Cara Setting Play Store Agar Tidak Otomatis Update Aplikasi

Membuat HP Android tidak update aplikasi Otomatis dapat dilakukan dengan mengatur settingan pembaruan yang ada di menu aplikasi google play Store. Karena beberapa sebab tertentu seperti tidak ingin kehabisan kapasitas memori internal smartphone miliknya menjadikan pemilik HP Android enggan untuk memperbarui app secara berkala.

mematikan aplikasi update otomatis di android

Dalam setelan default atau bawaan aplikasi google play store yang kita install di smartphone android, bahwasanya setiap App yang kita unduh dari google play dan terinstall di HP Android akan terdeteksi oleh server google dan otomatis bila ada versi terbaru dari App yang bersangkutan maka update otomatis akan diberlakukan.

Bagi sebagian pengguna ponsel android, pembaruan otomatis aplikasi bisa menjadi masalah tersendiri, semisal setelah update ternyata tidak sesuai yang diharapkan malah terjadi error atau bahkan aplikasi tidak dapat dijalankan dan untuk kembali ke versi sebelumnya tidak bisa kecuali harus mengunduh Apk app dari market selain play store dan rawan terinfeksi virus atau malware.

Di satu sisi, keterbatasan kapasitas internal memori HP menjadikan pengguna android tidak ingin mengupdate aplikasi secara otomatis dan beberapa alasan lainnya. Silahkan baca juga tips Tips Mengatasi Play Store Gagal Install Aplikasi

Tips Mengatur Aplikasi Android agar tidak Update Otomatis

  1. Buka dahulu aplikasi google play di smartphone android, kemudian masuk ke opsi menu yang ada di bagian kiri atas (ikon berupa tanda garis tiga mendatar)
Baca juga:  Cara Transfer Pulsa Telkomsel sesama Simpati AS dan Loop

Setelan menu aplikasi di google play android

  1. Setelah itu pilih menu Setelan, dan di halaman tersebut pilih opsi ‘ Update aplikasi secara otomatis
  1. Ada tiga opsi pilihan yang bisa kita pilih sesuai keinginan diantaranya:

menonaktifkan update aplikasi otomatis di HP Android

– Melalui jaringan apa pun, yang bila kita memilih opsi ini maka pembaruan aplikasi di HP Android akan dilakukan otomatis pada semua sambungan internet seperti data Selular dan juga Wi-Fi

– Melalui Wi-Fi saja, pilihan ini bisa digunakan saat kita merasa kuota data selular minim dan ingin update aplikasi hanya melalui jaringan Wi-Fi saja

– Jangan Update aplikasi secara otomatis, Pilihan inilah yang bisa anda gunakan saat tidak ingin ada pembaruan apapun terhadap aplikasi di smartphone Meskipun data internet terhubung.

Pertanyaannya, Bagaimana kita tahu kalau ada versi terbaru aplikasi padahal posisi setelan pembaruan otomatis kita nonaktifkan ?

Meskipun kita mematikan pengaturan update otomatis aplikasi di google play store, Notifikasi akan addanya versi terbaru app akan tetap ditampilkan, sehingga kita bisa memperbaruinya secara manual bila diinginkan.

Baca juga:  Cara Split Layar 2 Aplikasi di HP Redmi Note 7 / Pro

Setelan notifikasi update google play

Namun bila ingin memastikan apakah pengaturan notifikasi pembaruan tersedia atau tidak, silahkan menuju ke Opsi Setelan di play store, kemudian masuk ke menuu ‘Notifikasi’ dan aktifkan opsi ‘update’. Nantinya akan ada pemberitahuan di status bar layar atas android bila ada versi terbaru aplikasi.

Kesimpulannya, meskipun kita menonaktifkan pembaruan app otomatis, sebaiknya secara berkala melakukan cek versi terbaru agar kita mendapatkan update aplikasi sehingga kinerja serta menu yang ada semakin optimal saat dijalankan.

Leave a reply "Cara Setting Play Store Agar Tidak Otomatis Update Aplikasi"