Cara Format Kartu MicroSD di Vivo Y91 dengan Aman

Memformat Ulang kartu Memori di HP Vivo Y91 mudah dilakukan dengan fitur bawaan sistem. Dimana kita tidak memerlukan Komputer atau Laptop untuk sekedar format memori, Cukup menggunakan fitur bawaan smartphone Vivo semua beres.

memformat microsd memori vivo y91

Sebelum membahas bagaimana cara format ulang kartu SD atau memori eksternal pada HP Vivo Y91, dimana bentuk kartunya adalah MicroSD, kita simak dulu apa fungsi formatting memori. simak juga Tips Vivo Y91 untuk Screenshot dengan Usapan 3 Jari

Fungsi Memformat Ulang memori

Banyak pemilik HP android, seperti misalnya pengguna HP Vivo Y91 belum tahu apa kegunaan formatting ulang kartu, tahunya memori diformat dan data didalamnya hilang dan sesudah itu bisa digunakan kembali. Paddahal ada beberapa keuntungan memformat kartu memori diantaranya sebagai berikut:

  • Mengatasi Sector yang ada di dalam kartu SD agar tertata rapi dan bisa berfungsi maksimal, mulai dari kecepatan transfer dan meminimalkan kerusakan data didalamnya.
  • Mengatasi banyaknya Virus yang sulit dihapus di microSD (Memori card) secara manual atau dengan antivirus
  • Menghapus data secara cepat dan aman, mulai dari file yang tampak maupun hidden files (tersembunyi)
  • Memperbaiki memory card yang corrupt dan lemot karena banyak sectornya bermasalah
  • Membuat proses pembacaan dan penulisan di kartu memori menjadi normal, dimana seiring waktu adanya proses delete copy dan paste menjadikan proses data di kartu memori menjadi melambat dan lemot.
  • Cara cepat menghilangkan jejak data saat ingin menjual kartu memori kita supaya tidak disalahgunakan orang lain, dan lain sebagainya.
Baca juga:  Cara Reset Ulang HP Realme saat Lupa Kunci dan Pola Layar

Cara Format kartu MicroSD di Vivo Y91

Meskipun pada saat kita membeli kartu memori baru sebenarnya sudah diformat oleh pabrikannya dna langsung bisa digunakan, anda bisa memformat ulang bila diperlukan. Atau ingin membuat memory card yang lama berfungsi optimal kembali, maka lakukan format dengan terlebih dahulu melakukan backup file penting.

  1. Buka menu pengaturan di smartphone Vivo Y91

menu format ulang microSD android

  1. Kemudian menuju ke menu Pengaturan Lainnya
  2. Setelah itu masuk ke menu RAM dan Ruang Penyimpanan
  3. Kemudian pilih opsi Format Kartu SD

menu format vivo y91

  1. Lanjutkan prosesnya sampai selesai dan memori siap digunakan

Yang perlu diperhatikan, Apabila kartu tidak terdeteksi maka kita tidak bisa melakukan formatting dan anda bisa mencoba mendeteksinya dengan bantuan laptop atau komputer.

Bila memformat memori MicroSD untuk smartphone dari laptop (komputer), maka gunakan format FAT atau FAT32, jangan menggunakan NTFS atau ext2 karena nantinya tidak akan terdeteksi oleh sistem android.

Itulah fungsi dan cara melakukan format ulang kartu SD di smartphone Vivo Y91 yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat.

Baca juga:  Apakah Paket Yellow Indosat masih ada dan bagaimana caranya?

Leave a reply "Cara Format Kartu MicroSD di Vivo Y91 dengan Aman"