Cara Mengatasi HP Android Lemot Karena Aplikasi Tiktok

Aplikasi Tiktok termasuk salah satu penyedia konten video yang banyak digunakan di seluruh dunia. Meskipun pada beberapa Negara TikTok tidak boleh digunakan karena berbagai alasan keamanan dan dampak negatif yang ditimbulkannya.

tiktok menjadikan ponsel lemot dan layar tidak merespon gerakan

Terlepas dari pro dan kontra adanya aplikasi TikTok, Banyak pengguna smartphone Android yang tiba-tiba kinerja ponselnya melambat atau lemot setelah membuka TikTok. Tidak itu saja, meskipun sudah menutup semua aplikasi yang terbuka, tetap saja ponsel tidak responsif saat disentuh maupun untuk membuka aplikasi lainnya.

Aplikasi TikTok yang menyebabkan HP android lelet, Layar lambat gerakannya saat disentuh atau geser dan sering “Hang” tidak merespon sentuhan sama sekali  semakin dikuatkan dari beberapa review yang beredar di media sosial. Bahkan sampai saat Tulisan ini dimuat, Pihak TikTok juga belum membuat perubahan (Update) tentang permasalahan aplikasi TikTok yang membikin ponsel jadi melambat kinerjanya.

Sebenarnya ada cara paling mudah untuk mengatasi HP Android yang lelet atau tiba-tiba lemot saat sesudah membuka aplikasi TikTok, Yaitu dengan merestart (Memuat ulang) sistem.

Baca juga:  Mengatasi Notifikasi WhatsApp tidak muncul - Penyebab dan Solusinya !

Namun permasalahan tidak akan berakhir saat kita membuka kembali TikTok. Pastinya ponsel kembali lemot dan akhirnya harus merestart ulang ponsel.

Bila tidak ingin dipusingkan dengan terus-terusan restart ponsel, maka cara tercepat yaitu mencopot (uninstall) TikTok dan memasangnya kembali, pastinya sistem android akan kembali lancar seperti sediakala.

Beberapa Penyebab TikTok menjadikan ponsel Lemot

Aplikasi TikTok bisa membuat ponsel Android Anda terasa lambat atau lemot karena beberapa alasan. TikTok adalah aplikasi yang mengkonsumsi sumber daya yang cukup besar, seperti daya prosesor, RAM, dan data, yang dapat mempengaruhi kinerja perangkat Anda. Beberapa alasan mengapa TikTok dapat membuat ponsel Android Anda lemot adalah:

1. Penggunaan Sumber Daya : TikTok adalah aplikasi yang memerlukan penggunaan daya CPU dan RAM yang signifikan. Ini dapat menyebabkan ponsel Android Anda bekerja keras, terutama jika spesifikasinya tidak sangat tinggi.

2. Pembaruan Otomatis : TikTok sering memperbarui kontennya dan aplikasinya sendiri. Pembaruan otomatis dapat mengonsumsi sumber daya dan data.

3. Cache dan Sampah : TikTok menghasilkan banyak data cache dan sampah yang dapat mengisi penyimpanan internal Anda dan memperlambat perangkat.

Baca juga:  Cara Mengecek Sisa Kuota paket Yellow IM3

4. Lalu Lintas Data : Menggunakan TikTok dalam jumlah besar juga dapat menguras data Anda, yang mungkin memperlambat koneksi internet Anda.

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Hapus Cache TikTok:

  • Buka Pengaturan di ponsel Anda.
  • Pilih Aplikasi atau Aplikasi dan Notifikasi (nama mungkin bervariasi tergantung pada versi Android Anda).
  • Cari TikTok dalam daftar aplikasi.
  • Ketuk TikTok dan pilih “Hapus Cache.”

2. Nonaktifkan Pembaruan Otomatis:

  • Buka Google Play Store.
  • Ketuk ikon tiga garis di kiri atas.
  • Pilih “Pengaturan.”
  • Pilih “Pembaruan aplikasi otomatis” dan atur opsi yang sesuai.

3. Hapus Data TikTok: Jika TikTok masih berjalan lambat, Anda juga dapat mencoba menghapus data aplikasi TikTok. Caranya mirip dengan menghapus cache, tetapi pilih “Hapus Data” alih-alih “Hapus Cache.”

4. Perbarui Aplikasi : Pastikan Anda memiliki versi terbaru TikTok, karena pembaruan mungkin mengatasi masalah kinerja.

5. Kendalikan Penggunaan Data : Anda dapat mengatur batas penggunaan data TikTok atau menggunakannya pada jaringan Wi-Fi untuk menghindari penggunaan data berlebihan.

Baca juga:  Cara Input Banyak Channel IPTV di DVB-T2 Matrix Apple

6. Menggunakan Aplikasi Alternatif : Jika ponsel Anda memiliki spesifikasi rendah, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi alternatif yang lebih ringan atau versi TikTok Lite jika tersedia.

7. Gunakan Penghemat Baterai dan Pembersih Aplikasi : Terdapat berbagai aplikasi penghemat baterai dan pembersih yang dapat membantu mengelola sumber daya dan membersihkan sampah di ponsel Anda.

Jika Anda masih mengalami masalah, pertimbangkan untuk memeriksa apakah ponsel Anda memerlukan pembaruan perangkat lunak atau jika ada masalah lain yang memengaruhi kinerja. Terkadang, pembaruan sistem atau pembersihan menyeluruh dapat membantu memperbaiki kinerja ponsel Android Anda.

tiktok menjadikan ponsel lemot dan layar tidak merespon gerakan
Next Post

No more post

Artikel Terkait