Penyebab dan Cara Mengatasi BSI Mobile Banking Error

Salah satu kemudahan Nasabah Bank Syariah Indonesia dalam bertransaksi Finansial bisa melalui E-Channel seperti Aplikasi BSI Mobile Banking. Namun kejadian Error atau trouble saat memakai Aplikasi Mbanking BSI bisa saja terjadi. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya ? Simak pembahasannya dibawah ini.

Error di aplikasi BSI Mbanking

Sebenarnya Mengatasi Error pada Aplikasi BSI Mobile sangatlah mudah kalau tahu penyebabnya. Namun sayangnya setiap Nasabah tidak dibekali informasi cukup tentang apa yang sedang terjadi ketika masalah pada aplikasi terjadi, karena setiap pengguna bisa saja mengalami trouble yang berbeda dalam waktu yang bersamaan.

Salah satu contoh masalah yang sering terjadi diantaranya Selalu gagal Login di BSI Mobile meskipun user dan password yang dimasukkan sudah benar, Aplikasi Mbanking BSI tiba-tiba menutup sendiri, Transaksi online selalu gagal, Aplikasi BSI tidak bisa dibuka dan permasalahan lainnya.

Perlu diperhatikan, Setiap pengguna Smartphone yang menjalankan Mobile Banking BSI akan berbeda cara mengatasi masalah pada aplikasi karena beberapa sebab, seperti perbedaan OS dan spesifikasi ponsel, Kualitas jaringan Internet, kondisi sistem di ponsel dan cara user itu sendiri ketika menjalankan aplikasi Mbanking BSI.

Namun, secara umum ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab Aplikasi Mobile BSI Error ketika dijalankan, seperti tidak dapat login, Selalu Time-out, Gagal memproses transaksi dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa penyebab serta cara mengatasi trouble BSI Mbanking berikut ini.

Penyebab BSI Mobile Error

Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab yang sering terjadi dan tanpa disadari Nasabah saat menjalankan Aplikasi BSI Mbanking yaitu permasalahan pada jaringan internet.

Baca juga:  Cara Top Up DANA Lewat Aplikasi BSI Mobile Banking

Oleh karena Aplikasi BSI Mobile harus selalu terhubung dengan server Bank, Maka smartphone wajib menggunakan internet dengan kualitas yang baik dan lancar.

Adanya jeda koneksi saja bisa terjadi Timeout dan server akan memutus koneksi sehingga user harus login ulang ke aplikasi Mobile BSI.

Bahkan sering kejadian saat melakukan transaksi seperti ketika melakukan transfer online di BSI Mobile uang di rekening berkurang namun ada bukti transaksi berhasil, Itu juga bisa disebabkan ketika proses terakhir transaksi tiba-tiba koneksi internet terputus.

Jadi bila ada masalah seperti tiba-tiba log-out sendiri dari aplikasi BSI Mobile atau selalu gagal login meskipun username dan Sandi benar, maka coba tutup aplikasi kemudian periksa jaringan internet.

Simak juga : Cara ganti PIN kartu ATM lewat aplikasi BSI Mobile serta cara mengaktifkan notifikasi SMS BSI dari aplikasi mobile banking.

Server BSI Overload atau Maintenance

Meskipun sudah memastikan jaringan internet lancar dan Smartphone kondisinya juga prima, Namun ketika mencoba membuka Aplikasi BSI Mobile Banking ternyata selalu gagal Login atau berhasil login namun transaksi tidak bisa dilakukan, bisa disebabkan oleh Server Bank Syariah yang sedang trouble atau perbaikan.

Maintenance maupun peningkatan kualitas pelayanan dari sisi server sudah umum dilakukan oleh seluruh Bank. Dan ketika sedang ada perbaikan itulah biasanya ada menu di aplikasi BSI yang tidak berfungsi, Login tidak bisa atau adanya gagal transaksi dan problem lainnya.

