Fitur Video Reels di Instagram dan Cara menggunakannya secara Lengkap

Ada Fitur terbaru yang disematkan oleh Instagram yang bernama Reels. Dimana mirip dengan Aplikasi TikTok, Pengguna IG bisa berbagi video berdurasi singkat untuk mengekspresikan dirinya lebih interaktif dan menambah banyak follower.

Fungsi menu reels instagram dan cara membuatnya

Di Indonesia sendiri video berdurasi pendek IG Reels yang dirilis akhir Juni 2021 ini mendapat berbagai respon penggunanya. Ada yang menyambut fitur tersebut dengan positif dan tidak sedikit pula yang mencibirnya karena Instagram di cap meniru media sosial TikTok yang lebih dahulu populer.

Pada pembahasan kali ini saya akan berbagi informasi serta tips, Mulai Bagaimana membuat dan kegunaan Video Reels Instagram, Apa saja fitur menarik yang disediakan sampai cara mengatasi Reels IG yang tidak muncul di aplikasi Instagram.

Fungsi Menu Reels di Instagram

Perlu diketahui, Setiap Developer membuat suatu fitur dan menu di Aplikasi pastinya memiliki tujuan tertentu, Baik itu untuk kepentingan pembuatnya maupun memberi keuntungan bagi para penggunanya.

Baca juga: Cara Download dan menyimpan video Reel Instagram tanpa instal aplikasi dan menyimpannya ke galeri smartphone.

Adapun Fungsi Instagram Reels diantaranya sebagai berikut:

  1. Meningkatkan dan menaikkan Insights
  2. Mempromosikan Produk atau Jasa
  3. Menambah Followers IG
  4. Wadah Kreativitas dan Ekspresi diri

Menaikkan Insights Instagram

Banyak pengguna IG yang tidak tahu apa itu Insights Instagram. Dimana secara sederhana fungsi Insights IG untuk keperluan strategi marketing dan meningkatkan lebih banyak jangkauan ke pengguna lain untuk mengikuti, melihat feed kita, berinteraksi dan lain sebagainya.

Ada tool Analytic milik Instagram yang bisa dimanfaatkan secara gratis untuk fitur Insights. Dimana dengan membaca Analytics IG kita bisa mengetahui demografi followers, Data konten, mengetahui performa promosi yang dijalankan dan lain sebagainya.

Video Reels Instagram juga bisa meningkatkan engangement dan keterlihatan feeds miliknya. Data siapa saja penonton dan followers, mulai dari umur, lokasi dan data lain masuk ke statistik insights IG.

Untuk mengetahui data di tool analytics Instagram, Penggunanya harus beralih ke profil akun bisnis. Jadi, Bagi sobat semua yang ingin cepat mendapat followers atau menginginkan produk jualannya cepat laku di IG bisa mencoba membaca Insights Instagram melalui tool Analytics.

Baca juga:  Cara Hapus Kontak Telpon di HP OPPO Semua Tipe

Marketing dan Promosi Produk di Instagram

Meskipun tidak menggunakan profil bisnis, Kita bisa memanfaatkan akun IG standar untuk menjual produk dagangan kita. Banyak sekali contoh orang sukses yang tidak mengeluarkan biaya iklan berbayar di media sosial Instagram namun sukses menjalankan usahanya secara online.

Dengan membuat promosi di Reels video Instagram yang menarik dan interaktif untuk produk yang kita jual, Maka peluang terjual juga semakin tinggi.

Meningkatkan Followers IG

Semakin bagus dan Interaktiv video yang kita buat di Reels, Maka berpotensi viral di Instagram dan berpotensi mendatangkan banyak pengikut.

Semakin apik kita mengisi Reels Instagram, peluang pengguna media sosial lain untuk menyebarkan nama akun IG kita semakin besar, seperti banyaknya review di YouTube, Facebook, Twitter dan lainnya.

Wadah Ekspresi dan Kreativitas

Bagi yang tidak suka dengan Aplikasi TikTok dan masih ingin membuat konten video kreatif berdurasi singkat bisa memanfaatkan Instagram Reels. Tentunya bila ingin segera viral dan banyak disukai penonton maka buat konsep yang menarik dan tidak ngawur.

Semakin sering kita membuat konten kreatif maka seiring berjalannya waktu, postingan Video di Reels IG juga meningkatkan rating keterlihatan ke pengguna lainnya.

Mengatasi Menu Reels IG yang tidak Muncul di Aplikasi

Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan Reels IG yang tidak muncul di aplikasi ? Berikut ini beberapa opsi yang bisa sobat coba praktekkan.

  1. Update Aplikasi IG
  2. Bersihkan Cache Instagram
  3. Hapus Data IG di pengaturan Aplikasi
  4. Restart ulang smartphone

Update Aplikasi Instagram

Yang paling utama dan harus dilakukan saat ingin membuat video Reels IG tapi tidak muncul menunya yaitu memperbarui aplikasi Instagram dengan versi terbaru.

