Jenis-Jenis Rekening BNI Terbaru dan Ketentuannya

Layanan buka rekening BNI online saat ini mengalami peningkatan jumlah pengguna yang cukup signifikan. Pasalnya, rekening BNI menjadi salah satu pilihan menerima bantuan untuk kartu prakerja. Sebelum Anda mendaftarkan diri, alangkah baiknya mengetahui jenis-jenis rekening BNI terlebih dahulu.

Jenis rekening BNI dan setoran awalnya

Setiap jenis rekening BNI memiliki fitur, kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Jangan asal buka rekening, pastikan Anda memilih produk tabungan yang sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, BNI Taplus Muda didesain khusus untuk mahasiswa dengan setoran awal dan biaya administrasi per bulan ringan. Selain itu ada juga tabungan BNI khusus pensiun, program haji, dan mata uang asing.

Nah, supaya tidak bingung mari disimak pembahasan lengkapnya berikut.

Jenis-Jenis Rekening BNI yang Penting Dipahami

  • BNI Taplus

BNI Taplus adalah jenis rekening yang paling basic dan banyak dipakai oleh nasabah. Cocok untuk kebutuhan transaksi harian. Semua orang dengan beragam profesi bisa membuka rekening BNI Taplus, baik WNI ataupun WNA.

Syarat utama pembuatannya adalah KTP saja. Setoran awal sebesar Rp. 250 ribu (non Jabodetabek) dan Rp. 500 ribu (Jabodetabek). Biaya administrasi BNI Taplus sebesar Rp. 15.000-Rp. 25.000 per bulan. 

Masa berlaku ATM BNI sama seperti bank lain, yaitu selama 5 tahun sejak ATM dibuat.

  • BNI Taplus Muda

Ini dia jenis tabungan BNI yang dikhususkan untuk kaula muda rentan usia 17-35 tahun. Cocok untuk mahasiswa dan Anda yang kurang aktif transaksi harian. Kelebihan BNI Taplus Muda adalah memberi keringanan menabung.

Setoran awal Rp. 100.000 dan biaya administrasi Rp. 5.000. Bagaimana, sangat ringan bukan? Lebih menarik lagi, tidak ada aturan mengenai saldo minimum. Meskipun di rekening Anda sisa saldo 0 rupiah, maka tetap tidak dikenakan penalti.

  • Limit transaksi nasabah BNI Taplus Muda sebagai berikut:
  • Belanja maksimal Rp. 10 juta / hari
  • Transfer ke bank lain dan sesama BNI Rp. 10 juta / hari
  • Penarikan tunai max Rp. 5 juta / hari
  • BNI Taplus Anak
Baca juga:  Mengaktifkan Fitur Sidik Jari Login Mandiri Online Banking

Sesuai namanya, tipe tabungan BNI ini dikhususkan bagi anak-anak. Yaitu mereka yang berusia dibawah 17 tahun dan belum memiliki KTP. BNI Taplus Anak tetap diberi buku tabungan dan kartu ATM.

Fitur yang paling menarik adalah SMS Notifikasi sehingga orang tua bisa memantau setiap transaksi anak-anak. Syarat membuka rekening BNI Taplus Anak yaitu KK, akta kelahiran dan formulir persetujuan orang tua.  

Setoran awal Rp. 100.000 dan gratis biaya administrasi bank BNI untuk tipe tabungan Taplus Anak.  Setoran berikutnya minimal Rp. 10.000. Limit transaksi belanja per hari sebesar Rp. 500 ribu.

  • BNI Taplus Bisnis

Untuk mendukung kegiatan usaha, BNI mempersembahkan tipe tabungan Taplus Bisnis. Pembukaan rekening bisa dilakukan oleh perorangan maupun badan usaha.

Kelebihan rekening BNI Taplus Bisnis antara lain nasabah berhak menerima kartu ATM khusus, rincian transaksi lebih detail, dilengkapi informasi cash flow, dan suku bunga 2,25% per tahun.

Ada dua jenis ATM BNI Taplus Bisnis, yaitu ATM Platinum dan ATM Gold. Biaya pembuatan ATM Platinum Rp. 20 ribu dan ATM Gold Rp. 15 ribu. Biaya penggantian kartu Rp. 25 ribu (ATM Platinum) dan Rp. 20 ribu (ATM Gold).

Setoran awal minimal Rp. 1 juta dan biaya administrasi Rp. 5.000 per bulan. Minimal saldo yang ada di tabungan sebesar Rp. 1 juta.

  • BNI Pandai

Bisa dibilang ini adalah jenis tabungan BNI yang memberikan biaya paling ringan, bahkan lebih rendah dari Taplus Muda. Tidak ada minimal setoran awal dan setoran berikutnya. Biaya administrasi, penutupan rekening dan rekening mati suri semua gratis.

Baca juga:  Format Transaksi Mandiri SMS Banking dan Cara Mengaktifkannya

Tidak ada saldo minimal di tabungan, namun saldo maksimal di rekening Anda sebesar Rp. 20 juta.

  • BNI Tapenas

Tapenas adalah singkatan dari Tabungan Perencanaan Masa Depan. Ini merupakan jenis tabungan BNI berjangka dengan suku bunga mencapai 4% per tahun. Keuntungan lain yang bisa Anda peroleh berupa asuransi bebas premi. 

Ketentuan dan syarat buka rekening BNI Tapenas:

  • Setoran awal dan setoran bulanan minimal Rp. 100 ribu, sedangkan paling banyak Rp. 5 juta
  • Pilihan jangka waktu mulai dari 2 tahun sampai 18 tahun
  • Biaya administrasi bank BNI per tahun Rp. 18 ribu
  • Potongan 20% untuk bunga yang diperoleh nasabah
  • Berusia 17-65 tahun
  • WNI
  • Sudah memiliki jenis rekening BNI Taplus, BNI Giro atau BNI Dollar
  • BNI Dollar

Ketika memilih jenis rekening BNI Dollar, itu berarti Anda menabung dalam bentuk mata uang asing. Yaitu Singapura, Amerika Serikat dan Australia. Keuntungan memiliki rekening BNI Dollar adalah suku bunga 0,5% per tahun dan bisa dipakai sebagai jaminan pinjaman bank.

  • BNI Haji

Bagi Anda dan keluarga yang bericta-cita berangkat ke tanah suci, maka bisa memilih jenis tabungan BNI Haji. Produk satu ini mirip seperti simpanan berjangka. Kelebihannya adalah nasabah berhak menerima asuransi jiwa sebesar Rp. 30 juta, dalam bentuk dana beasiswa kepada ahli waris.

Biaya pembukaan, penutupan rekening dan administrasi gratis. Setoran awal minimal Rp. 500.000 dan setoran berikutnya Rp. 5.000.

  • BNI Tappa

Tappa merupakan kependekan dari Taplus Pegawai. Sehingga, masyarakat umum tidak bisa memilih tipe tabungan BNI ini kecuali pegawai di sebuah perusahaan, organisasi, lembaga dan sejenisnya.

Baca juga:  Mencari Nomor Token Listrik Hilang - BNI mobile Banking

Setiap perusahaan memiliki kartu khusus masing-masing yang berguna sebagai identitas sekaligus kartu debit. Biaya administrasi, tarif ATM, setoran awal dan biaya lain ditentukan oleh Perjanjian Kerja Sama.  

  • BNI Tabunganku

Jenis rekening BNI Tabunganku dipersembahkan untuk menarik minat masyarakat agar gemar menabung. Setoran awal dan minimal saldo di tabungan sebesar Rp. 20 ribu. Biaya administrasi bank BNI untuk tipe Tabunganku sepenuhnya gratis.

  • BNI Simpanan Pelajar

BNI Simpanan Pelajar adalah tabungan khusus siswa PAUD – SMA atau sederajat. Tidak ada biaya administrasi bulanan yang perlu dibayar, dengan setoran awal minimal Rp. 5.000 dan berikutnya Rp. 1.000.  Nantinya, siswa menerima Kartu Debit BNI dan SMS Banking.

  • BNI Deposito

Mirip seperti BNI Tapenas, jenis tabungan BNI Deposito diperuntukkan bagi nasabah yang ingin menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu. Jika BNI Tapenas menerapkan setoran tambahan setiap bulan, maka Deposito cukup satu kali ketika pembukaan.

Minimal setoran awal BNI Deposito adalah Rp. 10 juta. Jangka waktu pencairan bisa 1, 3, 6, 12 dan 24 bulan. Bunga sekitar 4-5%.

  • BNI Giro

Terakhir, ada jenis tabungan BNI Giro untuk memudahkan transaksi bisnis. Bisa digunakan oleh perorangan dan lembaga. Keunggulannya antara lain bunga harian kompetitif, pilihan mata uang beragam, dan mutasi rekening korang yang lebih detail.

Nantinya, masih ada hak eksklusif untuk perorangan dan lembaga. Demikianlah sedikit pembahasan mengenai jenis-jenis rekening BNI. Semoga dengan pembahasan diatas bisa membantu Anda menentukan pilihan yang tepat.

Artikel Terkait