Mengatasi Layar HP Bergaris dan Berbayang Tanpa Ke Tempat Servis

Apakah Layar LCD HP android dan iPhone yang bergaris atau berbayang bisa diperbaiki tanpa ke tukang servis ?, Tentu bisa. Dimana problem error pada Screen smartphone seringkali menjadi masalah yang membuat penggunanya emosi. Apalagi bayangan bakal keluar uang banyak untuk memperbaikinya.

LCD HP Berbayang berkedip dan bergaris

Namun sebelum memutuskan untuk membawa smartphone yang bermasalah pada layarnya, seperti ada garis melintang (Vertikal atau horisontal), ada bayang-bayang dan tidak jernih, LCD makin lama meredup tampilannya dan layar jadi putih dan beberapa problem lainnya, Lebih baik kita lakukan pengecekan mulai penyebab dan apa yang meski dilakukan.

Masalah layar ponsel yang berbayang maupun ada garisnya bisa disebabkan oleh beberapa hal, Mulai dari cara pemakaian yang salah, Komponen HP yang mulai mengalami kerusakan mapun hal lain seperti terjatuh, terkena air, terlalu sering terpapar suhu panas dan lain sebagainya.

Adapun beberapa smartphone yang seringkali mengalami masalah pada layar, biasanya ponsel yang menggunakan chipset MediaTek di CPU-nya. Dan banyak sekali merek HP yang beberapa produknya menggunakan jenis Chipset ini, Seperti pada HP LG, Vivo, Xiaomi, Oppo dan beberapa tipe lainnya.

Penyebab Layar HP Bergaris / Berkedip / Berbayang

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang seringkali menjadikan LCD Ponsel rusak dengan gejala seperti Layar HP Berkedip-kedip, ada bayang-bayangnya, tampilan pertama jelas namun tiba-tiba meredup maupun bergaris hitam. Adapun urutan penyebabnya dari yang paling sering terjadi adalah sebagai berikut.

Baca juga:  Cara Membatalkan Proses Update Software Sistem Xiaomi / Redmi
  1. Ponsel Terjatuh. Inilah penyebab yang paling sering terjadi dan menyebabkan Layar LCD HP Error, Retak atau pecah dan layar sentuh macet tidak merespon saat diusap atau ditekan.
  2. HP terkena Air. Penyebab kedua yaitu ponsel baru sajaterendam atau kemasukan air, sehingga menyebabkan hubungan arus pendek pada kaki-kaki komponen maupun di beberapa soket kabel didalamnya.
  3. Sistem Error. Bila tidak merasa baru saja ponsel mengalami kejadian terjatuh, terbentur atau terkena Air, bisa jadi Efek sistem smartphone bermasalah menjadi penyebabnya, Meskipun hal ini jarang terjadi.
  4. Ponsel Terpapar suhu tinggi. Setiap perangkat elektronika rentan terhadap temperatur tinggi, Begitu pula dengan smartphone. Seringnya terpapar sinar matahari atau penggunaan yang terus menerus bisa meningkatkan suhu komponen sehingga imbasnya salah satunya pada layar HP yang tiba-tiba error.
  5. Umur smartphone. Selain beberapa hal diatas, penyebab Layar ponsel tampak noda hitam, bergaris, berbayang, atau tidak respon saat disentuh bisa diakibatkan umur smartphone dan masa pakainya. Komponen yang mulai melemah kinerjanya menjadi salah satu indikasinya.

Bila kejadiannya memang HP baru saja terjatuh atau seringkali terbentur, kemudian indikasinya layar masih utuh dan tidak ada bekas retak atau tergores sedikitpun, umumnya disebabkan masalah pada CPU ponsel.

Problem layar HP yang disebabkan permasalahan pada Chipset CPU bukanlah perkara mudah. Bahkan banyak teknisi HP yang ‘angkat tangan’ bila mengganti IC CPU ponsel, karena beresiko HP mati total.

Baca juga:  Cara Simpan Foto dan Video di Google Drive HP Android

Namun jangan berkecil hati dulu, bila benar Layar HP error gara-gara terjatuh atau terbentur, sebenarnya kemungkinan besar CPU tidaklah rusak, Hanya ada pin atau kaki-kakinya yang terlepas dari solderannya.

Jadi, daripada mengganti IC CPU HP yang layarnya berbayang, bergaris atau tidak bsia disentuh meskipun tidak pecah, lebih baik lakukan dulu trik yang admin berikan di bawah ini.

Cara mengatasi LCD HP Bergaris / Berbayang / Buram

Trik ini saya namakan Teknik Ganjal, Dimana hanya dengan mengganjal komponen HP yang menyebabkan permasalahan Error pada layarnya. Dan karena masalah umumnya pada CPU, langsung saja cara mengatasinya berikut ini.

  1. Siapkan Potongan Sim card dan isolasi kertas
  2. Buka cassing ponsel dan lepaskan pelindung IC CPU
  3. Lihat apakah CPU IC-nya di Lem atau tidak (Bisa terlihat dari warna hitam yang menutupi kaki-kaki IC bila di lem oleh pabrikan)
  4. Bila CPU tidak di lem maka lakukan re-hot atau pemanasan ulang dengan blower pada IC (Kalau teknik ini yang memiliki alatnya tukang servis HP)
  5. Bilamana CPU tidak di Lem oleh pabrikan, letakkan potongan kartu SIM di atas IC lalu isolasi diatasnya supaya tidak bergeser
  6. Setelah itu tutup kembali dengan lempengan penutup IC CPU dengan rapat (akan terlihat sedikit menonjol karena ada ganjal di atas komponen IC, biarkan saja)
  7. Tekan-tekan bebrapa saat pada penutup CPU dan tutup lagi cassing smartphone seperti semula.
  8. Coba nyalakan ponsel dan perhatikan layarnya masih error atau pulih.
Baca juga:  Pilih mana Beli Paket yellow 1 GB Rp 1000 atau Rp 1500 ?

Tujuan mengganjal IC pada CPU ponsel yaitu mengakalinya supaya ada tekanan pada komponen sehingga kaki-kaki IC yang solderannya terlepas bisa menempel tanpa menggunakan alat pemanas IC.

cara memperbaiki LCD berkedip dan bergaris tanpa ke tukang servis

Cara diatas seringkali dilakukan para teknisi HP untuk mengatasi problem layar LCD HP yang error karena terjatuh, dan menyebabkan komponen didalamnya terlepas solderannya tanpa melakukan penggantian IC CPU-nya dan tidak mau mengambil resiko kerusakan lebih parah.

Sebagai tambahan, Beberapa Problem Layar karena HP terjatuh diantaranya Layar HP Buram, tiba-tiba meredup menjadi putih, disentuh tidak merespon, layar tampak ada garisnya bukan karena LCD rusak tertekan dan meskipun sudah dinyalakan lagi tetap tidak tampak gambarnya.

Trik mengganjal IC CPU tanpa menggantinya seperti diatas bisa dipraktekkan pada hampir semua tipe smartphone, seperti permasalahan layar LCD Berkedip, bergaris atau berbayang di HP Vivo, OPPO, Xiaomi, Asus, LG dan merek lainnya.

Sebagai catatan, Bilamana sobat tidak bisa melakukannya sendiri dirumah karena prakteknya secara teknis seperti membongkar ponsel dan menentukan mana IC bagian CPU atau bukan, serta takut ada kerusakan, Lebih baik menyerahkannya pada ahlinya yaitu Service center atau teknisi HP terpercaya.

Artikel Terkait