Cara Mengaktifkan Penghemat Data Internet di Instagram

Salah satu kekhawatiran beberapa pengguna aplikasi Instagram yaitu borosnya penggunaan kuota data internet. Mengapa demikian ?, Karena hampir semua konten populer dan banyak diminati yaitu berupa format Video yang akan diputar otomatis saat konten di croll tepat di tengah layar.

Perbedaan paling mencolok dengan Medsos populer seperti facebook dan Twitter, yaitu  instagram identik dengan konten yang menampilkan foto dan video yang diunggah penggunanya. Hal itulah yang menyebabkan aplikasi IG sangat boros data Internet karena konten video atau Reel IG saat diputar membutuhkan lebih banyak unduhan data dibanding hanya tampilan teks seperti postingan di twitter atau FB.

Tidak seperti di Facebook yang dibekali Menu khusus untuk membuat video tidak diputar otomatis meskipun konten video saat melewati scroll di tengah layar, Di Instagram tidak ada pengaturan untuk membuat video tidak “Play” otomatis. Jadi saat menelusuri postingan, Cerita atau Reels IG, bila ada konten video maka akan diputar secara otomatis meskipun pengguna tidak ingin melihatnya, sehingga penggunaan data Internet jadi boros.

Baca juga:  Cara Membuat dan Share Avatar Instagram ke Stories atau DM

Di Instagram memiliki fitur penghemat data internet yang prinsip kerjanya yaitu secara otomatis video tidak dimuat di awal sehingga memerlukan sedikit kuota data. Tidak itu saja, Nantinya video beresolusi tinggi bisa diatur bila menggunakan koneksi WiFi saja, Apabila koneksi internet memakai data selular maka resolusi akan diturunkan tanpa mempengaruhi kualitas tampilan di layar.

Baca juga Tutorial Instagram Berikut:

Langsung saja masuk ke tutorial, Di bawah ini admin bagikan langkah-langkah mengaktifkan fitur penghemat data internet di instagram agar tidak terlalu boros dan membuang kuota internet saat menggunakan kartu selular.

Cara Menghemat pemakaian Data di Instagram

Cara setting instagram tidak boros data internet
  • Buka Aplikasi Instagram di ponsel
  • Masuk ke menu Profi
  • Kik opsi menu di pojok kanan atas
  • Pilih menu Pengaturan
  • Buka opsi Akun, Lalu pilih Penggunaan Data Selular
  • Selanjutnya Aktifkan opsi “Penghemat Data
  • Terakhr, Tutup menu Pengaturan
Baca juga:  Cara Mengembalikan Postingan dan Reels Instagram yang Terhapus

Pada pengaturan penggunaan data selular di Instagram bila kuota internet ingin hemat jangan mengaktifkan opsi “Unggah dalam kualitas tinggi”, Maksudnya yaitu besarnya resolusi aan disesuaikan otomatis sesuai kondisi jaringan.

Bagi yang masih bingung bagaimana mengaktifkan penghemat data internet di menu pengaturan Instagram, Silahkan tonton video Short berikut:

Itulah tutorial singkat cara agar tidak boros pemakaian kuota data internet saat membuka video dan reeel di aplikasi IG, semoga bermanfaat.

Cara setting instagram tidak boros data internet
Next Post

No more post

Artikel Terkait