Apa itu Metaverse serta Tujuan dan Contoh Penggunaannya

Saat ini Dunia internet dan digital dihebohkan dengan kata-kata Metaverse. Apalagi facebook yang merubah nama perusahaan menjadi Meta semakin menguatkan akan transformasi teknologi yang semakin canggih. Lalu apa itu Metaverse, Tujuan, keuntungan serta pengaplikasiannya ?, Simak ulasannya berikut ini.

pengertian metaverse dan kegunaannya

Awal penamaan Metaverse berasal dari kata Meta dan verse, Dimana arti Meta yaitu Melampaui atau melewati, Verse dimaknai Semesta atau ruangan yang luas, dimana manusia dapat berkelana dalam dimensi lain di dalam teknologi ruangan virtual digital.

Secara sederhana dan mudah dipahami, yang dimaksud Metaverse adalah Teknologi buatan supaya manusia dapat berinteraksi langsung dan seperti terlihat nyata menjelajahi ruangan virtual di dalam aplikasi yang dijalankan.

Tanpa beranjak dari suatu tempat atau ruangan, seseorang bisa bertemu sapa, mengadakan acara rapat, menjadi grup dalam pertempuran game dan selainnya. Bahkan tampilan dan suasana seperti masuk dalam dunia nyata dan bertatap muka layaknya bertemu sungguhan.

Tujuan Teknologi Metaverse

Dengan adanya teknologi AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality), Dunia Metaverse semakin mudah dibangun dan dijalankan.

Tujuan Pembangunkan Teknologi Metaverse yaitu mempermudah manusia berinteraksi dengan konten di media sosial dan dunia virtual tanpa saling bertemu secara langsung.

Baca juga:  Merubah Sandi Akun Facebook di Ponsel Android

Tampilan dunia Virtual yang dijalankan dengan metaverse yaitu bentuk 3 Dimensi, seperti bisa melihat bentuk orang secara utuh dari segala sudut, Bisa berinteraksi dengan berbagai bentuk alat seolah-olah kita sedang memegang benda tersebut secara nyata dan contoh lainnya.

Pendiri dan CEO Epic Games menyatakan, Kalau media sosial yang sudah ditanam teknologi Metaverse 3D, Dapat membuat penggunanya bisa saling berbagi dan membuat konten secara virtual dan terlihat real.

Meskipun banyak yang mendukung metaverse, Namun tidak sedikit pula yang tidak menyetujuinya, salah satunya Pencipta PlayStation yang menyatakan kalau Efek Metaverse tidak akan menyatukan keduanya, malah jadi pemisah Dunia nyata dan virtual.

Apapun bentuk dukungan dan penolakan yang ada, Metaverse merupakan kemajuan teknologi yang disandingkan dengan kecerdasan buatan dan berbagai sensor untuk mempermudah interaksi di jaringan internet dan Dunia virtual digital.

Penggunaan Metaverse

Banyak sekali pengaplikasian, kegunaan dan yang bisa dilakukan teknologi metaverse, seperti contoh dibawah ini:

  • Aplikasi Game – Dengan menggunakan teknologi Metaverse, permainan game bisa dijalankan dengan penggunanya masuk ke ruang virtual. Dengan demikian, pemain game akan merasakan masuk ke arena permainan seperti alam dan suasana sesungguhnya hanya berbekal penunjang seperti VR Box dan beberapa sensor yang dipasang di badan sesuai kebutuhan game.
  • Keperluan Iklan – Beriklan akan lebih mudah dan menarik perhatian konsumen dengan menggunakan virtual Metaverse. Dimana konsumen bisa melihat secara virtual 3D Produk yang diiklankan seolah-olah berhadapan langsung dengan produk yang ditawarkan.
  • Bisnis Property Hunian – Pengembang real estate atau perumahan akan mudah meyakinkan calon pembeli dengan memanfaatkan Metaverse, Mulai dari mengajak pembeli seolah berjalan menyusuri bangunan dan melihat detail ruangan secara langsung  dengan skala yang sebenarnya, meskipun dalam dunia virtual lewat sambungan internet.
  • Bisnis Fashion – Pemanfaatan Metaverse digital di produk fashin akan menambah nilai dan daya tarik kepada konsumen. Pakaian yang dipromosikan di ruangan virtual akan tampak seperti aslinya, Pengunjung juga bisa seolah-olah mencoba dan menyentuh fashion apakah cocok dengan penampilan sebelum memutuskan untuk order secara online.
  • Konser Musik – Nantinya akan banyak konser musik virtual menggunakan teknologi metaverse. Penonton cukup membayar tiket secara online dan hadir di konser seperti nyata dengan banyak penonton berjubel dengan uforianya tanpa keluar dari rumah.
  • Karaoke virtual – Bernyanyi karaoke akan lebih menyenangkan dengan metaverse, Kita bisa berkaraoke langsung diatas panggung diiringi band lengkap dengan sorak tepuk tangan penonton. Meskipun bernyanyi di dalam kamar terasa di panggung konser sungguhan.
  • Museum Metaverse – Mengunjungi museum secara virtual tanpa keluar rumah juga mudah dilakukan di metaverse digital. Pengunjung museum bisa berjalan dan melihat bentuk 3D benda yang dipamerkan bersama pengunjung lainnya.
  • Sekolah online – Masuk kuliah atau sekolah online akan terasa seperti nyata dengan memanfaatkan virtual metaverse. Proses belajar mengajar seperti terasa di ruangan kelas dengan guru pembimbing yang terlihat seperti nyata.
Baca juga:  Cara Menyimpan Video dari Facebook ke Memori HP

Kegunaan Metaverse tidak sebatas dari contoh diatas, Masih banyak contoh pengaplikasian metaverse di segala bidang, seperti Dunia kedokteran, Simulasi Mengemudi tanpa resiko, Menjelajahi berbagai belahan dunia di dunia virtual dan lain sebagainya.

Artikel Terkait