Mengganti Password WiFi Router Tenda dari Android atau iPhone

Mau mengubah password hotspot WiFi dari router Merk Tenda namun tidak punya Laptop ?, Jangan khawatir, Tanpa komputer saat ini smartphone seperti iPhone atau android bisa digunakan untuk setting jaringan Router semisal ganti Sandi, Setting Internet, Mengatur Alamat IP dan lain sebagainya.

change password security Tenda router

Sebagai contoh anda ingin mengganti password WiFi Router Tenda tipe N301 atau N300, bisa dilakukan dari HP Android semudah menggunakan laptop. Dimana antarmuka settingan setiap perangkat router WiFi umumnya menggunakan Browser sebagai alat aksesnya. Jadi, setiap smartphone yang mempunyai koneksi WiFi serta punya aplikasi Browser (peramban) semisal google chrome, Opera, Firefox atau browser bawaan ponsel bisa digunakan untuk settingan jaringan WiFi.

Merubah password jaringan WiFi disarankan untuk rutin dilakukan, Semisal di router Tenda sudah tersetting Hotspot, maka mengganti sandi secara berkala bisa meminimalkan para pembobol hotspot. Kata sandi WiFi bisa diubah semisal seminggu, sebulan atau kalau perlu anda ubah sesering mungkin.

Selain mengamankan jaringan hotspot dari pembobol WiFi, merubah password di router Tenda juga dapat membuat stabil koneksi jaringan internet. Mengapa demikian?, karena setiap klien yang berhasil membobol sandi WiFi, maka akan membebani pemakaian jatah bandwidth koneksi internet. Bisa-bisa kalau sudah banyak klien yang terhubung bisa bikin lemot koneksi hotspot router kita.

Baca juga:  11 Alat Penguat Sinyal WiFi Murah dan Kualitas Bagus

Ada dua cara mengamankan jaringan hotspot, yakni selain rutin mengganti sandi hotspot, juga disarankan merubah password login router. Tujuannya agar seseorang yang berhasil masuk ke jaringan hotspot tidak dapat mengakses dnegan mudah alamat IP Router serta tidak merubah beberapa settingan jaringan yang ada.

Merubah Password Hotspot Tenda dari Android

  1. Pertama kali hubungkan dulu smartphone ke jaringan WiFi router
  2. Lanjutkan dengan membuka aplikasi Browser di Smartphone android/iPhone
  3. Seteah terbuka, ketik alamat IP ruter Tenda yaitu 192.168.0.1 (Itu adalah IP Bawaan / Default)
  4. Setelah itu lakukan login, dimana username-nya ‘admin’, dan isi password :admin (abjad kecil)
  5. Pada dasboard Tenda router, di bagian bawah ada opsi pengaturan cepat Wireless Security Setup, Ubah sandi hotspot WiFi anda pada kolom Security.
  6. Jangan lupa klik pada tombol OK agar sandi tersimpan.
login alamat ip router tenda

Seketika itu pula seluruh klien yang terhubung di jaringan router Tenda akan terputus karena sudah ganti password-nya, Bila ingin menyambung ulang maka gunakan kata sandi baru.

Baca juga:  Cara Mengatasi MiFi Andromax tidak Connect Internet

Selain itu, anda bisa merubah sandi hotspot WiFi dari menu ‘advanced’ bila pada halaman utama router tidak terdapat opsi cepat mengubah sandi. Caranya, setelah berhasil masuk ke dasboard Tenda, klik pada Advanced > Wireless > Wireless Security. Disana ada kolom security Key untuk mengganti kata sandi.

ganti password security hotspot tenda

Merubah Sandi Login Router Tenda dari Android

Di bawah ini adalah tips mengubah password login router Tenda dari smartphone iPhone atau Android. Silahkan disimak tipsnya berikut ini:

ganti password login IP Tenda
  1. Sambungkan dulu Smartphone ke hotspot
  2. Lalu buka browser di HP dan masukkan alamat IP Router yakni 192.168.0.1 dan masuk.
  3. Setelah terbuka, login menggunakan password:admin (settingan bawaan pabrikan Tenda)
  4. Sesudah berhasil masuk, Klik pada opsi “Advanced
  5. Kemudian masuk ke Tab Tool > Change Password
  6. Setelah membuat sandi baru, klik Tombol OK untuk menyimpan Pengaturan.

Lalu bagaimana bila kita gagal login di router Tenda menggunakan alamat IP atau password bawaannya ?, tentu cara teraakhir adalah mereset ulang router.

Dan cara mereset Router Tenda mudah sekali, ada tombol kecil bertulisakan reset di belakang router, tekan selama lebih kurang 15 detik sampai lampu Led indikator menyala semua berarti sistem router berhasil direset.

Baca juga:  Cara Melihat Alamat IP WiFi Hotspot di HP Samsung

Demikianlah pembahasan singkat tentang cara ubah sandi jaringan wifi di router merk Tenda dari HP Android / iPhone, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Mengganti Password WiFi Router Tenda dari Android atau iPhone"