Cara Ganti PIN Kartu ATM BSI lewat Aplikasi BSI mobile

Umumnya merubah PIN kartu ATM melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri. Namun di era digital seperti saat ini Nasabah Bank Syariah Indonesia bisa mengganti PIN ATM melalui aplikasi BSI Mobile Banking, Lebih cepat dan pastinya Aman.

Menu ubah pin ATM BSI lewat aplikasi Mobile Banking

Adapun syarat untuk mengganti PIN ATM BSI lewat Aplikasi BSI Mobile yaitu Nasabah harus sudah melakukan aktivasi dan Ponsel sudah terinstall Aplikasi Mobile Banking BSI.

Merubah secara berkala PIN ATM memiliki fungsi yang penting, diantaranya menghindari kasus scamming kartu dan pencurian dana dari rekening nasabah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bahkan saat ini hampir semua Bank sudah menerapkan sistem pemberitahuan kepada nasabah untuk mengganti PIN ATM setelah beberapa bulan sekali. Bila tidak dilakukan, maka transaksi lewat mesin ATM tidak akan bisa dilakukan.

Simak juga: Cara Mengaktifkan SMS Notifikasi BSI bila ada transaksi Debit Kredit, serta Cara Top Up DANA lewat Aplikasi BSI Mobile.

Adapun menu untuk mengganti PIN kartu ATM BSI lewat aplikasi ada di bagian Manajemen Kartu, disana ada menu khusus untuk Ganti PIN ATM tanpa harus mendatangi mesin ATM BSI terdekat.

Baca juga:  Cara Ganti PIN Kartu Debit BRI lewat ATM dan HP

Adapun langkah-langkah untuk merubah PIN ATM BSI adalah sebagai berikut:

Urutan Ganti PIN ATM BSI lewat Aplikasi Mobile Banking

  • Jalankan aplikasi BSI mobile dan login
  • Masuk di bagian menu tanda garis tiga di pojok sebelah kanan atas
  • Pilih menu Manajemen Kartu
  • Di bagian agak kebawah halaman, pilih menu Kartu Debit
  • Masukkan kata sandi BSI Mobile
  • Kemudian pilih menu Ganti PIN Kartu Debit
  • Pilih kartu debit yang akan diubah PIN-nya (Bila ada beberapa kartu yang dimiliki dan tertera di layar)
  • Untuk verifikasi, Masukkan Nomor CVV yaitu 3 digit nomor yang ada di belakang kartu ATM BSI
  • Kemudian input Tahun dan bulan masa berlaku ATM yang tertera di kartu Debit. Letaknya ada di Tulisan Valid THRU, masukkan tahun+tanggal tanpa disertai garis miring
  • Bila verifikasi benar akan muncul halaman untuk memasukkan PIN ATM yang lama
  • Kemudian masukkan PIN Kartu ATM BSI yang baru dan tekan “Selanjutnya”
  • Yang terakhir masukkan PIN Aplikasi BSI Mobile (Bukan PIN ATM yang baru saja dibuat)
Baca juga:  Mengatasi Aplikasi Mandiri Online Gagal Masuk

Sebagai catatan, Bila terjadi Error saat membuat PIN ATM yang baru bisa disebabkan karena Pembuatan PIN menggunakan angka sama berurutan atau berulang, sehingga sistem Bank akan mendeteksi bahwa PIN ATM tidak aman dan mudah dibobol.

PIN ATM BSI tidaklah sama dengan PIN Aplikasi bsi Mobile banking, meskipun nasabah bisa membuat digit angka yang sama. Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi aplikasi BSI Mobile error

Bahkan ketika ATM BSI terblokir karena salah menginput PIN 3 kali di mesin ATM, Nasabah masih bisa melakukan transaksi transfer, Ambil uang tunai dan lainnya melalui Aplikasi BSI Mobile, Karena sistem ATM dan Aplikasi Mobile Banking terpisah dan berbeda.

Lalu bagaimana kalau lupa PIN kartu ATM BSI ? Bila benar-benar lupa dan khawatir ATM terblokir bila sembarangan menginput PIN maka harus mendatangi cabang Bank Syariah Indonesia terdekat untuk melakukan reset PIN Kartu Debit.

Artikel Terkait