Mengetahui USER ID BRI dan Password Internet Banking Kelupaan

Berbagai masalah bisa muncul ketika menggunakan fasilitas internet Banking BRI, seperti kelupaan Password atau User ID, Terblokir karena salah memasukkan sandi tiga kali berturut-turut atau bahkan selalu gagal melakukan transaksi meski sudah login dengan benar dan permasalahan lainnya.

Kelupaan nama user ID dan password BRIMO Internet banking BRI

Adapun masalah lupa USER ID dan password masuk Internet Banking (IB) BRI menjadi permasalahan klasik karena memang manusia tidak luput dari kata ‘Lupa’. Meski demikian, bagi sebagian nasabah bank yang masih belum mengerti bagaimana mengetahui kembali ID Pengguna dan kata sandi yang kelupaan takut kalau uang di rekeningnya tidak bisa diambil dan kekhawatiran lain.

Jangan panik, meskipun aplikasi internet atau mobile banking tidak dapat anda akses karena terblokir atau lupa akun login, tetap saja uang di rekening aman dan bisa melakukan transaksi melalui kartu ATM.

Dimana meskipun fungsinya sama, kartu ATM dan aplikasi Internet Banking BRI bekerja dengan platform masing-masing walaupun salah satunya tidak dapat dipakai.

Cara Mengetahui User ID BRI Internet / Mobile Banking

Ada dua cara untuk mengatasi lupa Nama pengguna (USER ID) Mobile Banking, BRImo atau Internet Banking supaya dapat diakses kembali.

Melihat USER ID BRI Internet Banking melalui Email

Kita bisa menggunakan akun email yang sudah terdaftar sebelumnya, dimana otomatis akan masuk kotak pesan ketika pertama kali mengaktivasi BRI Mobile atau Internet Banking. Di dalam pesan itulah tertera USER ID akun IB BRI anda dan untuk cara mengetahuinya adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Email dan masuk ke akun yang sudah terdaftar di BRI
  2. Untuk mencai riwayat pesan, ketikkan di kotak pencarian dengan kata kunci “User id bri
  3. Bila pencarian berhasil, Buka Pesan dan hafalkan User ID yang tertera
  4. Setelah itu, coba buka aplikasi Internet Banking dan login dengan user serta password dengan benar
Baca juga:  Cara Transfer uang ke BRI Syariah dari BNI Mobile Banking

Adapun fungsi Email aktif yang terkait dengan akun BRI maka setiap kita bertransaksi melalui aplikasi Mobile / Internet Banking atau BRImo akan menerima pesan masuk berupa notifikasi jurnal transaction.

Simak juga: Cara mengatasi kartu ATM BRI status Disable dan penyebabnya.

Bagaimana kalau Email Lupa untuk melihat USER ID BRI ?

Tidak sedikit yang kelupaan alamat Email, entah itu lupa password masuknya atau akun emailnya sekaligus sehingga tidak dapat mengetahui pesan masuk yang berisi USER ID BRI Internet Banking miliknya.

Adapun cara terakhir selain menggunakan akun Email untuk melihat USER ID BRImo / Internet Banking atau Mobile bisa dengan mendatangi  Customer Service Bank BRI cabang terdekat.

  1. Sebelum mendatangi Bank Persiapkan ATM, Kartu Identitas berlaku (KTP / Passport / SIM) dan Buku tabungan
  2. Ambil nomor Antrian untuk CS BRI dan tunggu sampai dipanggil
  3. Bilang ke CS BRI kalau kelupaan USER ID (Bahkan kalau lupa passwordnya juga bisa mengajukan keluhan)
  4. Untuk proses verifikasi, biasanya pihak Bank akan menanyakan Nama ibu kandung pemilik rekening dan data lain
  5. Bila disuruh mengisi form keluhan, silahkan isi sesuai permintaan
  6. CS BRI akan langsung memproses permintaan untuk mengetahui USER ID Akun IB BRI anda
Baca juga:  Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi BNI mBanking

Bagaimana kalau Lupa Password BRI Internet Banking ?

Bila USER ID ingat namun password Internet Banking BRI lupa maka kita bisa menggunakan Website internet banking BRI, Aplikasi BRImo atau BRI Mobile untuk meminta pergantian sandi.

Di antarmuka aplikasi atau website ib bri masuk ke menu “Lupa password anda ?”, Kemudian input data yang diperlukan dan alamat Email yang valid dan sudah terdaftar di rekening BRI.

Menu lupa password BRI internet banking

Nantinya akan ada pesan masuk ke Email berupa tautan (Link) yang bisa di klik untuk memperbarui password BRI Internet Banking. Silahkan buka tautan tersebut dan buat kata sandi yang baru yang mudah anda ingat dan tentunya sulit untuk ditebak orang lain.

Bagaimana Mengatasi Internet Banking BRI Terblokir ?

Untuk alasan keamanan data dan uang di rekening nasabah, maka saat kesalahan tiga kali berturut memasukkan password akan mengakibatkan akun terblokir dan tidak dapat digunakan untuk bertransaksi.

Namun seperti yang admin jelaskan diatas, meskipun akun BRImo / BRI Mobile atau internet banking terblokir, tetap saja nasabah bisa bertransaksi melalui mesin ATM menggunakan kartu Debit miliknya.

Baca juga:  2 Cara Registrasi dan Aktivasi BNI SMS Banking

Begitu juga sebaliknya, ketika ATM Terblokir atau statusnya disabled, maka kita masih bisa menggunakan aplikasi Internet atau mobile banking untuk bertransaksi seperti transfer, pembelian, pembayaran dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi masalah akun internet Banking BRI yang terblokir karena kesalahan memasukkan password 3 kali berturut-turut, maka nasabah harus mendatangi Bank BRI.

Jangan lupa untuk membawa identitas berupa KTP yang masih berlaku, Buku tabungan serta kartu ATM. Kemudian lakukan permintaan ke CS BRI untuk membuka blokir IB BRI anda.

Kesimpulannya, ada dua cara untuk melihat kembali USER ID Mobile banking, BRImo atau internet banking BRI yang kelupaan, yaitu dengan mencari datanya di akun Email dan langsung menuju ke teras BRI terdekat.

Artikel Terkait