Penyebab dan Solusi ATM Mandiri Error tidak bisa Transaksi

Setiap Nasabah Bank Mandiri akan diberikan Kartu ATM yang bisa digunakan untuk transaksi melalui Mesin Anjungan Tunai Mandiri maupun EDC. Meskipun ada pemilik tabungan di Bank Mandiri yang tidak dibekali dengan kartu ATM karena proses pendaftaran dan pembukaan rekening melalui aplikasi Online Livin by Mandiri.

mandiri ATM gangguan dan error

ATM kepanjangan dari Anjungan Tunai Mandiri, sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan Automatic Teller Machine. Dimana setiap transaksi di mesin ATM bisa saja terjadi masalah atau error karena sebab tertentu, Bisa karena kesalahan pengguna maupun dari sistem Bank sendiri.

Umumnya setiap masalah error di mesin ATM Mandiri ada keteranganya di layar, Meskipun pada beberapa kasus tidak ada pemberitahuan apapun di monitor mengapa ATM tidak bisa digunakan untuk transaksi.

Adapun beberapa penyebab ATM Bank Mandiri error yang umum terjadi semisal Jaringan server sedang maintenance, kartu debit nasabah terblokir atau kadaluarsa, Fisik kartu rusak, Uang Tunai di ATM habis dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya apa saja penyebab trouble ATM Mandiri tidak bisa digunakan serta solusinya, silahkan simak penjelasannya dibawah ini:

Stok Uang di Mesin ATM Habis

Setiap mesin ATM memiliki stok uang yang berbeda tergantung lokasinya. Apabila uang yang ada di dalam mesin ATM tidak mencukupi dengan Nominal permintaan orang yang ingin transaksi tarik tunai, maka akan terjadi gagal proses.

Baca juga:  Cara Blokir Kartu ATM Mandiri lewat MBanking Livin Terbaru

Umumnya error saat menarik uang tunai di ATM Mandiri bila stok uang di dalam mesin tidak mencukupi, maka akan tampil tulisan transaksi gagal diproses, meskipun tidak dijelaskan detailnya kalau uang habis atau tidak cukup degan permintaan nasabah.

Server ATM Mandiri Gangguan

Penyebab lain gangguan di Mesin ATM Mandiri yaitu server sedang mengalami trouble, Perbaikan atau ada upgrade sistem untuk meningkatkan keamanan dan layanan transaksi.

Adapun beberapa ciri-ciri Server ATM Bank Mandiri sedang megalami gangguan diantaranya meskipun PIN kartu diinput sudah benar tetap tidak bisa masuk, Transaksi transfer dan tarik tunai selalu gagal dengan ditandai notifikasi di layar “Transaksi tidak dapat diproses” dan semua transaksi tidak dapat dilakukan.

Untuk solusinya, tentunya Nasabah harus menunggu sampai mesin ATM bisa digunakan kembali. Cobalah untuk datang ke ATM Mandiri yang lain apakah juga mengalami error atau tidak. Bila sama-sama trouble maka cobalah kembali untuk beberapa menit kemudian.

Mesin ATM Mandiri trouble

Di dalam mesin ATM terdapat perangkat keras (Hardware) dan juga perangkat lunak (Software) yang bisa bermasalah kapan saja.

Bahkan ATM kartu Mandiri tertelan juga seringkali terjadi dan hampir semua mesin ATM Bank manapun seperti ATM BNI, BRI, BCA dan selainnya juga bisa mengalami hal yang sama.

Baca juga:  Syarat Membuat VCN di Mandiri Banking Hingga Prosesnya

Ciri-ciri ATM Mandiri ganggunan pada mesin mekanik atau softwarenya yang umum terjadi diantaranya Kartu tidak dapat dimasukkan atau tertelan, Tombol mesin ATM tidak merespon jika ditekan, Uang tidak keluar dari mesin ATM Mandiri meskipun dimonitor sudah bertuliskan transaksi sedang diproses dan uang di rekening sudah berkurang.

Apabila mengalami tarik tunai di ATM Mandiri tidak keluar uangnya meskipun transaksi berhasil dan uang di rekening berkurang maka segera hubungi pihak Bank Mandiri melalui call center atau datang ke cabang Bank terdekat.

Fisik ATM Mandiri Rusak

Kondisi kartu ATM yang rusak juga menjadi penyebab memasukkan PIN tidak diterima sehingga tidak bisa melakukan transaksi.

Di dalam kartu ATM tercapat pita Chip magnetic yang tidak boleh patah atau ditekuk. Bila terjadi kerusakan di kartu, maka mesin ATM tidak akan bisa mendeteksi kartu yang mengakibatkan kartu ditolak.

Jadi pastikan kartu tidak tertekuk atau patah saat akan memasukkan ke mesin ATM yang akan mengakibatkan kartu tertelan atau bahkan ditolak oleh sistem.

Apabila mengalami kartu ATM Mandiri rusak, maka bisa meminta ganti kartu ATM baru ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa syarat seperti Buku Tabungan, Kartu yang rusak, e-KTP dan biaya administrasi penggantian kartu sekitar 15 Ribu Rupiah.

Baca juga:  Cara Bayar Tagihan Listrik PLN dari BNI Mobile Banking

Kartu ATM Mandiri Expired

Apabila kartu Debit sudah expired atau kadaluarsa, bisa menyebabkan mesin ATM menolak untuk memproses transaksi tarik uang tunai, transfer, pembayaran, cek saldo dan lainnya.

Meskipun dalam beberapa kasus kartu ATM Mandiri yang masa berlakuknya sampai 5 tahun tersebut telah expired, Ketika dimasukkan ke mesin ATM bisa login setelah menginput PIN, tetap saja transaksi tidak bisa dilanjutkan.

Solusinya, tentu harus meminta kartu ATM Mandiri yang baru dengan membawa persyaratan E-KTP sesuai nama pemilik rekening, Buku Tabungan dan menyerahkan kartu ATM tersebut ke customer servis Mandiri cabang terdekat agar diganti dnegan yang baru.

Kartu ATM Mandiri terblokir

Penyebab lain Mesin ATM tidak dapat memproses transaksi dan seringkali Nasabah mengira ATM Mandiri yang gangguan yaitu kartu terblokir.

Penyebab kartu ATM Mandiri terblokir salah satunya adalah karena salah memasukkan PIN 3 kali berturut-turut dan adanya aktifitas transaksi mencurigakan yang oleh sistem Bank dianggap membahayakan.

Sebagai penutup, Apabila dalam keadaan darurat seperti kartu ATM tertelan, Uang tidak keluar meskipun dana di rekening sudah terpotong. Menanyakan apakah ATM mandiri hari ini gangguan atau tidak dan lain sebagainya, bisa menghubungi call center Bank Mandiri di nomor 14000 atau datang ke cabang terdekat.

Artikel Terkait