Langkah Membuat VCN dari BNI Mobile Banking Mudah dan Cepat

Pernahkah Anda mendengar istilah BNI Debit Online saat melakukan transaksi? Istilah ini rupanya digunakan sebagai salah satu inovasi pembayaran yang sah. Tujuannya adalah menjangkau pembayaran online yang aman, mudah dan nyaman. Belanja online biasanya juga dapat diakhiri dengan metode pembayaran tersebut.

proses pembuatan kartu VCN

Sederhananya model pembayaran tersebut mirip dengan kartu berlogo MasterCard produk BNI. Namun penggunaannya untuk transaksi belanja dan pembayaran online. Sementara sumber dananya berasal dari tabungan atau giro yang dimiliki oleh perorangan di Bank BNI. Saat ini model pembayaran tersebut sedang trend seiring meningkatnya pengguna internet.

Mekanisme pembayarannya memanfaatkan VCN BNI. Virtual Card Number sudah digunakan oleh nasabah BNI pada umumnya. Apalagi bagi mereka yang sering melakukan transaksi pembayaran online. Virtual Card Number dari Bank BNI merupakan data informasi dari rekening debit online. Data yang dimaksud berupa nomor kartu virtual.

Nomor tersebut berjumlah 16 digit dengan angka yang bervariasi. Selain digit angka informasi data juga berupa masa berlaku kartu yang biasanya dikenal tercantum dengan tulisan “mm/yy”. Dalam hal ini nomor cvc yang berjumlah tiga digit juga menjadi bagian dari data debit.

Baca juga:  Cara Aktivasi M-banking BCA Tanpa Perlu Berlama-Lama

Rangkaian informasi tersebut biasanya diperoleh lewat sms. Nasabah adalah pihak yang menerima sms dari kegiatan permintaan Virtual Card Number lewat channel BNI SMS Banking. Biasanya Virtual Card Number bisa digunakan untuk membayar pembelian barang atau tagihan di merchant online yang berlogo MasterCard.

Fungsi VCN bagi Para Nasabah BNI

Berbagai keuntungan bisa didapatkan nasabah BNI apabila telah mengaktifkan Virtual Card Number. Hal tersebut sesuai dengan fungsi penggunaan Virtual Card Number. Fungsi pertama adalah sebagai piranti pengganti kartu kredit. Popularitas kartu kredit memang sudah ada sejak lama. Banyak orang memanfaatkan kartu kredit sebagai metode pembayaran.

Misalnya untuk membayar tagihan belanja di mall. Selain itu beberapa kalangan juga menggunakan kartu kredit untuk membayar beberapa tagihan online. Namun untuk memiliki kartu kredit tidaklah mudah. Biasanya ada beberapa kendala yang dihadapi kebanyakan orang. Sehingga akhirnya mereka gagal mendapatkan kartu kredit.

Dalam hal ini fungsi dari kartu debit online BNI sebagai pengganti kartu kredit. Mereka yang tidak bisa mendapatkan kartu kredit bisa memanfaatkan Virtual Card Number. Secara umum fungsinya sama sebagai metode pembayaran online. Kartu tersebut dilengkapi dengan tiga aspek penting dalam hal pembayaran.

Baca juga:  Transfer LinkAja ke GoPay dan DANA Via Aplikasi tanpa Ke ATM

Ketiganya yaitu keamanan, kecepatan dan kemudahan dalam membayar tagihan di berbagai platform belanja. Selain itu fungsi lainnya yaitu untuk meningkatkan inovasi dalam hal metode pembayaran. Nasabah dapat memilih sendiri metode pembayaran yang cocok. Lebih dari itu pembayaran lewat kartu online ini sangat praktis.

Beberapa merchant yang hanya bisa mendukung pembayaran kartu kredit dapat dijangkau lewat Virtual Card Number. Seperti pembayaran pendaftaran developer Play Store. Menariknya bank BNI juga kerap memberikan voucher casback bagi para pengguna Virtual Card Number. Payment biasanya sukses dalam hitungan menit saat menggunakan kartu tersebut.

Membuat Kartu VCN di Mobile Banking

Agar bisa mendapatkan Virtual Card Number dari Bank BNI ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama yaitu calon pemohon mempunyai Rekening Tabungan maupun Giro Perorangan BNI. Pemohon juga harus mempunyai kartu debit dengan logo mastercard. Kedua Anda perlu mengaktivasi BNI SMS Banking terlebih dahulu.

Untuk melakukan aktivasi SMS Banking Anda diharuskan menuju kantor cabang BNI terdekat. Jika Anda hendak membuat Virtual Card Number maka diperlukan aktivasi aplikasi Mobile Banking. Untuk mengaktivasi Mobile Banking nasabah hanya perlu mengunjungi kantor pusat atau cabang BNI terdekat.

Baca juga:  Cara Beli Pulsa Listrik Via BNI Mobile Banking

Anda dapat melanjutkan pembuatan Virtual Card Number dengan mobile banking. Request Virtual Card Number diperlukan agar Anda mendapatkan 16 digit number dan masa berlaku vcn. Unduh aplikasi Mobile Banking lewat Play Store. Kemudian masuk menggunakan akun debit Anda. Pilih menu “Produk dan jasa lainnya”.

Setelah itu Anda akan dibawa pada beberapa menu layanan. Pilih salah satu diantaranya yaitu BNI Debit Online dan lanjutkan dengan memasukkan rekening debet. Jangan lupa untuk mengisi nominal limit permintaan Virtual Card Number dan pasword. Setelah itu Anda akan mendapatkan notifikasi permintaan yang sukses dilakukan.

Pada tahapan terakhir Anda akan mendapatkan email notifikasi data Virtual Card Number yang telah sukses dilakukan. Data tersebut tidak boleh diberikan kepada orang lain karena sifatnya rahasia. Setelah mengaktifkannya Anda bisa mengetahui limit transaksi kartu debit online BNI dan masa pakainya.

Artikel Terkait