Cara Mengembalikan Postingan dan Reels Instagram yang Terhapus

Salah satu fitur yang berguna bagi pengguna Instagram yaitu menu untuk mengembalikan postingan yang sudah dihapus. Dimana pemilik Akun yang terlanjur menghapus postingan, Baik sengaja atau tidak, bisa dikembalikan dengan mudah dalam jangka waktu yang ditetapkan oleh IG.

Mengembalikan Reel video dan post IG yang terhapus

Aturan yang dibuat pihak Instagram, ketika ada penggunanya yang menghapus postingan atau Reels Video bisa dipulihkan dalam jangka waktu 30 hari. Bila dalam hitungan mundur melewati batas waktu yang sudah ditentukan dan tidak segera dipulihkan, maka otomatis sistem akan meghapusnya secara permanen dan tidak dapat lagi dikembalikan.

Semisal ada Video reels G seminggu lalu kita hapus maka sebenarnya masih tersimpan di ‘Kotak Sampah’ dan bisa dikembalikan lagi ke tempat semula (Restore), Baik itu waktu, jumlah like ataupun komentarnya.

Simak juga: Cara setting Izin dan Blokir Komentar pada postingan Instagram dan Cara mengetahui Akun IG kita dibobol atau disadap orang dari perangkat lain.

Lalu bagaimana langkah-langkah memulihkan atau mengembalikan video atau Postingan di Instagram yang sudah dihapusagar muncul lagi ?, Simak caranya di bawah ini:

Baca juga:  Cara Membuat dan Share Avatar Instagram ke Stories atau DM

Cara Memulihkan Postingan IG yang Terhapus

  • Buka Aplikasi Instagram
  • Masuk ke bagian Menu Profil Akun, Letaknya pojok kanan bawah dengan gambar Profil
  • Lalu masuk ke opsi Menu di pojok kanan atas (Ikon3  garis horisontal)
  • Pilih menu Aktivitas Anda
  • Geser layar kebawah, Masuk ke opsi Baru-baru ini dihapus
  • Cari postingan atau Video IG yang ingin dipulihkan
  • Selanjutnya pilih “Pulihkan
  • Selesai dan postingan sudah kembali ke posisi semula
memulihkan postingan Instagram terhapus

Selain melakukan restore, ada pilihan ‘Hapus’ yang fungsinya untuk menghapus secara permanen postingan Instagram sebelum tenggat waktu 30 hari.

Perlu dicatat, Tidak semua postingan atau Video reel IG yang terhapus ada di ‘Tong Sampah’ karena yang bila sudah melewati batas waktu 30 hari semenjak dihapus akan otomatis terhapus dari sistem dan mustahil bisa dipulihkan.

Informasi tambahan:

Adapun menu “Aktivitas Anda” selain untuk melihat postingan IG yang baru saja dihapus, juga ada beberapa menu yang berguna diantaranya sebagai berikut:

  • Waktu Dihabiskan : Menu ini berguna untuk mengetahui berapa lama waktu rata-rata harian yang dihabiskan untuk membuka aplikasi Instagram.
Baca juga:  Cara Withdraw Webmoney WMZ ke IDR Rekening Bank Lokal

Di menu ini kita bisa mengaktifkan pengingat untuk istirahat bermain IG, Menetapkan batas harian dan mengatur Notifikasi.

  • Foto dan Video : Opsi ini untuk melihat aktivitas berbagi video dan foto yang kita bagikan di Instagram.

Selain melihat apa saja yang sudah kita bagikan, pada menu ini pengguna juga dapat mengarsipkan ataupun menghapus postingan, Reel, Video atau Sorotan dengan mudah dan dapat difilter berdasarkan waktu yang diinginkan.

  • Interaksi : Menu “Interaksi” di Instagram fungsinya untuk meninjau atau menghapus apa saja interaksi terhadap postingan yang telah diunggah.

Kita bisa melihat siapa saja yang memberikan komentar, menekan tombol suka, balasan cerita maupun ulasan terhadap video atau postingan sekaligus bisa menghapusnya bila dikehendaki.

  • Riwayat Akun : Di bagian ini kita bisa melihat apa saja perubahan yang sudah dilakukan pada akun sejak pertama kali dibuat, seperti perubahan kata sandi, merubah nama pengguna, tautan situs web dan informasi untuk mengetahui kapan akun Instagram dibuat.
  • Pencarian Terbaru : Menu ini untuk mengetahui apa saja yang kita cari di Instagram melalui kolom pencarian, Sekaligus menghapus riwayat pencarian di IG yang sudah dilakukan.
  • Tautan yang dikunjungi : Semua link atau Tautan yang pernah dibuka di Instagram bisa dilihat lagi alamatnya disini.
  • Diarsipkan : Bila kita pernah mengarsipkan video atau postingan maka bisa dilihat dan dikelola di menu ini.
  • Unduh informasi anda : Opsi ini berguna bila ingin mendapat salinan data apa saja yang sudah dibagikan (Foto, Komentar, Profil dan lainnya) ke Instagram melalui Email.
Baca juga:  Teknik instagram Marketing Untuk Meningkatkan Omzet Jualan

Itulah informasi tentang cara mengembalikan (Restore) postingan foto dan video di Instagram yang sudah dihapus sekaligus like dan komentarnya, silahkan dipraktekkan dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait