Penyebab HP Android dicas full tapi Baterai cepat Habis

Penyebab HP Android dicas full tapi Baterai cepat Habis – Mungkin anda pengguna HP android sering mengalami keluhan baterai HP miliknya cepat drop padahal baru saja diisi ulang, Atau ada masalah seperti HP jarang digunakan tiba-tiba berkurang dayanya dengan cepat.

cara pengatasi baterai HP cepat habis

Sebenarnya apa yang terjadi, apakah baterai HP kita yang sedang bermasalah, ada hardware dalam HP yang mulai menurun fungsinya ataukah malah sistem yang menjadi pemicu seringnya baterai drop?

Baterai merupakan perangkat Vital dari perangkat elektronik seperti smartphone, dimana daya yang dihasilkan untuk mengaliri komponen HP harus memenuhi syarat mulai tegangan serta besar dayanya.

Baterai sendiri merupakan perangkat yang berisi dua atau lebih sel-sel elektrokimia yang dapat mengubah energi kimia menjadi energi listrik, dimana ada dua kutub yang umum kita ketahui dalam baterai yakni Anoda (kutub negatif) dan katoda sebagai kutub positifnya.

Baca juga:

Bilamana perangkat smartphone mengalami kendala bagian baterai maka secara otomatis kita akan membutuhkan alat isi daya yang selalu stand-by untuk jaga-jaga bisa suatu saat baterai ngedrop atau habis.

Baterai HP yang tiba-tiba habis meski baru dicas (diisi daya), baterai yang cepat drop padahal tidak membuka aplikasi yang berat, atau bahkan ada kejadian baterai baru dicas sesaat kemudian sudah tampak indikator penuh dilayar, padahal ketika alat isi daya dilepas ternyata daya kembali drop.

Penyebab dan solusi Baterai HP Error

Adapun permasalahan pada baterai HP tidak bisa kita sangkakan pada baterainya saja, bahkan mungkin kita baru beli baterai baru, namun setelah digunakan belum beberapa hari ternyata sudah tidak normal, cepat habis meski jarang digunakan main aplikasi berat seperti game atau nonton video.

Baca juga:  Tips Mengatasi HP OPPO Sering Mati dan Nyala Sendiri

Untuk mengetahui beberapa penyebab daya baterai cepat drop dengan segala persoalannya, Entah itu baterai dari HP samsung, baterai OPPO, Xiaomi, Asus, Lenovo atau merek selainnya, silahkan simak jawabannya di bawah ini:

Masa Pakai baterai

baterai melembung

ilustrasi: baterai HP Melembung

Untuk penyebab yang pertama tentunya para pengguna HP yang harus mengetahui berapa umur baterai yang ada dalam HP miliknya.

Bukan hanya itu saja, setiap pengguna HP juga akan berlainan sifat dan karakteristik dalam hal durasi penggunaan HP, ada yang jarang menggunakan atau bahkan tidak lepas dari memainkan apikasi setiap waktu.

Perlu diketahui bahwasanya sebuah baterai mempunyai masa pakai atau lifetime tertentu. Setiap kita mengisi baterai maka kualitas dan kinerja cell didalamnya akan berkurang.

Salah satu ciri-ciri baterai yang sudah tidak layak pakai seperti baterai melembung. Sebaiknya ganti baterai yang sudah melembung dengan yang baru, jangan mencoba mengempiskannya dengan menusuk jarum, berbahaya.

Jadi, ingat-ingat dulu, berapa umur baterai HP dan seberapa sering kita melakukan ces, bisa memprediksi penyebab dan sekaligus mempunyai solusi bahwa baterai yang sedang bermasalah untuk segera diganti baru atau memang ada penyebab lain bila baterai masih tergolong baru.

Kualitas Baterai

Mungkin sudah banyak yang tahu, semakin mahal harga baterai umumnya semakin bagus kualitas dan kinerja cell didalamnya untuk menyimpan daya sekaligus mensuplai arus di HP.

Bilamana ponsel kita memiliki baterai Original bawaan HP atau memang sudah diganti dnegan kualitas yang bagus namun tetap saja terjadi masalah Drop atau gampang habis ketika kita pakai tidak seperti saat HP Baru dibeli, maka ada masalah pada komponen maupun sistem.

Alat Charging

alat charge HP

ilustrasi : Isi daya HP

Perangkat pengisi daya baterai HP juga berpotensi merusak cell-cell yang ada di dalam baterai.

Baca juga:  Trik Setting Menu Kamera di Huawei Nova 3i

Dimana bila kita menggunakan alat cas dengan ampere yang terlalu tinggi akan berakibat melemahnya kinerja baterai dalam menyimpan daya.

Memang diakui kalau melakukan cas dengan alat charge dengan ampere tinggi bisa mepercepat full charge. Namun tidak semua perangkat smartphone bisa membatasi atau memfilter besarnya daya yang masuk yang justru kana merusak komponen ponsel maupun cell dalam baterai.

Jadi sebisa mungkin gunakan alat charge bawaan HP atau setidaknya yag mempunyai ukuran Ampere yang sama, jangan terlampau tinggi agar baterai Awet dan tidak merusak komponen HP.

Banyak Aplikasi berjalan

Banyaknya aplikasi yang berjalan di Balik layar atau istilahnya background bisa berdampak cepatnya baterai HP habis atau drop dari waktu normalnya.

Contoh aplikasi yang selalu berjalan di background, meskipun kita tidak sedang membukannya namun tetap membutuhkan resource baterai salah satunya seperti aplikasi Sosmed Facebook, BBM ,WhatsApp, Line, Instagram dan lain sebagainya.

Aplikasi Game, meskipun ketika dijalankan sangat menyedot daya baterai, apalagi game dengan kualitas HD dan berat, namun saat game tersebut sudah ditutup maka kebanyakan aplikasi sudah tidak berjalan di background. Meskipun pada beberapa game tertentu ada yang masih harus sinkron dengan servernya meski sudah close.

Jadi untuk mengetahui apakah baterai HP yang gampang Drop tersebut bukan gara-gara banyak aplikasi, silahkan coba menonaktifkan jalannya beberapa aplikasi, untuk melakukan test apakah baterai masih juga drop ataukah tidak.

Untuk mencoba mematikan aplikasi yang menyeddot daya baterai terlalu banyak, bisa melihatnya dari statistik baterai di menu pengaturan.

Untuk mencoba mematikan sementara apliksi agar tidak berjalan di background silahkan lakukan force close atau menghentikan paksa aplikasi, caranya masuk ke menu pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > tutup paksa.

Kualitas jaringan HP

Kebanyakan kejadian sering habisnya daya baterai HP karena kualitas jaringan selular di HP terlampau lemah.

Baca juga:  Harga dan spesifikasi Asus Zenfone Live L1 Terbaru

Sinyal selular yang tidak stabil, naik turun atau bahkan sinyal hilang sama sekali bisa berdampak pada sering habisnya daya baterai. Tentu efeknya kita sering melakukan charging dan mempercepat sisa umur baterai.

Jadi bila anda berada pada jaringan selular yang lemah, sebaiknya matikan ponsel atau setidaknya aktifkan mode terbang (airplane mode) agar baterai tetap awet.

Sistem bermasalah

Sistem di HP android atau OS lain yang sednag bermasalah juga bisa menjadi penyebab indikator baterai tidak presisi.

Untuk memastikannya, apakah baterai masih bagus atau memang sistem yang error bisa juga melalui cara kalibrasi baterai.

Sesudah mengkalibrasi baterai dan ternyata masih tetap drop padahal baterai kondisinya masih bagus atau baru, bisa berarti sistem yang bermasalah dalam menampilkan indikator daya.

Ada banyak aplikasi kalibrasi baterai yang bisa diunduh di google play store, cobalah terlebih dahulu untuk proses kalibrasi sebelum mendakwa sistem yang bermasalah.

Solusinya, coba lakukan reset factory terlebih dahulu agar sistem lebih fresh. atau bila anda bisa melakukan proses flashing, silahkan flash ulang bilamana dengan reset factory juga tidak bisa mengatasi baterai drop tersebut.

Hardware bermasalah

Nah, ketika semua opsi dan solusi diatas sudah tidak mampu menyembuhkan baterai HP kita yang sering drop atau cepat habis, maka perlu melakukan pengecekan komponen dalam HP.

Banyak komponen yang bisa mempengaruhi daya baterai cepat habis, mulai dari IC Power, Chipsetnya, atau komponen yang berhubungan dengan jalur arus bisa berpotensi untuk rusak.

Untuk solusi yang satu ini tentu kita harus membawa smartphone ke Service center atau tempat service yang sudah diperccaya mengatasi permasalahan komponen HP.

Itulah beberapa sebab dan solusi mengatasi baterai HP yang sering drop atau habis padahal sudah diisi sampai full, semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a reply "Penyebab HP Android dicas full tapi Baterai cepat Habis"