Tips Mengatasi Play Store di HP Vivo Gagal Install Aplikasi

Tips kali ini admin akan memberikan tutorial Cara mengatasi HP Vivo yang Gagal install aplikasi dari Google Play Store. Dimana Keberadaan google Play sangat penting bagi pengguna HP Android untuk mengunduh dan memasang Aplikasi dengan aman karena sudah difilter oleh google dari berbagai ancaman virus atau malware.

mengatasi Vivo gagal download aplikasi di play store

Kegagalan mengunduh aplikasi dari play store di HP VIVO bisa disebabkan beberapa hal, seperti masalah sistem, ketersediaan ruang memori yang tidak cukup, Koneksi data internet tidak stabil atau bahkan adanya masalah pada server google saat kita akses.

Mengatasi Problem HP Vivo Gagal Install Aplikasi dari Play Store

Bagi kamu pengguna HP Vivo Y71 Y81 Y83, Vivo V11, V9 dan Selainnya, lalu bermasalah pada saat mengunduh aplikasi dari google play store, silahkan simak beberapa penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

  1. Menghapus Cache

File cache yang menumpuk akan membuat penuh ruang memori internal HP Vivo. Meskipun cache pada dasarnya bermanfaat untuk memperccepat akses dari fitur aplikasi yang sering dibuka, namun bila terlalu banyak dan file tersebut sudah tidak digunakan lagi akan menyebabkan beban sistem.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan Face Beauty saat Video Call di Vivo V9

Silahkan Hapus cache di HP VIVO dengan mengakses menu pengaturan, lalu masuk ke setelan tambahan dan menuju ke manajemen Aplikasi. Silahkan hapus cache aplikasi Play store.

Simak tutorial Merubah Ruang Penyimpanan Kamera HP Vivo ke Kartu Memori

Untuk beberapa tipe Vivo bisa berlainan tempat penghapusan cache-nya, Namun intinya kita masuk ke menu aplikasi dan disana ada opsi untuk penghapusan.

  1. Berganti jaringan data Ke WiFi

Meski saat ini jaringan data selular sudah banyak yang berbasis 4G, namun pada sebagian daerah tertentu sinyal 4G belum bisa diakses, Bahkan sinyal 3G pun kadang kecepatan serta kestabilannya tidak sesuai iklannya.

Kegagalan menginstalll aplikasi dari play store di HP VIVO juga bisa disebabkan adanya pengaruh sinyal dan koneksi data internet yang tidak stabil.

Jadi pastikan HP android kita mendapat sinyal yang bagus dan bila perlu cobalah untuk menggunakan jaringan WIFI agar ransfer data lebih stabil untuk pengunduhan file aplikasi.

  1. Menghentikan aplikasi Berjalan

Banyaknya aplikasi yang berjalan dan masih terbuka di background HP VIVO juga dapat menyebabkan gagal menginstall atau mengunduh aplikasi dari play store.

Baca juga:  Cara Berbagi Internet HP Samsung J2 Prime ke Laptop

banyak aplikasi di HP VIVO

Biasakan untuk menutup app dengan sempurna yang baru saja kita buka, Gunakan tombol Recent app untuk membersihkan semua aplikasi yang sudah kita tutup.

  1. Bersihkan Data Aplikasi

Kita juga bisa membersihkan data aplikasi play store. Untuk menghapus data app google play store bisa masuk ke menu Pengaturan, lalu menuju ke manajemen aplikasi dan lakukan penghapusan Data.

Setelah data terhapus, nantinya saat kita membuka play store untuk pertama kali maka kita akan disuruh untuk login kembali dengan alamat email. Silahkan login dengan akun yang sama dengan GMAIL di HP VIVO kita. Lalu coba jalankan pengunduhan aplikasi kembali.

  1. Restart Ulang HP VIVO

Cobalah untuk memuat ulang sistem dengan mematikan dan menyalakan ulang HP VIVO. Biasanya ada crash pada sistem yang membuat jalannya Aplikasi play store bermasalah saat mengunduh dan menginstall aplikasi.

  1. Periksa Internal Memori

Kapasitas memori HP VIVO yang minim dan hampir habis bisa mengakibatkan kegagalan aplikasi play store dan app lainnya saat dijalankan.

Baca juga:  Cara matikan Layar Vivo V9 Tanpa tekan tombol Power

Bahkan terkadang Aplikasi menutup sendiri sesaat setelah dimainkan, Bisa jadi penyebabnya memori internal di HP VIVO sudah hampir habis. Sebaiknya sisakan minimal 500 MB agar pengunduhan aplikasi bisa dilakukan.

  1. Menghapus Aplikasi

Kita juga bisa mencoba menghapus beberapa aplikasi saat memori HP kita sudah hampir habis. Coba uninstall dua sampai tiga aplikasi dulu, kemudian coba jalankan play store kembali.

  1. Factory Reset HP VIVO

Untuk kasus tertentu, setelah semua opsi dilakukan sudah tidak mempan mengatasi google play store sulit untuk mengunduh dan menginstall App, kita bisa mereset ulang pengaturan VIVO ke settingan pabrikan alias factory reset.

Error sistem di HP VIVO bisa diatasi dengan reset ulang sehingga semua pengaturan jaringan, settingan data aplikasi dan beberapa setelan sistem kembali seperti keadaan kita baru beli HP baru.

Demikianlah cara mengatasi HP VIVO yang selalu gagal mengunduh dan install aplikasi dari google play store, silahkan dipraktekkan dan semoga bermanfaat.

Leave a reply "Tips Mengatasi Play Store di HP Vivo Gagal Install Aplikasi"