Tips Berinvestasi Tanah dengan Keuntungan Maksimal

Cara Investasi Tanah yang menguntungkan – Sebagaimana yang kita tahu, tanah merupakan salah satu investasi yang sangat menguntungkan, terlebih jika kita membeli tanah di tempat yang sangat strategis. Bisa dibilang investasi tanah, adalah investasi yang minim resiko, serta mudah dilakukan, Siapapun bisa berinvestasi tanah, asalkan punya uang.

berinvestasi tanah yang menguntungkan

Nah, agar investasi tanah yang dilakukan bisa mendapatkan keuntungan maksimal, sebaiknya simak beberapa tips yang kami bagikan berikut ini.

Tips berinvestasi tanah agar mendapatkan untung maksimal

1. Pilih yang lokasinya strategis dan akses masuknya bisa dilalui mobil

Faktor pertama yang perlu diperhatikan saat ingin berinvestasi tanah adalah dengan memperhatikan lokasi serta kondisi tanah tersebut. Lokasi yang strategis seperti dekat dengan sekolah, kampus, pusat perbelanjaan, ataupun tempat umum lainnya tentunya akan lebih menguntungkan, sebab memiliki daya jual yang tinggi kedepannya.

Selain itu, cek juga akses jalannnya. Percuma membeli tanah yang dekat dengan jalan raya, bila akses masuk kesana tidak bisa dilalui mobil. Karena harganya pasti jauh lebih murah dibanding harga pasaran.

Selain lokasinya yang strategis serta akses masuknya, yang penting untuk dijadikan pertimbangan lainnya adalah, terkait kondisi tanahnya. Tanah yang bekas sawah atau masih dalam kondisi belum padat, tentu diperlukan usaha lagi, untuk membuatnya layak dibangun suatu rumah. Dan ini pastinya membutuhkan biaya tambahan (biaya pengurukan dan pemadatan).

Baca juga:  Tips Kamera Realme Agar Tidak Bersuara Saat Memotret

2. Ukuran tanah serta batas tanah

Mengapa ukuran dan batas tanah perlu diperhatikan sebelum Anda membelinya? Secara logika untuk ukuran tanah yang semakin luas maka keuntungan yang akan Anda peroleh juga semakin banyak. Semisal Anda akan membeli sebidang tanah di daerah perkampungan yang padat penduduk, maka sebisa mungkin belilah yang ukurannya paling luas (jika dana anda mencukupi).

Bagaimana jika tidak laku atau sulit laku jika ukurannya terlalu luas? Tenang saja, kita bisa menjual tanah tersebut secara kapling. Dan bisa dipastikan, dengan dijual seperti itu, harganya bisa tinggi.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah batas tanah. Menurut kami, hal ini menjadi poin penting yang wajib diperhatikan oleh investor tanah. Bayangkan jika Anda membeli tanah yang berbatasan langsung dengan pemakaman umum, atau berbatasan dengan sungai yang kumuh, tempat bungan sampah, dan sejenisnya. Pastinya tanah tersebut jika dijual nanti akan dihargai dengan nominal yang rendah bukan?

Idealnya pilih tanah yang lokasinya dekat dengan fasilitas umum, seperti sekolah, kampus, rumah sakit, hotel, pasar, terminal, dan lainnya. Tanah dengan lokasi seperti itu, bisa dipastikan harganya tinggi.

Baca juga:  Tips Mengatasi Play Store di HP Vivo Gagal Install Aplikasi

3. Jarak Tanah dengan Pusat Kota

Pusat kota merupakan tempat yang memilki banyak sekali fungsi, mulai dari tempat perbelanjaan, kantor pemerintahan hingga layanan umum seperti stasiun dan terminal hampir semuanya ada di pusat kota. Nah, untuk itu, jika memungkinkan pilih tanah yang jaraknya tak jauh dari pusat kota.

Tidak harus didalam pusat kota, karena bisanya harga beli tanah di pusat kota sangatlah mahal, jadi dengan harga beli yang sudah tinggi, kurang begitu menguntungkan kedepannya nanti. Berbeda jika anda beli tanah yang berada dipinggiran kota. Anda bisa membelinya dengan harga rendah, dan beberapa tahun kemudian, sangat mungkin bisa naik berkali lipat, terlebih bila nantinya ada perluasan wilayah kota.

4. Keamanan Lokasi Sekitar

Dimanapun kita berada pastilah kita membutuhkan yang namanya keamanan dan kenyamanan. Keamanan lokasi sekitar tanah juga sangat perlu diperhatikan. Sebagai contoh untuk tanah yang ada di daerah rawan tindak kejahatan, pastinya akan memiliki nilai jual yang lebih rendah ketimbang tanah dengan lokasi sekitar yang aman.

Baca juga:  Ide Promosi Online yang Efektif dan Menguntungkan

5. Tanah yang Rata

Tanah yang rata tentunya akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada tanah yang tidak rata. Karena untuk tanah yang tidak rata, apabila akan didirikan sebuah bangunan membutuhkan biaya lagi untuk meratakannya.

6. Tanah yang Bebas Sengketa dan jelas keabsahan suratnya

Faktor lain yang sangat penting untuk diperhatikan adalah status tanah tersebut, pastikan bukan tanah sengketa. Pastikan tanah yang anda incar, atas nama pemilik sah nya. Ini penting untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan di kemudian hari. Dan ketika Anda sudah resmi menjadi hak anda, tanah tersebut harus segera dipindah nama penjadi nama Anda.

Nah, tentunya banyak sekali faktor yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan membeli suatu tanah. Setidaknya anda harus mempertimbangkan beberapa faktor diatas, supaya investasi tanah anda menghasilkan keuntungan maksimal.

Leave a reply "Tips Berinvestasi Tanah dengan Keuntungan Maksimal"