Cara Mengaktifkan Biometric Login Sidik Jari BNI Mobile Banking

Saat ini banyak aplikasi mobile banking sudah menggunakan metode keamanan login menggunakan sidik jari. Salah satunya pada aplikasi BNI Mobile, Selain masuk ke akun menggunakan kode MPIN, bisa lebih mudah dengan scanner Biometric.

menu aktivasi biometric login BNI banking

Melakukan login ke aplikasi banking di smartphone memakai sistem keamanan Sidik jari dianggap lebih cepat. Hal ini juga dapat menghindari kesalahan memasukkan MPIN sebanyak tiga kali yang berakibat akun terblokir.

Untuk dapat menggunakan fitur keamanan biometric login, Nasabah harus melakukan update versi terbaru aplikasi BNI mobile di smartphone miliknya. Jadi, Selalu memperbarui aplikasi secara berkala akan memberikan keuntungan berupa fitur terbaru dan pastinya keamanan lebih ditingkatkan dari versi sebelumnya.

Cara Mengaktifkan Biometric Login BNI Mobile Banking

Yang perlu diperhatikan, syarat untuk dapat menikmati fitur keamanan login dengan sidik jari pastinya smartphone sudah dilengkapi dengan scanner fingerprint dan sudah diaktifkan sebelumnya, seperti untuk mengunci layar.

Dan syarat selanjutnya, Nasabah harus sudah mengaktifkan dan mengaktivasi nomor handphone miliknya untuk transaksi mobile banking (Simak cara registrasi dan aktivasi BNI mobile dari HP Android). Bila belum, bisa aktivasi lewat cabang BNI atau via ATM terdekat.

Baca juga:  Mencari Nomor Token Listrik Hilang - BNI mobile Banking
aktivasi sidik jari di aplikasi BNI MObile
  1. Perbarui aplikasi BNI mobile dengan versi terbaru, Silahkan update melalui google play store
  2. Jalankan Aplikasinya lalu masuk ke akun dengan menginput Username dan MPIN
  3. Setelah berhasil masuk, akan ada notifikasi dilayar berupa “Login dengan Biometric”, Klik tombol Aktifkan
  4. Baca syarat dan ketentuannya, lalu klik tombol “Ya, Saya Setuju
  5. Tempelkan jari anda ke scanner sidik jari smartphone
  6. Bila benar, maka akan muncul status Aktivasi berhasil, lengkap dengan keterangan USER ID, Tanggal dan waktu aktivasi
  7. Setelah berhasil, tekan saja tombol “Kembali ke menu” dan siap anda gunakan

Lalu bagaimana bila sebelumnya kita tidak mengaktifkan kunci sidik jari di aplikasi Mobile BNI atau bahkan ingin mematikan fitur tersebut?. Mudah saja, ada menu khusus untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan fitur biometric Login aplikasi BNI Mobile, Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

Mengaktifkan dan Menonaktifkan Login sidik jari BNI Mobile

menonaktifkan biometric login akun BNI banking
  1. Buka aplikasi BNI Mobile dan masuk ke akun anda
  2. Di halaman utama, pilih menu “Administrasi” yang ada di deretan bawah
  3. Kemudian masuk ke opsi “Pengaturan Login
  4. Geser slider “Biometric Login” ke kiri untuk menonaktifkan atau sebaliknya untuk menghidupkan.
Baca juga:  Cara Isi Saldo TCASH Wallet via BNI Mobile Banking

Sebagai tambahan, pada menu Administrasi, bisa digunakan untuk mengubah MPIN Akun BNI Mobile, Ubah password transaksi, Menghapus daftar favorit dari transaksi yang sudah anda lakukan atau bahkan menu untuk Blokir kartu ATM.

Jadi bila suatu saat anda kehilangan kartu debet BNI atau kartu tertelan di mesin ATM, Direkomendasikan untuk segera mungkin memblokir kartunya melalui menu di aplikasi banking maupun mendatangi langsung kantor cabang BNI terdekat, supaya tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Itulah tutorial singkat cara mengaktifkan dan mematikan scan sidik jari pada aplikasi mobile BNI banking, semoga bermanfaat dan bila ada pertanyaan bisa diajukan di kolom komentar di bawah artikel ini, Terima kasih.

Artikel Terkait