Penyebab Boros Baterai Andromax Smartfren dan Cepat Panas

Bagaimana Solusi mengatasi HP android Smartfren yang cepat panas dan boros daya baterai ?, Hal ini bisa terjadi pada HP andromax R E2 R2 A SE, Smartfren L R dan beberapa tipe lainnya. Dan kedua kejadian tersebut biasanya saling berkaitan yakni Ponsel panas dan baterai cepat Drop.

Andromax panas dan baterai cepat habis

Banyak sekali penyebab HP Android semisal Andromax yang Overheat (panas berlebih) disertai baterai nge-drop. Bahkan ada yang merasa tidak menjalankan aplikasi berat namun baterai HP cepat terkuras habis meski baru baru saja cas penuh dayanya.

Ada juga pengguna Smartfren andromax yang hobi main game atau Nonton Youtube tanpa kenal waktu sehingga menjadi salah satu penyebab Suhu dalam ruangan komponen tinggi dan imbasnya beberapa hardware lambat laun menurun performanya.

Penyebab dan Solusi Andromax Smartfren Cepat Panas dan Boros baterai

1. Cas HP sambil Menjalankan Aplikasi

Menjadi penyebab yang sering terjadi kala pengguna ponsel smartfren bermain game atau aplikasi dalam kondisi HP di cas, entah itu dicas dari alat bawaan ponsel atau melalui power bank.

Padahal charging daya baterai ponsel yang dalam kondisi digunakan secara aktif untuk permainan (game) atau aplikasi yang banyak menguras daya, bisa membuat hardware menjadi panas, baik itu baterai maupun konponen CPU yang ada didalamnya.

Baca juga:  Cara Melihat Resi Bukti Transfer Mandiri Online Banking

Jadi hindari menggunakan HP android di cas sambil main game, akibatnya baterai cepat melembung dan akhirnya menurun kinerjanya serta komponen tidak akan awet.

2. Perhatikan Sinyal HP

Adanya Indikator sinyal yang ada di bilah atas layar supaya pengguna smartphone tahu kalau sinyal sedang bagus atau lemah.

Semakin lemah tangkapan sinyal maka ponsel lebih cepat panas, dan pemakaian daya baterai akan meningkat tajam untuk mensuplai komponen penangkap dan penstabil sinyal.

Jadi, Pastikan sinyal HP Andromax sobat sudah cukup kuat. Bila dalam kondisi lemah, sebaiknya cari tempat yang mudah tangkapan sinyalnya. Begitu juga pastikan tidak menyalakan sambungan data internet ketika sinyal tidak stabil dan cenderung putus-nyambung.

3. Kualitas jaringan data internet

Perlu diingat, semakin tinggi mode jaringan data semakin banyak asupan daya baterai yang dipakai dan juga komponen di dalam ponsel akan bekerja lebih ekstra sehingga menyebabkan panas.

Meskipun di setiap HP android sudah dianggap normal bila panas saat terhubung menggunakan sambungan data selular, namun kalau suhunya berlebihan dan cenderung tidak normal maka perlu diwaspadai daripada merusak komponen didalamnya.

Jadi Saat kondisi baterai Andromax melemah dan ponsel panas berlebih, coba turunkan mode jaringan ke lebih rendah. Semisal dari kualitas 4G pindah ke 3G atau dibawahnya.

Baca juga:  Mengatasi Hamparan Layar Terdeteksi di HP Android Marshmallow

4. Banyak Aplikasi Berjalan di background

Aplikasi sosial media seperti FB, Twitter, Instagram, WhatsApp, BBM dan sejenisnya akan berjalan di latar belakang sistem meskipun kita tidak sedang membukanya.

Ada Bagian aplikasi tersebut yang digunakan untuk sinkron data antara aplikasi di HP dengan server layanan. Jadi wajar kalau ponsel lebih cepat panas dan baterai cepat habis bila kita menginstall banyak aplikasi sosial media.

Solusinya, apabila masih tetap menggunakan beberapa aplikasi Sosmed, silahkan nonaktifkan proses background beberapa aplikasi saja yang jarang anda gunakan.

Bila panas di HP Andromax terasa berlebih dan baterai terasa lebih cepat habis, admin sarankan untuk mencoba mencopot (uninstall) dulu beberapa app yang ada untuk mengetahui aplikasi mana yang berpotensi besar membuat problem tersebut.

5. Matikan Fitur jaringan tidak terpakai

Coba sering cek apakah fitur jaringan seperti GPS, Bluetooth atau hotspot sedang aktif meski kita sudah tidak menggunakannya.

Fitur GPS yang aktif selain membuat data internet cepat terkuras juga dapat menyebabkan HP Andromax cepat panas serta baterai lekas habis. Begitu juga Koneksi bluetooth yang selalu aktif juga menjadi pemicunya.

6. Jangan Overclocking CPU HP

Pada sebagian pengguna HP android ingin performa kecepatan meningkat dengan melakukan proses overclocking. Dimana proses tersebut akan meningkatkan speed prosesor sehingga jalannya sistem semakin cepat.

Baca juga:  Sering Gagal Scan Sidik Jari Redmi Note 7, Simak Cara Mengatasinya!

Proses Overclocking yang memang tidak disarankan oleh produsen ponsel tersebut dikarenakan dapat membuat CPU kelebihan beban kinerja yang tidak semestinya, sehingga panas yang ditimbulkan bisa merusak prosesor dan komponen terkait lainnya.

7. Hindari Penempatan HP di suhu Panas

Jangan biasakan menempatkan ponsel dengan paparan matahari langsung pada bodinya. Dimana suhu panas akan memicu panas pada ruangan komponen dan juga meningkatkan suhu baterai sehingga lebih cepat drop dan rusak sebelum waktunya.

8. Hindari Multitasking berlebih

Multitasking dalam pengertian sederhana yakni menjalankan beberapa aplikasi tanpa menutup dengan sempurna aplikasi lainnya.

Semisal kita baru membuka Facebook, lalu ingin pindah ke WhatsApp, menutup FB hanya dnegan menekan tombol Home untuk beralih ke aplikasi lain tidak akan menutup dengan sempurna aplikasi sebelumnya, sehingga meski terlihat sudah tidak berjalan namun sebenarnya masih aktif di balik layar.

Biasakan untuk membersihkan aplikasi yang baru kita jalankan dengan menutupnya melalui tombol Recent task. Sehingga pemakaian RAM dan kinerja CPU juga tidak akan tinggi.

Demikianlah beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi HP Andromax Smartfren yang cepat panas dan boros baterai, semoga bisa bermanfaat.

Leave a reply "Penyebab Boros Baterai Andromax Smartfren dan Cepat Panas"