Pengecekan Iuran BPJS Error Apa penyebab dan cara mengatasinya

Mungkin Anda pernah mengalami kejadian saat melakukan pengecekan iuran atau kepesertaan BPJS Kesehatan terjadi Error, Entah itu menggunakan aplikasi JKN mobile atau via Situs resmi BPJS. Alih-alih dapat melakukan pembayaran asuransi, melihat saldo maupun informasi apakah sudah lunas atau masih menunggak saja tidak dapat dilakukan.

mengatasi BPJS kesehatan tidak dapat diakses

Mungkin bukan saya saja yang merasakan seringnya Server data BPJS trouble, Bahkan durasi error terjadi bukan daam hitungan jam namun hari. Terkadang  hal tersebut membuat was-was peserta JKN seperti apakah keanggotaannya terblokir atau memang ada masalah pembayaran yang belum terselesaikan sehingga tidak dapat mengakses informasi melalui Website Resmi BPJS maupun aplikasi Mobile JKN.

Adapun permasalahan seputar trouble saat melakukan pengecekan, saat ingin membayar iuran atau memperoleh informasi saja tidak bisa dilakukan via Online, harus kita ketahui dahulu apa penyebab dan tentu saja solusinya.

Penyebab dan Solusi Informasi BPJS tidak dapat diakses

1. Server BPJS bermasalah

Layanan Online pasti menggunakan data yang diolah pada server khusus. Dimana kejadian server data toruble bukanlah hal yang mustahil bahkan umum. Bahkan sekelas perusahaan besar dunia seperti Google saja pernah mengalaminya.

Baca juga:  10 Kode Rahasia di HP Samsung Galaxy J7 yang wajib diketahui!

Simak juga Cara membayar iuran BPJS melalui Aplikasi BNI Mobile Banking

Adapun Server BPJS error bisa disebabkan salah satunya sedang ada perbaikan dan sinkronisasi data peserta JKN. Bisa juga karena adanya overload bandwidth yang disebabkan banyaknya pengguna yang mengakses data pada satu waktu sehingga diberlakukan metode antrian akses.

Namun apabila semua anggota kepesertaan BPJS tidak dapat mengakses informasi melalui layanan online, baik itu via aplikasi JKN mobile atau website resminya, Meskipun pada jam-jam tidak sibuk sistem tetap error semisal dini hari waktu aksesnya, Bisa dipastikan server pusat sedang perbaikan.

Contoh notifikasi server BPJS error di situs

Jadi solusi untuk masalah ini diharapkan anggota BPJS bersabar untuk beberapa waktu sampai benar-benar server BPJS kembali normal dan dapat diakses kembali.

2. Jaringan Internet Terputus

Penyebab kedua yang sering diabaikan yaitu jaringan data internet pengguna terputus ataupun tidak stabil. Sehingga saat membuka aplikasi JKN Mobile atau mengakses situs resmi BPJS terjadi error.

Solusinya, Pastikan dulu sinyal selular atau WiFi dalam kondisi stabil. Matikan semua proses aplikasi yang sedang berjalan atau baru saja dibuka sebelum menjalanan aplikasi Mobile JKN atau checking BPJS kesehatan via Browser.

Baca juga:  Kode Rahasia di HP iPhone yang wajib diketahui

3. Kesalahan ID / Nomor Kartu

Tidak hanya kesalahan Input nomor kartu (ID) peserta, Kekeliruan memasukkan tanggal lahir juga menjadi penyebab informasi data BPJS yang kita inginkan tidak dapat muncul.

Namun tentunya pesan kesalahan di layar juga bisa dijadikan patokan apa truble yang sebenarnya terjadi. Semisal ada kesalahan memasukkan tanggal lahir meskipun Nomor peserta benar, maka di layar akan tampil notifikasi data peserta tidak ditemukan.

4. Kepesertaan Belum Aktif

Penyebab selanjutnya yaitu keanggotaan BPJS belum aktif, Bisa terjadi karena belum melakukan aktifasi atau baru saja mendaftar sehingga harus menunggu aktif agar bisa mengakses informasi dari server BPJS.

Kesimpulannya, Trouble saat ingin melihat informasi iuran asuransi kesehatan BPJS atau adanya notifikasi sistem error di aplikasi JKN atau situs resminya meskipun bolak-balik kita coba tetap gagal, maka bisa bisa dipastikan server sedang bermasalah dan peserta harus sabar menunggu pusat data pulih kembali.

Adapun keluhan atau informasi seputar BPJS bisa ditanyakan melalui care center di nomor 1500400 (24 Jam Layanan), via Facebook BPJS Kesehatan, Twitter @BPJSKesehatanRI dan akun instagram bpjskesehatan_ri

Itulah beberapa tips mengatasi trouble saat mengakses keanggotaan BPJS Online berserta penyebabnya, semoga bermanfaat untuk sobat semua.

Baca juga:  Cara Otomatis Reset HP Samsung bila Salah Kode 15 Kali

Artikel Terkait