Tanda HP terkena Sadap, Virus ataupun Malware

Pertanda HP kena Sadap, virus dan malware – Pada sebuah smartphone tentunya seringkali dipergunakan untuk terkoneksi ke Internet daripada hanya untuk beraktifitas SMS dan Telepon. Dengan adanya koneksi Internet itulah salah satu penyebab yang sering terjadi masuknya Virus, malware ataupun spyware (penyadapan) oleh pihak lain.

ciri-ciri android terkena virus malware

Sering terjadi kebocoran data di HP karena ulah penyadap yang menggunakan malware atau aplikasi khusus. Dimana setelah malware menginfeksi sistem di HP maka tanpa diketahui pemiliknya ada proses di background melakukan aksi mata-mata maupun menebar script malware.

Orang seringkali menganalogikan Malware sebagai virus, bahkan Spyware juga disebutnya sebagai virus. Tidak salah memang, namun ada beberapa perbedaan yang bisa dilihat dari karakteristik setiap penamaan tersebut.

Sebenarnya istilah Malware akan lebih luas cakupan pengertiannya, yang mana malware bisa diartikan secara sederhana adalah sebuah script atau software yang menginfeksi sistem agar terjadi kegagalan pada fungsi utamanya dan diambil alih fungsinya menurut apa kemauan si pembuat script malware.

Seperti halnya Spyware atau aplikasi mata-mata dan juga Virus, kedua penamaan tersebut juga bisa diartiken sebagai Malware. Dimana keduanya juga melakukan perubahan pada alur sistem agar sesuai keinginan pembuat malware.

Baca juga:  Apa fungsi 2 Titik dekat Speaker di HP Samsung

Tanda-tanda HP Terinfeksi Malware atau virus

Mungkin anda pernah mengalami ponsel tiba-tiba bertingkah aneh, baterai cepat habis padahal masih baru, kuota data juga cepat habis, tiba-tiba keluar iklan padahal tidak membuka aplikasi apapun, dan lain sebagainya.

Bila mengalamihal tersebut, bisa saja sistem di HP anda sedang mengalami masalah seperti Ada hardware yang memang menurun kinerjanya, sistem memang bermasalah atau bisa jadi karena adanya virus (Malware) yang sudah menginfeksi sistem.

Untuk mengetahui apa saja tanda-tanda Smartphone terkena Virus, malware ataupun spyware, silahkan simak langsung ulasannya berikut ini:

1. Kuota Internet Cepat Habis

Salah satu akibat adanya virus yang bercokol di sistem smartphone, koneksi data internet menjadi super sibuk dan akibatnya kuota data selular cepat habis terpakai tanpa anda sadari.

Proses virus atau malware di smartphone yang menggunakan sambungan internet sebagai tujuan utamanya, seringkali menjadi jembatan untuk melakukan pencurian data, mengunggah data pengguna ponsel ke server pemilik virus dan tujuan lainnya.

Anda bisa melihat dari statistik penggunaan data internet aplikasi mana saja yang terlalu banyak menyedot kuota dengan cara masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih opsi koneksi > Penggunaan data.

Di opsi penggunaan data akan terlihat statistik aplikasi mana saja yang memberi rating tertinggi dalam penggunaan asupan kuota internet.

Baca juga:  Alamat Service Center VIVO Resmi di Indonesia

2. Sistem jadi lambat atau Lemot

Seiring banyaknya aktivitas virus di dalam sistem android di background, pasti akan berdampak pada kinerja sistem secara keseluruhan.

Mulai dari kecepatan ponsel yang tidak lagi responsif, sering lelet, lambat ketika membuka aplikasi padahal tidak ada aplikasi lain yang terbuka, dan lain sebagainya.

3. Baterai gampang habis

Virus atau malware di ponsel android atau smartphone OS lainnya akan berpotensi menguras daya baterai dengan cepat.

Hal tersebut menjadi berbanding lurus dengan adanya aktifitas malware yang terus menerus serta adanya sambungan data internet di background maka baterai akan bekerja ekstra untuk memberikan arus pada CPU agar selalu aktif dan bekerja keras.

4. Muncul iklan tiba-tiba

Salah satu yang sering terjadi ketika ponsel sudah terinfeksi virus adalah keluarnya iklan seccara tiba-tiba meskipun penggunannya tidak membuka aplikasi apapun.

Umumnya virus jenis tersebut (yang memunculkan iklan) memang menargetkan ponsel yang sudah menginstall aplikasi buatan si pembuat virus agar dengan mudah menginjeksi pesan ke target dengan media iklan yang muncul tiba-tiba.

5. Sistem ponsel bertingkah Aneh

Baca juga:  Alamat Service Center OPPO Jakarta Pusat

Dan juga sering terjadi tiba-tiba saja beberapa menu ataupun aplikasi di smartphone bergerak sendiri, mengubah ikonnya dengan model lain, masuk ke suatu menu utapi masuknya ke menu lainnya, itu juga pertanda adanya virus di sistem.

6. Ponsel Restart sendiri

Kadang bukan karena masalah Baterai, Sistem di smartphone tiba-tiba melakukan restart atau reboot ulang dengan sendirinya.

Virus sangat mudah menjalankan perintah reboot dengan script yang sudah tertanam di dalam sistem. Jadi jangan heran kalau ponsel bisa restart sendiri tanpa ada campur tangan penggunannya karena adanya virus yang sudah menginfeksi sistem.

7. Melakukan telepon dan pesan acak

Malware di ponsel android banyak juga yang melakukan aksinya dengan menanam script virus untuk membuat ponsel target bisa menelpon dan kirim pesan ke nomor tertentu.

Biasanya virus tipe ini melakukan aksinya untuk mengelabuhi target yang dikirim SMS atau yang ditelepon untuk menyembunyikan jati diri Penyebar virus maupun ingin mendapat trafik tertentu ke pesan yang disebarkan tersebut.

Itulah beberapa hal yang bisa diakibatkan oleh virus atau malware yang masuk ke sistem smartphone android dan OS lainnya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca GusInfo.com, terima kasih.

Leave a reply "Tanda HP terkena Sadap, Virus ataupun Malware"