Cara Buka Blokir ATM BCA Tanpa Perlu ke Bank

Ada banyak sebab kartu ATM BCA terblokir yang biasanya merupakan hal yang terjadi pada setiap orang. Namun yang paling sering dialami penyebab kartu ATM tersebut terblokir adalah karena pengguna salah dalam memasukan sebuah PIN ATM dengan jumlah sebanyak 3 kali. Mesin akan secara otomatis menganggap bahwa tindakan tersebut merupakan indikasi ilegal dan dianggap sebagai upaya pembobolan bank.

Langkah-langkah membuka blokir kartu ATM BCA

Hal tersebut memang sering terjadi karena terkadang seseorang salah menekan angka. Mungkin juga karena sudah lama tidak pergi ke ATM sehingga lupa dengan PIN yang seharusnya. Tentu saja hal tersebut tidak diinginkan oleh semua orang, namun kenyataannya sering terjadi dan malah membuat nasabah kebingungan.

Namun, sebenarnya ada beberapa macam jenis cara mudah yang bisa dilakukan untuk membuka terjadinya kartu ATM yang terblokir tersebut. Ada cara dengan langsung mendatangi kantor cabang terdekat dan meminta buka blokir. Namun ada juga cara yang tidak perlu pergi ke kantor cabang. Lalu bagaimana cara mudah ketika tanpa harus ke bank?

Beberapa Cara Buka Blokir ATM BCA

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan pemilik rekening BCA yang mengalami kartu ATM miliknya terblokir sehingga dapat digunakan kembali.

Baca juga:  Cara Beli Pulsa Listrik Via SMS *141# Kartu Telkomsel

Menghubungi Call Center dan Memberitahu Apa yang Terjadi

Cara buka blokir ATM BCA yang pertama adalah menghubungi CS dan memberitahukan apa yang terjadi. Ceritakan apa masalah yang Anda hadapi dan mengapai ATM tersebut terblokir. Jika terblokir karena salah memasukan PIN, maka ceritakan bahwa sebelumnya sudah 3 kali salah memasukan PIN.

Namun sebelum itu, pastikan terlebih dahulu bahwa pulsa Anda cukup untuk melakukan panggilan kepada CS. Hal tersebut karena panggilan ini menggunakan pulsa biasa, bukan pulsa paket data. Jika dirasa sudah cukup maka hanya perlu melakukan panggilan dan usahakan dilakukan pada saat masih tengah hari.

Jika sudah malam, panggilan Anda masih tetap akan terjawab namun proses pembukaan blokir tidak akan langsung dilakukan. Biasanya proses tersebut akan dilakukan ketika jam kerja dari pagi hingga sore. Jadi Anda perlu bersabar dan menunggu konfirmasi jika nantinya proses pembukaan blokir sudah selesai dilakukan.

Menyiapkan Dokumen Penting agar Permintaan Segera Dilayani

Permintaan Anda tidak akan dilayani jika tidak menyertakan beberapa dokumen yang dibutuhkan. Syarat buka blokir ATM BCA pada umumnya adalah menyiapkan kartu identitas asli, baik KTP atau SIM. Kartu identitas ini akan digunakan untuk mencocokkan kepemilikan pada data yang dimiliki oleh pihak bank.

Baca juga:  Mengatasi Aplikasi Mandiri Online Gagal Masuk

Jangan lupa menyertakan kartu ATM dan buku tabungan untuk melengkapi semua persyaratan. Dokumen-dokumen ini akan dipakai untuk melakukan proses buka blokir seperti yang Anda minta. Jadi Anda juga perlu bersabar beberapa saat. Tidak lupa juga nantinya CS akan menanyakan beberapa hal kepada Anda.

Biasanya ini dilakukan untuk verifikasi bahwa Anda adalah benar-benar pemiliki ATM yang terblokir tersebut. Ada banyak jenis pertanyaan yang pastinya akan diajukan kepada Anda sesuai dengan jenis kebutuhan dan juga ketentuan yang sudah ada dari pihak bank. Misalnya adalah alamat, jumlah saldo terakhir, hingga beberapa pertanyaan terkait dengan data pribadi dan data tabungan.

Syarat buka blokir ATM BCA tersebut harus Anda penuhi dengan benar. Jika semua persyaratan dan pertanyaan sudah terjawab sesuai dengan data tersebut, maka petugas akan segera melakukan unblock. Proses unblock ini membutuhkan beberapa waktu sehingga Anda perlu menunggu beberapa saat hingga ada konfirmasi.

Menggunakan Mobile BCA yang Merupakan Alternatif Lain

Cara lain bisa menggunakan aplikasi Moblie Banking yang Anda miliki. Jika tidak memiliki aplikasi ini akan sangat sulit melakukan buka blokir. Hal tersebut karena nanti membutuhkan konfirmasi, sedangkan kartu milik Anda sudah tidak bisa dipakai karena terblokir. Jadi usahakan untuk memiliki aplikasi ini terlebih dahulu.

Baca juga:  Cara Isi Saldo GoPay melalui ATM BRI dan Biaya Admin

Pada aplikasi tersebut cari menu “about” yang akan meminta verifikasi data ulang akun milik Anda. Setelah itu ada permintaan untuk memasukan nomor karti ATM, cobalah memasukan nomor tersebut dengan benar. Jangan sampai salah memasukan angka karena nanti masalahnya akan bertambah panjang dan lama.

Setelah itu ada permintaan lagi untuk membuat kode akses ulang untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Setelah itu proses akan dilakukan dengan meminta Anda menghubungi CS di nomor yang sudah ada. Petugas akan membuatkan password ulang yang nantinya akan dikirimkan dan Anda hanya perlu daftar ulang.

Memang kesalahan memasukan PIN sebanyak 3 kali akan berujung pada pemblokiran. Tentu masalah ini sangat merepotkan karena Anda tidak bisa lagi melakukan transaksi. Namun dengan mengikuti cara-cara tersebut, maka semua bisa diatasi. Cara yang sudah dijelaskan tersebut pasti akan bisa untuk cara mengatasi ATM BCA tanpa ke Bank.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *