Menambah Kapasitas RAM di HP OPPO dari Menu RAM Expansion

Salah satu fitur andalan smartphone OPPO keluaran terbaru adalah RAM Expansion, dimana penggunanya bisa menambah kapasitas RAM menjadi dua kali lipat dari bawaan Handphone. Dengan demikian, Menjalankan aplikasi secara multitasking akan semakin lancar dan Main Game bebas nge-Lag.

Memangnya kapasitas RAM ponsel bisa ditambah ?, Jawabannya bisa, Namun bukan dalam artian menambah komponen fisik RAM-nya, Tapi memakai memori internal smartphone yang dipinjam atau dialokasikan sebagai RAM Virtual.

Sebenarnya fitur menambah RAM sudah ada sejak dulu di sistem operasi seperti Windows 7 dan diatasnya. Dan saat ini teknologi RAM Expansion sudah diterapkan di sistem Android ponsel OPPO. Tentunya secara logika apabila fitur Expansion RAM diaktifkan, maka akan mengurangi kapasitas penyimpanan internal smartphone.

Pada settingan bawaan HP OPPO, RAM Expansion sudah diaktifkan otomatis dengan tingkat Medium, yang berarti hanya setengah dari kapasitas maksimum yang disediakan.

Menambah RAM OPPO tanpa Aplikasi

Lalu bagaimana cara menambah RAM HP OPPO supaya kapasitasnya menjadi dua kali lipat ?, simak tutorialnya dibawah ini:

Baca juga:  Cara Membuat Baterai OPPO tidak cepat Drop
  1. Masuk ke menu pengaturan atau Settings di HP OPPO
  2. Lalu pilih opsi About Device atau Tentang Perangkat
  3. Pilih menu RAM
  4. Pada RAM Expansion geser pilihan ke kapasitas RAM paling tinggi (atau yag dikehendaki)
  5. Bila sudah, Keluar dari menu settings
  6. Kemudian Restart atau muat ulang sistem OPPO
  7. Ukuran RAM akan bertambah dua kali lipat dari sebelumnya
menambah memori RAM HP OPPO

Untuk memastikan dan melihat berapa kapasitas RAM di HP OPPO, masuk ke menu About Device, Disana akan terlihat dua ukuran, yang disebelah kiri kapasitas RAM bawaan OPPO dan angka sebelah kanannya adalah virtual RAM tambahan yang diambil dari internal memori ponsel.

Fitur RAM Expansion di OPPO bisa dikembalikan atau bahkan dinonaktifkan apabila diperlukan, seperti saat kapasitas penyimpanan sudah hampir habis.

Sebagai catatan, tidak semua tipe Smartphone OPPO bisa ditambah ukuran RAM-nya. Dan sebagai contoh salah satu tipe HP OPPO yang bisa ditambah kapasitas RAM sampai dua kalinya yaitu OPPO RENO 8.

Dimana Pada OPPO Reno 8 dengan RAM Bawaan 8GB bisa digandakan sampai 16GB dengan mengaktifkan fitur RAM Expansion.

Baca juga:  Cepat dan Mudah Membuat Deskripsi dan Keyword Foto di Shutterstock
menambah memori RAM HP OPPO
Next Post

No more post

Artikel Terkait