ATM BNI dan BRI Minta Tanggal Lahir dan Ganti Pin, Sebab dan Solusinya!

Bagi pemegang kartu ATM BRI dan BNI mungkin pernah mengalami ketika tiba-tiba saat memasukkan kartunya di mesin ATM dimintai Tanggal lahir dan merubah PIN. Sebenarnya apa yang terjadi, apakah kartunya terblokir atau ada masalah dengan keamanannya ?.

ATM BRI dan BNI minta tanggal lahir ganti pin

Salah satu penyebab kartu ATM BNIatau BRI seringkali meminta konfirmasi tanggal lahir untuk mengganti PIN yaitu alasan keamanan. Dimana sistem akan otomatis mendeteksi kartu ATM yang tidak pernah rutin melakukan perubahan PIN, biasanya berdurasi 4 sampai 6 bulan sekali.

Untuk alasan keamanan rekening dari pencurian data dan kehilangan uang nasabah, maka  meskipun kita tidak ingin merubah PIN ATM, Tetap saja sistem Bank akan meminta verifikasi ulang ketika kartu dimasukkan di mesin ATM.

Mengapa ditanya Tanggal lahir saat Ganti PIN ATM BRI / BNI?

Lalu Mengapa harus memasukkan tanggal lahir saat memasukkan ATM ?, karena Tanggal lahir termasuk data utama untuk mendeteksi apakah benar si pemegang kartu adalah pemilik yang sah.

Ketika salah dalam memasukkan tanggal, bulan dan tahun kelahiran di mesin ATM, maka proses perubahan PIN tidak akan bisa dilanjutkan.

Baca juga:  Sejarah Berdirinya Allo Bank serta Produk dan Layanannya

Jadi bukan berarti kartu ATM terblokir saat ditanya tanggal lahir. Sistem Bank akan melakukan verifikasi ulang yang salah satunya dengan rutin mengganti PIN ATM supaya dana di rekening nasabahnya tetap aman.

Cara Ganti PIN ATM BRI

Merubah PIN Kartu ATM BRI bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti via aplikasi Internet dan mobile Banking, Via mesin ATM maupun datang langsung ke customer service cabang Bank BRI terdekat.

Adapun ketika memasukkan kartu ATM ternyata di layar ditanya tanggal lahir, berarti proses ganti PIN wajib dilakukan. Adapun caranya sebagai berikut:

  1. Masukkan kartu debit ATM BRI ke mesin
  2. Input tanggal, bulan dan tahun kelahiran sesuai data di rekening
  3. Pada layar selanjutnya masukkan PIN lama ATM BRI
  4. Selanjutnya input PIN ATM BRI yang baru
  5. Ulangi lagi memasukkan PIN yang baru untuk verifikasi
  6. Bila benar, maka dilayar akan tampil notifikasi ganti PIN berhasil
  7. Kartu akan otomatis keluar sendiri

Sebelum meninggalkan mesin ATM, cobalah untuk memasukkan lagi kartu ATM BRI dan menginput PIN yang baru, bila benar maka proses transaksi bisa anda lanjutkan.

Baca juga:  Mengatasi BRI Mobile Banking Error dan Gagal Proses

Adapun saat ingin setiap saat mengganti PIN ATM BRI, maka caranya cukup mudah tanpa ditanya tanggal kelahiran. Pada layar utama pilih menu Lainnya, kemudian pilih menu Ganti PIN.

Cara Ganti PIN ATM BNI

Adapun merubah PIN ATM BNI yang ketika memasukkan kartu ditanya tanggal lahir, maka caranya seperti dibawah ini:

  1. Masukkan kartu ATM BNI
  2. Input tanggal lahir dengan format DDMMYYYY, Contoh 17081980
  3. Bila benar, di layar selanjutnya masukkan PIN lama
  4. Kemudian input PIN ATM BNI baru
  5. Verifikasi dengan memasukkan PIN ATM yang baru sekali lagi
  6. Bila ganti PIN berhasil, kartu akan keluar otomatis
  7. Masukkan lagi kartu ATM bila ingin bertransaksi dnegan menginput PIN yang baru

Adapun untuk perubahan PIN ATM BNI secara berkala caranya yaitu masukkan kartu ATM kemudian pilih bahasa dan input PIN yang lama. Kemudian pilih menu Transaksi lainnya dan masuk ke menu Ubah PIN.

Saat ini hampir seluruh Bank memberlakukan metode yang sama untuk mengamankan dana rekening nasabahnya. Seperti Kartu ATM Mandiri yang ditanya tanggal lahir untuk ganti PIN dan bank-bank lainnya sama saja.

Baca juga:  Cara TopUp Pulsa PLN lewat Livin Mandiri Terbaru

Mengapa ubah PIN ATM selalu gagal ?

Bila terjadi kasus selalu gagal saat  ganti PIN ATM BNI atau BRI maupun kartu Bank lainnya, beberapa penyebabnya sebagai berikut :

  1. Sistem di mesin ATM maupun server Bank sedang mengalami gangguan atau overload pengguna. Solusinya ulangi lagi proses ubah PIN ATM beberapa menit atau Jam kemudian.
  2. PIN baru yang dimasukkan terdiri dari angka yang sama secara seri akan tertolak dengan alasan kurang kuat, semisal PIN 111111 dan semisalnya.
  3. Salah memasukkan verifikasi PIN yang baru
  4. Kartu ATM sudah kadaluarsa

Begitu juga ketika salah memasukkan PIN ATM sebanyak 3 kali berturut-turut maka otomatis kartu akan terblokir. Cara membuka blokir ATM BNI atau BRI yaitu mendatangi kantor Bank terdekat dengan membawa buku tabungan serta kartu yang terblokir, Minta ke CS Bank untuk membuka blokirnya.

Kesimpulannya, jadi jangan kaget atau bingung saat mesin ATM BRI atau BNI meminta anda memasukkan tanggal lahir, yang berarti harus ganti PIN untuk verifikasi ulang supaya rekening aman.

Artikel Terkait