Baca juga:  Mencari Nomor Token Listrik Hilang - BNI mobile Banking

Untuk memastikan server BSI sedang trouble atau tidak, bisa langsung melakukan kontak ke call center BSI di nomor 14040, Atau bila ada teman yang sama-sama menggunakan Aplikasi Mbanking BSI dapat memastikan apakah aplikasinya juga bermasalah atau tidak.

Cobalah untuk keluar dari aplikasi dan mencoba menjalankan kembali BSI Mobile dalam beberapa menit kemudian.

Username dan Password Salah

Login di BSI Mobile selalu gagal bisa disebabkan oleh Username atau password yang keliru meskipun penggunanya menganggap apa yang diinput sudah benar.

Hal sepele yang sering dilupakan yaitu penulisan huruf besar dan kecil saat mengetikkan kata sandi ketika login di Aplikasi BSI.

Versi Aplikasi BSI sudah Expired

Untuk meningkatkan mutu dan kualitas layanan, umumnya Developer Aplikasi Mbanking BSI akan selalu mengeluarkan update versi terbaru.

Saat nasabah masih menggunakan versi BSI mobile yang lama dan telah keluar versi terbarunya, biasanya saat membuka aplikasi akan ada pemberitahuan untuk memperbarui aplikasi, Bila tidak dilakukan bisa menyebabkan BSI Mobile tidak dapat dijalankan.

Untuk menghindari error di Mbanking BSI dan meningkatkan keamanan akun, segeralah update Aplikasi versi terbaru bila sudah tersedia di Play Store untuk OS Android atau App Store untuk iOS.

Memodifikasi Sistem Ponsel (Root)

Penyebab lain BSI Mobile tidak dapat dibuka yaitu sistem ponsel sudah dimodifikasi atau istilahnya di-root.

Melakukan root pada sistem smartphone akan terdeteksi oleh keamanan server Bank BSI sehingga koneksi akan ditolak dan akibatnya aplikasi BSI tidak bisa dijalankan.

Baca juga:  Cara Beli token Listrik via Mandiri Mobile Banking

Sampah file di smartphone

File Temporary ataupun cache yang menumpuk di sistem smartphone bisa menjadi penyebab BSI Mobile gagal berjalan dengan normal, seperti tiba-tiba aplikasi BSI menutup sendiri, menu tidak bisa dibuka dan lainnya.

Cobalah untuk membersihkan cache dan file sampah di ponsel, bisa menggunakan aplikasi Ccleaner atau pembersih bawaan smartphone.

Sim Card tidak di Slot 1 Ponsel

Untuk menjalankan aplikasi Mbanking BSI, Nomor ponsel yang terdaftar harus berada di posisi slot pertama.

Apabila Sim card tidak terpasang atau berada di ponsel lain, maka BSI Mobile tidak bisa dijalankan dan akan terjadi gagal login.

Oleh sebab itu, Salah satu fitur keamanan dari Aplikasi BSI Mbanking yaitu nomor HP yang terdaftar harus tertancap di ponsel pengguna.

Akun BSI Mobile terblokir

Umumnya penyebab akun BSI Mobile diblokir karena alasan keamanan, Seperti memasukkan password yang salah berulangkali atau karena server Bank mendeteksi adanya transaksi yang tidak wajar oleh nasabah yang bersangkutan.

Bila semua masalah error di BSI Mobile tidak juga teratasi meskipun internet stabil, password dan username benar, Aplikasi dalam posisi sudah update terbaru dan akun tidak terblokir, maka bisa langsung menghubungi call center Bank Syariah Indonesia di nomor 14040, atau melalui Email BSI di contactus@bankbsi.co.id.

Demikianlah pembahasan tentang beberapa penyebab dan cara mengatasi error di aplikasi BSI Mobile banking, beserta nomor kontak Bank Syariah Indonesia yang bisa dihubungi saat terjadi masalah, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait