Cara Cek Potongan Listrik 900 VA dan Gratis pembayaran 450 VA

Mulai bulan April sampai Juni 2020, Tepatnya 3 bulan berturut-turut pelanggan listrik PLN akan mendapat subsidi dari pemerintah, berupa potongan sebesar 50 Persen untuk daya 900VA dan gratis pembayaran bulanan untuk daya 450VA.

diskon gratis biaya listrik april mei juni 2020

Penggratisan biaya listrik pengguna 450 VA dan diskon pulsa listrik ataupun yang bulanan sesuai arahan dari Presiden RI Joko Widodo. Dimana ada kualifikasi khusus bagi yang berhak mendapat subsidi dari pemerintah untuk program stimulus dampak Covid-19 di Indonesia, Jadi tidak semua pelanggan mendapat jatah tersebut.

Siapa yang berhak mendapat diskon 50 persen dan yang memperoleh gratis biaya bulanan listrik selama 3 bulan mulai April sampai Juni ?

Baca juga: Cara Beli Token listrik melalui SMS banking BNI dan Cara lihat nomor meteran PLN yang hilang atau Lupa.

Di bawah ini adalah kode daya listrik yang mendapat jatah gratis dan diskon pembayaran dari Pemerintah:

  • R1/450 VA dan R1T/450 VA (Gratis biaya bulanan)
  • R1/900 VA dan R1T/900 VA (Diskon Token / pembayaran)

Sedangkan bagi Kode pengguna listrik 900 VA yang tidak mendapat diskon adalah :

  • R1MT/900 VA
  • R1M/900 VA (Golongan Mampu)
contoh kode daya listrik dapat potongan gratis pemerintah

Unuk mengetahui kode daya apakah kita termasuk pelanggan PLN yang mendapat gratis atau subsidi potongan pembayaran, silahkan buka kembali struk atau nota rekening lisrtik, Tepatnya di bagian tulisan ‘Tarif/Daya’.

Baca juga:  Cek Listrik Gratis Via WhatsApp (Subsidi April-September 2020)

Bagi pelanggan prabayar dengan pulsa atau Token, gratis stroom untuk pengguna 450 VA dan diskon 50 Persen pengguna 900 VA dapat diperoleh berupa Token listrik yang dapat diinput ke meteran listrik.

Cara Cek Diskon dan Gratis Pembayaran Listrik

Apabila anda tidak mengetahui apakah termasuk pelanggan Listrik golongan bersubsidi atau tidak, Atau ingin mengetahui apakah benar kita termasuk pelanggan dengan pembayaran gratis (450 VA) dan diskon 50 persen (900 VA), silahkan simak caranya di bawah ini.

a. Melalui Situs Resmi PLN

Cek gratis biaya dan diskon listrik
  • Jalankan Browser di Smartphone atau Komputer
  • Lalu ketik alamat situs PLN yaitu www.pln.co.id
  • Selanjutnya pilih ‘Gratis/Diskon Stimulus PSBB‘ yang ada di deretan menu kiri
  • Masukkan IDPEL rekening listrik, Lalu tekan tombol ‘Cari
  • Bila proses pencarian berhasil, maka kolom info pelanggan akan otomatis terisi dengan data pelanggan
  • Lihat di bagian kolom Gratis / Diskon stimulus PSBB dan pada kolom keterangan, berapa nilai subsidi yang diberikan
Contoh pelanggan PLN dapat gratis pembayaran dan tidak

b. Melalui Pesan WhatsApp

  • Simpan Nomor WhatsApp PLN 08122123123 di ponsel
  • Chat WA ke nomor PLN diatas dan ikuti petunjuk yang diberikan, sperti memasukkan IDPEL atau nomor meter listrik
  • Bila hasil pencarian berhasil, maka Token listrik gratis akan diberikan dan siap digunakan.
Baca juga:  Cara Beli Pulsa Listrik Via BNI Mobile Banking

Pada contoh gambar diatas terlihat pelanggan listrik prabayar memperoleh pulsa Token / Stroom yang bisa langsung digunakan.

Update : Pemerintah memperpanjang masa pemberian subsidi listrik gratis sampai September 2020, Jadi kalau total 6 Bulan. Simak tutorial : cara mengambil token listrik Bulan Juli – September 2020 via pesan WhatsApp.

Solusi Error saat Pengecekan Subsidi / Gratis Pembayaran listrik

1. Lihat pesan Error yang muncul di layar

Bila sesaat setelah menekan tombol ‘Cari’ ternyata ada tulisan “Mohon maaf informasi belum tersedia dan akan diperbaharui secara bertahap paling lambat 11 April 2020…dan seterusnya”, silahkan coba dikemudian esok hari karena data dari pusat data PLN belum tersedia.

2. Notifikasi tidak memperoleh kompensasi

Bila muncul pesan error di layar bertuliskan ” Mohon maaf token kompensasi saat ini hanya diberikan kepada pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi (Sesuai basis data terpadu TNP2K)”, berarti anda tidak termasuk golongan pelanggan yang masuk dalam program tagihan gratis atau diskon 50 Persen.

3. Server PLN sibuk / Overload

Baca juga:  Cara Lihat Nomor Meter PLN bila ID Hilang

Karena banyaknya pelanggan yang mengakses situs resmi PLN, maka suatu saat akan terjadi error saat anda mengakses alamat situs.

Yang sering terjadi, sesaat setelah mengakses alamat pln.co.id di browser dan halaman tidak kunjung terbuka, bahkan sampai ada notifikasi ‘Waktu terhubung habis’ di browser, pertanda server sedang overload dan bandwidth PLN akan memberlakukan sistem antrian masuk.

Solusinya, bila anda susah untuk masuk ke situs PLN untuk mengecek apakah dapat subsidi gratis 3 bulan pembayaran listrik atau diskon 50 Persen, maka coba di lain waktu.

Saran saya, cobalah mengakses situs PLN pada jam longgar seperti pada malam hari jam 10 keatas. Dimana siang hari umumnya banyak orang yang sedang aktif mengakses situs sehingga bandwidth server tidak mencukupi (Overload).

Pada beberapa kasus pengguna, melakukan pengecekan diskon atau gratis pembayaran listrik melalui whatsApp juga mengalami banyak problem.

Admin sarankan untuk melakukan pengecekan subsidi listrik dari situs resmi PLN menggunakan smartphone dan waktunya di malam hari saat server tidak banyak pengunjungnya.

Simak Video Tutorial Cara mendapat Pulsa Token listrik gratis 3 Bulan di bawah ini :

Besarnya subsidi listrik selama 3 bulan berturut-turut merupakan akumulasi rata-rata penggunaan selama bulan Desember 2019 sampai Februari 2010. Jadi tidak semua pelanggan mendapat jatah yang sama.

Itulah informasi cara mendapat token gratis PLN dari program stimulus dampak Covid-19 untuk golongan daya 450 VA dan 900 VA (bersubsidi),semoga bermanfaat.

Leave a reply "Cara Cek Potongan Listrik 900 VA dan Gratis pembayaran 450 VA"