Buka aplikasi Play Store di smartphone sobat, kemudian update instagram untuk mendapat versi terbarunya. Bila sudah selesai, cobalah. Adapun letak menu Reels IG ada di antara search (ikon kaca pembesar) dan Toko (ikon Tas).

Baca juga:  Berapa Ukuran Foto dan Video Instagram Yang Disarankan ?

Bersihkan Cache bila Instagram bermasalah

Bila update aplikasi sudah dilakukan namun fitur atau menu Reels tetap tidak ada apa yang harus dilakukan ?.

Coba bersihkan dulu file temporer atau data cache instagram. Caranya masuk ke menu pengaturan ponsel, kemudian pilih manajemen aplikasi >> Instagram >> Hapus cache (Catatan: Masing-masing tipe ponsel berbeda tata letak menunya).

Bila ada Aplikasi pembersih cache bawaan smarphone bisa langsung digunakan tanpa membuka menu pengaturan. Dan jangan khawatir, menghapus file cache tidak memiliki efek negatif, malah membuat sistem ponsel semakin ringan dan menghindari error pada aplikasi.

Menghapus data Instagram

Ada membedakan File Data dan Cache, dimana bila cache aman untuk dibershkan, maka Untuk Data pengguna harus hati-hati. Dimana menghapus Data Aplikasi Instagram di pengaturan smartphone akan membersihkan sandi, nama pengguna, data settingan dan lain sebagainya.

Namun tidak ada salahnya mencoba menghapus Data aplikasi Instagram untuk mengatasi menu Reels yang tidak muncul. Caranya masuk ke menu Pengaturan >> Manajemen Aplikasi >> Instagram >> Hapus Data.

Menghapus Data aplikasi IG di smartphone tidak akan berimbas ke data akun kita di server Instagram. Jadi setelah melakukan aksi bersih-bersih seperti diatas, buka kembali IG dan masukkan username serta kata sandi, maka sobat sudah bisa menggunakannya lagi.

Merestart Ponsel Mengatasi Instagram Error

Coba booting ulang atau restart smartphone bila semua opsi diatas tidak mengatasi permasalahan menu Reels IG yang tidak tampil. Bila sudah Update dan melakukan bersih-bersih cache / data tetap tidak muncul menunya, coba matikan dan nyalakan kembali ponsel kemudian coba buka kembali aplikasi Instagram.

Menu Reels Instagram dan Cara menggunakannya

Bagi sobat yang sudah terbiasa membuat video di TikTok pasti tidak asing dengan beberapa fitur di menu Reels di Instagram seperti memasukkan Audio, merubah durasi, Kecepatan video, memberikan efek, Menyempurnakan riasan, Tata letak video dan penunjuk waktu atau timer.

Baca juga:  Tips WhatsApp Cara blokir Kontak dan pesan masuk

Adapun cara memulai merekam video singkat Reels IG yaitu sebagai berikut:

  1. Buka Aplikasi IG di smartphone
  2. Pada deretan menu paling bawah, klik ikon video (antara ikon search dan toko)
  3. Akan muncul beberapa video Reels akun lain yang bisa sobat tonton
  4. Bila ingin membuat video Reels, klik menu kamera yang ada di pojok kanan atas
  5. Mulailah merekam dan bergaya sesuai keinginan dan manfaatkan beberapa fiturnya
  6. Bila sudah memiliki file rekaman video di galeri, bisa juga diunggah. Caranya pilih menu galeri yag posisinya di pojok kiri bawah.
  7. Kalau sudah selesai langsung saja upload Reels untuk sobat

Beberapa hal berikut ini yang mungkin belum diketahui pengguna baru di Instagram mengenai Reels, diantaranya:

Berapa durasi Video Reels IG ?

Untuk durasi standar yaitu 15 detik dan maksimal bisa diubah melalui menu durasi ke 30 detik.

Apakah bisa memasukkan file musik Reels dari galeri HP ?

Tidak ada menu untuk mengunggah lagu dari penyimpanan ponsel. Pengguna hanya boleh menggunakan latar musik atau lagu yang sudah disediakan oleh instagram.

Apakah Reels bisa digunakan untuk berduet dengan pengguna lain ?

Reels IG tidak ada menu untukmembuat video berinteraksi atau duet dengan pengguna lainnya seperti pada aplikasi TikTok.

Apakah Video Instagram Reels bisa dibagikan ?

Reels video bisa disebar atau dibagikan ulang melalui DM (Direct Message), Stories dan Feeds.

Berapa lama postingan Reels akan terhapus ?

Video Reels akan otomatis hilang setelah 24 Jam. Itulah beberapa pembahasan tentang apa itu Reels IG, Fitur dan cara membuat video reels di aplikasi instagram. Semoga bermanfaat, dan pesan admin gunakan media sosial secara bijak dan sesuai aturan yang berlaku.

Artikel Terkait