Cara Mengatasi Gagal Login di Aplikasi Allo Bank dan Penyebabnya

Seperti aplikasi E-Wallet maupun Mbanking pada umumnya, Gagal login atau tidak bisa masuk ke akun Allo Bank ketika ingin bertransaksi sudah umum terjadi. Bahkan aplikasi Banking populer seperti Livin Mandiri,MBCA, BRImo dan sejenisnya kerap dialami nasabahnya.

mengatasi error aplikas allobank tidak bisa masuk

Mengatasi masalah gagal login di Aplikasi Allo Bank yaitu harus dilihat dari beberapa penyebabnya, seperti Apakah jaringan Internet sudah terhubung, Apakah pengguna sudah melakukan registrasi di Allo Bank sebelumnya, Apakah nomor ponsel dan passwrod sudah benar, dan beberapa penyebab yang bukan hanya error dari server Bank namun dari perangkat pemilik akun sendiri.

Error ketika membuka aplikasi Allo Bank bisia terjadi dengan sebab server dan layanan pihak Bank yang sedang mengalami gangguan, atau bisa juga disebabkan  kesalahan pihak Nasabah sendiri.

Simak juga : Cara Transfer dari Allo Bank ke Sesama dan Bank lain serta Biayanya, serta Siapa Pemilik dan Sejarah berdirinya Allo Bank.

Untuk menjawab pertanyaan seputar gagal masuk ke akun Allo Bank, silahkan simak beberapa penyebab serta solusinya dibawah ini.

Penyebab Gagal Log in di Allo Bank dan cara Mengatasinya

Nomor Ponsel Salah

Penyebab pertama gagal masuk ke akun Aplikasi Allo Bank yaitu Nomor HP yang digunakan untuk Log In tidak sama dengan nomor saat Registrasi, sehingga sistem akan menolak permintaan akses.

Koneksi Internet Tidak Stabil

Pada dasarnya, setiap aplikasi Banking memerlukan koneksi internet yang stabil dan cepat, Karena setiap delay (Jeda) waktu permintaan dan proses data ke server Bank bisa menyebabkan transaksi gagal diproses.

Baca juga:  Cara Registrasi dan Aktivasi BNI Mobile Banking dari HP Android

Tidak hanya selalu gagal log in ke aplikasi Allo Bank, bahkan ketika udah berhasil masuk sekalipun ketika tiba-tiba jaringan internet di smartphone melambat atau tiba-tiba terputus (meskipun sebentar) bisa menyebabkan kegagalan transaksi.

Jadi pastikan dulu smartphone sudah berada di jaringan internet yang stabil, Minimal 3G bila memakai sambungan Data kartu selular. Untuk melihat internet di HP koneksinya bagus, bisa mencoba membuka Youtube atau  langsung cek dengan aplikasi Speed Test Net.

Akun sedang Dibuka di Ponsel Lain

Meskipun hal ini jarang terjadi, ada kemungkinan akun sedang dibuka di perangkat lain.

Pihak Allo Bank tidak mengijinkan adanya 2 akses untuk login ke aplikasi Allo Bank dengan nomor HP yang sama.

Sebenarnya sangat mudah melihat akun Allo Bank kita aman dan tidak dijalankan di perangkat lain, yaitu dengan memastikan nomor HP yang terdaftar di akun Allo Bank tetap terpasang di ponsel kita.

Umumnya Aplikasi Allo Bank akan mendeteksi nomor Ponsel yang terdaftar (Teregistrasi) ada di slot SIM Card pertama. Bila kartu tidak terpasang, besar kemungkinan akan gagal masuk ke akun.

Ponsel sudah di Root

Penyebab lain login gagal di Allo Bank  yaitu Smartphone Android yang sudah di Root sistemnya.

Dimana memodifikasi sistem (Rooting) akibatnya berbahaya bagi keamanan akun penggunanya, rawan disusupi oleh mallware, Virus maupun spyware.

Jadi, meskipun sebelumnya sudah berhasil registrasi maupun sudah berulangkali bisa masuk ke akun Allo Bank untuk transaksi, jangan pernah melakukan root pada smartphone, karena bisa menyebabkan gagal masuk dan akses ditolak ke akun Allo Bank.

Baca juga:  Pengertian BI-Fast dan Bedanya dengan Transfer Online

Akun Allo Bank Diblokir

Akun Allo Bank yang sudah diblokir tidak dapat digunakan untuk login ke aplikasi maupun Transaksi apapun.

Penyebab terblokirnya akun di Allo Bank diantaranya karena kesalahan nasabah terhadap rekening yang dimilikinya, Salah memasukkan PIN sampa 3 Kali berturut-turut, Permintaan pemblokiran akun oleh pihak nasabah sendiri, maupun diblokir karena aktivitas transaksi yang menyalahi peraturan pihak Allo Bank.

Untuk membuka akun Allo Bank yang diblokir, Nasabah bisa menghubungi Call center di Nomor 08041104110.

Server Allo Bank Down

Bila nomor HP dan password untuk login di Allo Bank benar dan Internet juga stabil Namun tetap saja tidak bisa masuk (Log In) ke aplikasi, bisa disebabkan juga server Allo Bank sedang mengalami gangguan, Down atau dalam perbaikan.

Untuk memastikan apakah server Allo Bank yang bermasalah atau tidak, coba tanya ke Teman yang juga memiliki rekening di Allo Bank, apakah di smartphone miliknya bisa mengakses akun atau tidak, Bila ternyata juga gagal, maka bisa dipastikan server sedang bermasalah.

Aplikasi Allo Bank Kadaluarsa

Untuk meningkatkan performa, Keamanan dan pembaruan fitur terbaru, Aplikasi Mbanking akan selalu dilakukan Update oleh pihak developer.

Oleh sebab iitu, bila Nasabah mengalami kegagalan atau sulit login ke akun Allo Bank, coba periksa apakah ada versi Allo Bank terbaru atau tidak di Play Store / App Store.

Baca juga:  Bagaimana Membuka Blokir Lupa PIN ATM Kartu Mandiri?

Umumnya saat gagal log in yang disebabkan aplikasi harus di-Update akan ditampilkan pada layar Notifikasi, Sehingga penggunanya akan mudah mengetahui penyebab error di aplikasi Allo Bank miliknya.

Sistem Ponsel dan Aplikasi Ponsel Bermasalah

Banyaknya sampah file yang menumpuk di Ponsel dan tidak rutin dihapus juga bisa menyebabkan aplikasi Allo Bank sering bermasalah ketika dibuka.

Untuk memastikan aplikasi Allo Bank tidak error karena memori Ponsel yang habis atau banyak cache menumpuk, lakukan pembersihan sistem menggunakan aplikasi Ccleaner atau pembersih file sampah bawaan smartphone.

Nasabah Allo Bank juga bisa mencoba mencopot aplikasi kemudian memasangnya lagi untuk memastikan bukan aplikasinya yang rusak.

Versi Sistem Android tidak mendukung

Aplikasi Allo Bank hanya bisa berjalan di sistem android versi 5.0 dan diatasnya. Jadi untuk nasabah yang masih memiliki smartphone dibawah versi Lollipop, Tentunya harus melakukan penggantian ponsel.

Kesimpulannya, Selain kesalahan umum pengguna seperti salah memasukkan password atau Username di Allo Bank, Gagal Login di Allo Bak bisa disebabkan beberapa hal seperti Koneksi Internet Lambat, Server error, Akun terblokir, HP kondisi di Root dan beberapa penyebab lainnya.

Itulah beberapa penyebab aplikasi Allo Bank Error atau selalu gagal login beserta cara mengatasinya, Hubungi Juga CS Allo Bank bila permasalahan tidak kunjung teratasi, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait