Apa saja Fungsi REBOOT DI hp android itu?

Apa arti dan fungsi Reboot di HP Android – Mungkin sebagian pengguna HP Android sudah familiar dengan kata Reboot atau seringkali disebut dengan Restart. Namun bagi sebagian yang lain tentunya kata itu masih asing dan jarang terdengar apalagi tahu apa maksud dari adanya menu Reboot tersebut.

fungsi reboot di HP Android

Apa beda Restart dan Reboot

Pada sebuah sistem operasi, entah itu Android, iOS, Blackberry atau OS di komputer seperti Windows dan Linux, semua fungsi restart maupun reboot sering kita jumpai dan bahkan seringkali dibunakan oleh penggunanya.

Sebelum menjawab apa itu reboot, lebh baik kita tahu dahulu apa itu booting. Sebuah perangkat elektronika yang menjalankan sebuah sistem operasi didalamnya ketika pertama kali dinyalakan maka itu disebut dengan proses booting.

Booting sendiri berfungsi melakukan persiapan segala hal sebelum sistem operasi siap dan masuk ke dalam tampilan utama sehingga bisa digunakan oleh penggunanya.

Saat booting berlangsung, semua perangkat keras (hardware) dan juga beberapa script dijalankan, bilamana semua telah siap digunakan maka proses selanjutnya sistem akan memuat berbagai keperluan untuk tampilan dan semua yang terkait dengan apa yang terinstall di perangkat tersebut.

Baca juga:  Cara Setting Internet APN Axis 4G Tercepat

Bilamana booting mengalami masalah, semisal ada hardware yang trouble seperti RAM rusak, maka sistem tidak akan memperbolehkan untuk melanjutkan pekerjaannnya dan akhirnya perangkat tersebut tidak bisa menyala dengan sempurna.

Baca Juga:

Suatu contoh, seringkali pengguna android mengalami yang namanya bootloop alias tampilan hanya logo saja ketika baru saja ponsel dinyalakan. itu disebabkan adanya beberapa script yang tidak bisa berjalan, entah scriptnya hilang atau ada perangkat lain yang error sehingga tidak bisa masuk ke tampilan utama.

Apa itu Reboot atau restart ?

Bagi anda pengguna HP Android, pengguna PC atau perangkat lain yang belum tahu apa itu reboot sebenarnya pegertiannya sangat mudah.

Reboot atau restart adalah memulai ulang atau memuat ulang sistem untuk tujuan tertentu, seperti baru saja menginstall aplikasi, ingin RAM agar fresh kembali, agar sistem kembali sehat dan tidak lemot dan mengatasi beberapa kendala yang disebabkan kegagalan sistem.

Baca juga:  Beda Soft Reset dan Hard reset di HP Android

Fungsi Reboot / Restart

Adapun untuk fungsi kita melakukan reboot di HP Android atau perangkat komputer diantaranya sebagai berikut:

1. Refresh sistem

Ketika kita menekan tombol reboot atau restart di HP Android maka seluruh file temporary dan file sampah yang tidak dibutuhkan akan dihapus, dan saat ponsel kembali menyala maka sistem akan kembali fresh dan siap untuk digunakan secara optimal.

2. Mengosongkan RAM

Reboot di HP Android juga berfungsi membuat kapasitas RAM kembali normal dan tidak disesaki oleh file yang tidak diperlukan.

RAM yang penuh sesak dengan file yang sudah tidak dibutuhkan lagi bisa memperlambat kinerja prosesor dan membuat jalannya sistem lemot tidak responsif lagi.

3. Mengatasi gagal sistem

Terkadang aplikasi yang tadinya tidak bermasalah menjadi tidak bisa dibuka atau bahkan error saat digunakan. Adapula beberapa menu yang ada di ponsel tidak dapat diakses, ada fitur yang tiba-tiba hilang dan sebab lainnya.

Oleh sebab itu, dnegan melakukan restart atau reboot akan bisa mengembalikan keadaan tersebut sehingga sistem kembali pulih yang diakibatkan oleh crash pembacaan file.

Baca juga:  Membuka WhatsApp selalu keluar tanggal salah, ini Solusinya!

Namun bila sesudah reboot atau setelah memuat ulang ponsel tidak mengatasi masalah maka bisa dimungkinkan ada bagian sistem atau aplikasi yang memang corrupt file-nya dan harus dilakukan install ulang, bisa factory reset atau bahkan flashing.

4. Setelah install aplikasi

Adakalanya ada beberapa aplikasi yang mengharuskan penggunannya untuk melakukan restart (reboot) terlebih dahulu saat pertama kali aplikasi baru saja dipasang.

Proses reboot saat sesudah pemasangan aplikasi bisa membuat pembacaan dna jalannya aplikasi lancar dan semua menu didalamnya bisa diakses secara normal.

5. Jaringan bermasalah

Adakalanya reboot juga sangat ampuh untuk mengatasi jaringan data internet atau koneksi selular yang sedang bermasalah.
Ketika menghadapi semisal koneksi internet lemot atau jaringan putus nyambung, cobalah melakukan reboot terlebih dahulu agar sistem menjadi fresh dan koneksi kembali lancar.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai apa arti dan fungsi dari reboot di HP android, semoga bermanfaat untuk pembaca Gusinfo.com, terima kasih.

Tags:

Leave a reply "Apa saja Fungsi REBOOT DI hp android itu?"