detected atau tampilan hamparan layar terdeteksi umumnya dialamai pengguna samartphone dengan versi Marshmallow atau yang telah mengupdate dari versi sebelumnya yakni Lollipop. Hal ini juga sering terjadi pada beberapa tipe android seperti Samsung J2 J5 J7 Asus Zenfone, Xiaomi 4X 4A, Lenovo A7700 dan beberapa tipe android versi marshmallow lainnya.

Penyebab Screen overlay detected

Banyak kejadian saat membuka aplikasi tertentu ternyata kita dicegat dengan tulisan Hamparan layar terdeteksi, sehingga kita gagal membuka aplikasi tersebut dan bahkan saat kita masuk ke menu setelan aplikasi serta menonaktifkan app tersebut ada yang gagal melakukannya.

Penyebab munculnya peringatan hamparan layar tersebut karena ada aplikasi yang sedang berjalan sedang menutupi aplikasi lainnya yang juga akan dijalankan. Sehingga kita harus menutup salah satu aplikasi tersebut dari setelan izin aplikasi.

Yang bikin pusing kalau kita tidak tahu aplikasi apa yang sedang menutupi App lainnya, sehingga tetap saja muncul peringatan screen overlay detected tersebut. Dan anehnya lagi, tidak semua tipe smartphone juga sama problemnya meski aplikasi yang diinstall juga sama.

Silahkan simak juga tutorial Cara Mengaktifkan Mode Pengembang di HP OPPO dan Fungsinya atau tips tentang Tips Pindah WA ke HP lain Tanpa Kehilangan isi Chat

Baca juga:  Cara Mengembalikan Bahasa OPPO A3S dari China ke Indonesia

Semisal saya punya HP Samsung J2 Prime, kemudian satu lagi HP Evercoss, dan sama-sama menjalankan aplikasi semisal Xender transfer file. Kenyataannya di HP evercoss gagal membuka aplikasi tersebut dan di HP samsung bisa terbuka tanpa dicegat halaman hamparan layar.

Penyebab dan Cara Mengatasi Peringatan Screen overlay detected

Nah, dari berbagai sumber seperti forum-forum android yang saya cari di mesin pencari dalam dan luar Negeri, Ternyata saya bisa menyelesaikan permasalahan hamparan layar tesebut. Dan setiap pemilik smartphone ternyata tidak sama cara mengatasinya, namun demikian intinya tetap jeli melihat aplikasi mana yang berpotensi besar mencegah aplikasi lain untuk berjalan diatasnya.

  1. Update versi Android

Perlu diketahui, munculnya halaman ‘Hamparan layar terdeteksi’ tersebut rata-rata ada pada android marshmallow atau yang sedang melakukan upgrade dari versi lollipop.

Tidak hanya itu, versi yang belum stabil atau banyak bug didalamnya juga menjadikan beberapa versi marwsmallow akan memunculkan pesan tersebut untuk menjalankan aplikasi tertentu semisal UC browser, DU Battery, Locker & Booster, CM Security, ES File Explorer dan lain sebagainya.

Baca juga:  Tips HP Pocophone F1 Menyalakan Layar dengan Dua Ketukan

Jadi pastikan untuk melakukan update dengan versi marshmallow terbaru yang disarankan oleh tipe smartphone anda. Agar nantinya kita mendapat versi stabil dari pabrikan ponsel yang bersangkutan.

  1. Izin aplikasi

Setiap kali kita mengunduh dan menginstal suatu aplikasi ke HP android pastinya ada setelan khusus untuk izin aplikasinya, dan tidak semua aplikasi mempunyai bentuk izin yang sama, semisal WhatsApp akan meminta izin untuk mengakses buku telepon, Akses video, microfone dan lainnya. Begitu juga untuk aplikasi yang lain bisa berbeda ijin yang diminta, tergantung dari si pembuat aplikasi.

Izin aplikasi di HP android

Nah, untuk melakukan cek apakah izin aplikasi menyala atau tidak, bisa masuk ke menu Setelan (Pengaturan), kemudian masuk ke menu Aplikasi dan pilih opsi ‘Izin aplikasi’

Di opsi itulah kita bisa mengaktifkan atau mematikan ijin app untuk bisa dijalankan atau tidak. Dan disana pula kita bisa memilah-milah aplikasi mana yang menyebabkan munculnya peringatan Hamparan layar terdeteksi.

  1. Aplikasi diatas app lain

Peringatan Screen overlay bisa selalu muncul kala kita ingin menjalankan aplikasi tertentu karena adanya penghalang dari aplikasi lain yang sudah jalan terlebih dahulu.

Baca juga:  Apa Fungsi dan Efek Mode Pesawat di Android dan iPhone ?

Tentunya kita harus menutup aplikasi tersebut agar tidak menjadi penghalang saat ada app lain yang ingin kita mainkan.

Untuk itu, kita bisa mencoba melakukan aksi ‘force close’ atau menutup paksa aplikasi yang menyebabkan hamparan layar muncul. Semisal penyebabnya adalah app RAM Booster, maka lakukan tutup paksa.

Biasanya setelah kita tutup paksa, meski pada bagian ijin aplikasi tidak kita nonaktifkan maka app lain yang tadinya terhalang peringatan overlay bisa kita jalankan dengan sempurna.

  1. Reset Preferensi Aplikasi

Kita juga bisa mencoba mengembalikan semua pengaturan izin aplikasi yang telah kita buat dengan sengaja maupun tidak melalui menu ‘Reset preferensi aplikasi’

Dengan sekali tombol, semua settingan dan ijin aplikasi yang ada di HP android akan kembali seperti bawaan pabrikan. Lalu coba buka aplikasi yang tadinya terhalang hamparan layar.

Demikianlah informasi penyebab dan cara mengatasi masalah screen overlay detected pada HP android versi marshmallow, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Mengatasi Hamparan Layar Terdeteksi di HP Android Marshmallow"