Cara Mengetahui  Akun IG Kita Disadap Orang Lain atau Tidak

Salah satu fitur keamanan di Aplikasi Instagram yaitu kita dapat melihat Aktivitas login. Dimana fungsinya jelas untuk melihat apakah ada orang lain yang sedang memata-matai, Menyadap atau mengakses akun IG milik kita tanpa ijin.

Melihat aktivitas login akun IG

Sudah banyak kejadian peretasan terhadap akun Instagram milik orang lain dengan berbagai metode dan tujuan, seperti ada yang langsung mengambil alih akun IG sehingga pemiliknya tidak dapat lagi login dan mengakses akun miliknya, Atau hanya sekedar memata-matai alias menyadap akun IG milik orang lain sehingga si pemilik akun tidak menyadari semua aktivitasnya dipantau dari dari perangkat lain.

Meskipun kita membuat sandi yang kuat untuk login ke Instagram, ada saatnya kita lengah dan akhirnya password IG bocor. Dan disinilah fungsi dari menu verifikasi dua langkah yang juga disematkan pada opsi keamanan di aplikasi Instagram, yaitu menghalangi orang lain mengakses akun IG kita karena harus melakukan verifikasi dengan beberapa digit kode yang dikirim ke nomor ponsel , atau alamat Email yang sudah disetting sebelumnya.

Bila merasa akun Instagram kita ada yang menyadap, pengguna bisa melakukan pemeriksaan keamanan di aplikasi IG. Dimana nantinya pengguna dapat mengetahui dimana lokasi akun kita sedang aktif sekaligus waktunya serta perangkat apa yang digunakan.

Baca juga:  Kode Rahasia di HP iPhone yang wajib diketahui

Simak juga: Cara mengembalikan Postingan atau Reels Video Instagram yang terhapus

Bila dirasa ada yang mencurigakan, semisal akun kita terpanntau sedang aktif di ponsel lain yang bukan milik kita, maka dapat dengan mudah memblokirnya dengan melakukan logout dan memblokir akses ke perangkat yang dicurigai.

Cara Melihat Akun Instagram disadap orang lain

Berikut ini adalah beberapa langkah cara mengetahui apakah akun IG kita dibobol, Disadap atau dimata-matai orang lain serta cara mengamankannya :

  • Buka Aplikasi Instagram dan masuk ke Profil
  • Di halaman Profil masuk ke bagian Menu di pojok kanan atas
  • Pilih opsi Pengaturan
  • Lalu pilih menu Keamanan
  • Di bagian Keamanan Login, masuk ke Aktifitas Login
  • Akan tampil halaman aktivitas login lengkap dengan Peta (Maps) yang menunjukkan lokasi terakhir ataupun login sedang aktif.
  • Pada bagian bawahnya terlihat daftar “Tempat anda login”, Lihat apakah itu benar lokasi dan nama pernagkat yang sedang dipakai saat ini?
  • Bila ternyata ada perangkat lain yang sedang aktif atau setidaknya pernah login dan itu bukan Anda, segera keluarkan agar tidak dapat lagi mengakses akun IG anda.
  • Cara mengeluarkan penyadap IG yang diketahui pernah login atau sedang aktif yaitu, klik tanda titik tiga di samping nama lokasinya dan pilih logout.
Baca juga:  Beberapa Metode Reset Hp Oppo Lupa Password
Menu pengaturan keamanan instagram

Cara Mengamankan IG agar tidak di Hack / Dibobol

Adapun tips untuk menghindari akun IG kita disadap atau dihack orang lain yaitu sebagai berikut:

  1. Merubah kata sandi
  2. Mengaktifkan Autentifikasi dua faktor
  3. Mengaktifkan Email keamanan dari Instagram
  4. Melakukan pemeriksaan keamanan

Penjelasan :

Ketika mencurigai akun Instagram kita diretas atau dipakai login orang lain, maka segeralah melakukan perubahan kata sandi.

Password yang kuat untuk akun IG sebenarnya sama seperti tips pembuatan ‘Stronger Password’ pada berbagai macam akun lainnya, diantaranya Gunakan Kombinasi Huruf, Angka dan character atau simbol khusus, serta hindari menggunakan sandi yang berhubungan dengan identitas semisal tanggal lahir, nomor ponsel atau sejenisnya.

Cara kedua yang paling kuat melindungi akun IG agar tidak mudah dibobol yaitu mengaktifkan autentifikasi dua faktor yang salah satunya menggunakan nomor ponsel untuk keamanan login.

Bila kita mengatifkan metode autentifikasi dua langkah keamanan di instagram, maka saat ada orang lain yang mencoba login ke akun Instaram kita akan membutuhkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor ponsel pemiliknya.

Baca juga:  Cara Download video Reel Instagram dan Menyimpan ke Galeri tanpa Aplikasi

Langkah ketiga untuk mengamankan akun IG supaya aman yaitu mengaktifkan Email pemberitahuan yang dikirim oleh pihak Instagram.

Setiap perubahan kata sandi maupun aktivitas login dari perangkat yang tidak terdeteksi sebelumnya akan selalu diperingatkan oleh pihak keamanan instagram.

Dimana pada email tersebut berisikan informasi ada perangkat baru yag sedang mengakses akun Instagram kita atau melakukan perubahan password, Sekaligus ditanya apakah itu benar kita yang melakukannya atau tidak.

Email pemberitahuan keamanan dari IG bisa diabaikan bila itu benar kita yang sedang login atau melakukan perubahan kata sandi, Namun bila bukan pemilik akun yang melakukan, silahkan lakukan pengamanan akun dengan secepat mungkin merubah kata sandi dan mengeluarkan pembobol akun IG dengan cara yang sudah admin bagikan diatas.

Yang terakhir yaitu Gunakan menu pemeriksaan keamanan di Instagram, dimana di dalam menu tersebut berisikan langkah-langkah pengamanan akun seperti pemeriksaan Nomor ponsel, Email, metode verifikasi 2 faktor dan aktifitas login penggunanya.

Demikianlah tutorial cara mengetahui dan melihat apakah akun Instagram kita disadap (di hack) orang lain atau tidak beserta langkah-langkah mengamankannya, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait