Syarat Membuat VCN di Mandiri Banking Hingga Prosesnya

VCN bank Mandiri merupakan salah satu produk layanan yang diberikan kepada pelanggan setia. Virtual Card Number sendiri dapat digunakan layaknya kartu kredit. Hanya saja sifat penggunaanya adalah untuk pembayaran online. Layanan yang satu ini juga dapat disebut sebagai kartu kredit virtual.

transaksi VCN di mandiri mobile banking

Sesuai istilahnya wujudnya tidak berupa fisik kartu pada umumnya. Melainkan kombinasi dari beberapa data berupa angka virtual dan lainnya. Mandiri merupakan Bank milik negara yang dipilih banyak kalangan. Salah satu produknya yaitu kartu kredit mempunyai basis yang besar. Namun untuk syarat mendapatkannya sangat ketat.

Padahal saat ini masyarakat membutuhkan pembayaran yang praktis dan mudah. Karena itu nasabah saat ini memilih layanan pembayaran dengan Virtual Card Number. Transaksi VCN Mandiri Online dapat dilakukan di berbagai merchant terpilih. Seperti pembayaran produk di beberapa platform digital dan marketplace.

Untuk mendaftar Virtual Card Number tidaklah sulit seperti pada pengajuan kartu kredit. Nasabah yang sudah mempunyai rekening debet dapat melakukan pengajuan kepemilikan Virtual Card Number melalui beberapa metode. Satu diantaranya membuat Virtual Card Number lewat Mandiri Banking untuk keperluan pembayaran online.

Baca juga:  Cara Mengetahui Auto Debit BPJS Mandiri Berhasil Terbayar atau Tidak

Meski terbilang mudah namun ada beberapa syarat yang perlu dicermati. Setiap nasabah yang ingin mendapatkan Virtual Card Number bisa melakukan beberapa tahapan. Berikut adalah syarat untuk mengajukan permohonan Virtual Card Number untuk Bank Mandiri. Anda hanya perlu mengaktifkannya menggunakan Mandiri Banking.

Syarat Pembuatan Kartu Debit Online Bank Mandiri

Syarat pertama untuk mengaktifkan Virtual Card Number yaitu mempunyai kartu ATM Mandiri. Virtual Card Number hanyalah sebuah piranti pembayaran yang mempermudah nasabah. Namun untuk mengaktifkannya tentu saja Anda terlebih dahulu harus sudah membekali diri dengan kartu ATM. Kartu ini bisa didapatkan melalui kantor Bank Mandiri.

Syarat kedua adalah menjadi nasabah Bank Mandiri. Virtual Card Number merupakan produk layanan sebuah Bank. Layanan tersebut hanya bisa didapatkan oleh nasabah. Sehingga kalangan yang belum menjadi nasabah tidak bisa mengakses layanan perbankan. Agar bisa menjadi nasabah Anda perlu membuat rekening tabungan di Bank Mandiri.

VCN bank Mandiri juga tidak terpisahkan dengan tabungan. Sehingga Anda sebaiknya memiliki rekening debit Mandiri. Hal ini karena nantinya pada saat pengajuan pengaktifan Virtual Card Number diperlukan nomor kartu debit yang Anda miliki. Bank Mandiri mempunyai beberapa produk kartu debit.

Baca juga:  Penyebab Kartu ATM BRI Disable dan Cara Mengatasinya

Pilihlah kartu yang tepat agar bisa memudahkan Anda mendapatkan Virtual Card Number. Syarat ketiga yaitu nomor handphone yang aktif. Nomor handphone diperlukan untuk verifikasi data pada saat pengajuan Virtual Card Number. Syarat keempat yaitu email aktif yang diperlukan untuk menunjang pendaftaran ke Bank Mandiri.

Proses Pembuatan Kartu VCN Mandiri Terbaru

Untuk membuat Virtual Card Number dari Bank Mandiri Anda perlu menyiapkan beberapa persyaratan di atas. Virtual Card Number (VCN) merupakan alat pembayaran yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri. Namun tentu sifatnya sudah tersertifikasi dari VISA. Biasanya pembayaran dengan metode tersebut lebih cocok untuk merchant bersertifikat VISA.

Untuk mengaktifkannya tidaklah rumit. Setiap nasabah dapat mendatangi kantor pusat dan cabang Bank Mandiri. Apa saja yang perlu dibawa saat mendaftar Virtual Card Number? Persyaratan seperti kartu ATM, KTP dan buku rekening tabungan perlu dibawa saat ke kantor pusat Bank Mandiri atau cabang terdekat.  

Biasanya nasabah juga perlu melakukan pendaftaran nomor handphone. Meski pada dasarnya dapat mendaftar lewat Mandiri Banking namun tetap Anda perlu mendapat pendampingan dari Customer Service resminya. Sehingga proses pembuatan Virtual Card Number sukses hingga akhir. Setelah mengaktifkannya nasabah dapat melakukan transaksi pembayaran.

Baca juga:  Cara Bayar Tiket Kereta Api via Mandiri Mobile Banking

Namun transaksi online hanya bisa dilakukan setelah dua hari sejak pendaftaran nomor handphone. Masukkan digit nomor kartu debit yang Anda miliki. Selain itu masukkan expired date dan tiga nomor CVV yang terdapat di belakang kartu debit Mandiri Anda. Setelah beberapa saat Anda akan menerima password.

Masukkan kode OTP yang telah muncul lewat sms. Kode tersebut hanya bisa digunakan sekali sehingga Anda harus berhati-hati memasukannya ke layar. Pada tahapan ini transaksi pembayaran menggunakan Virtual Card Number telah selesai. Sebelum mengaktifkannya Anda juga perlu mencermati masa expired VCN untuk transaksi berikutnya.

Artikel Terkait