Cara Bayar Tagihan Listrik PLN dari BNI Mobile Banking

Melakukan pembayaran tagihan listrik bulanan melalui aplikasi BNI Mobile banking memberikan berbagai manfaat, seperti tidak harus keluar rumah ke loket pembayaran atau menuju mesin ATM. Cukup melakukan transaksi pelunasan dari smartphone android atau iPhone bisa lebih cepat dan aman.

pembayaran listrik bulanan dari BNI Banking

Seperti diketahui, Di dalam selain bisa digunakan untuk membayar tagihan Listrik, kita juga dapat membeli token listrik dari aplikasi BNI Mobile Banking, Membayar iuran Asuransi BPJS kesehatan, Membeli pulsa dan Data internet serta banyak lagi transaksi yang dapat dilakukan selain yang sudah umum seperti transfer sesama maupun antar bank.

Sebelum dapat melakukan transaksi finansial di Aplikasi BNI Moble, pemilik rekening pertama kali harus mendaftarkan nomor telepon dan permintaan aktivasi melalui kantor cabang BNI terdekat. Jadi bagi anda yang merasa sudah mengaktifkan SMS banking, tetap harus melakukan permintaan pengaktifan penggunaan aplikasi mobile agar dapat bertransaksi melalui smartphone.

Simak juga cara beli token listrik melalui BNI SMS Banking dan Cara melihat nomor meter atau ID pelanggan listrik bila Hilang.

Baca juga:  Melihat Bukti Transaksi BNI di Aplikasi Mobile Banking Terbaru

Bagi nasabah yang baru saja memakai aplikasi Mobile banking, tentunya harus terbiasa dulu dengan menu yang ada, seperti fungsi dan letak menu transfer, Pembayaran, Pembelian, menu administrasi dan lain sebagainya.

Cara Membayar Tagihan PLN dari BNI Mobile

  1. Jalankan Aplikasi dan login ke akun BNI Mobile dengan user ID serta MPIN anda
  2. Masuk ke menu Pembayaran, Kemudian pilih menu Listrik
  3. Di halaman pembayaran, tekan tab Input Baru
  4. Masukkan ID Pelanggan di bagian IDPEL atau nomor meter listrik anda
  5. Bila ingin menyimpan ke daftar favorit, beri nama dan centang di bagian “Simpan ke daftar favorit
  6. Setelah itu tekan tombol lanjut dan tunggu server BNI melakukan pembacaan data
  7. Bila memang ada tagihan yang harus dibayar, akan muncul halaman detail pembayaran yang berisi nama pemilik nomor meter listrik beserta biaya tagihan serta biaya admin yang harus dibayar
  8. Untuk melanjutkan pembayaran, tekan tombol Lanjut dan Masukkan password Transaksi BNI Mobile banking anda
  9. Bila berhasil, akan keluar bukti atau struk pembayaran listrik yang bisa didownload atau disimpan ke memri ponsel.
Baca juga:  Cara Isi Saldo TCASH Wallet via BNI Mobile Banking
Menu pembayaran listrik di aplikasi BNI android

Bila ada tulisan di halaman aplikasi seperti “Tagihan bulan … belum tersedia” berarti memang belum ada data di bulan tersebut dari PLN. Bisa juga ada program subsidi dari pemerintah seperti gratis tagihan listrik bulanan seperti pada bulan April sampai September 2020 untuk kompensasi Covid-19.

Bisa juga permasalahan ada sesaat setelah memasukkan password transaksi di aplikasi BNI Banking, seperti transaksi gagal atau saldo tidak mencukupi. Bila ada error seperti tulisan transaksi gagal, bisa disebabkan karena jaringan internet terputus tiba-tiba atau tidak stabil.

Admin juga pernah mengalami masalah seperti saat membayar tagihan listrik dari BNI Mobile banking setelah memasukkan password transaksi ada tulisan gagal di layar namun saldo rekening berkurang.

Untuk memastikan apakah tagihan benar-benar sudah terbayar, saya langsung menghubungi CS BNI online dan meminta penjelasan saldo berkurang tapi transaksi gagal di aplikasi. Setelah dikonfirmasi dan dilakukan validasi memang tagihan listrik saya sudah terbayar.

Jadi bagi anda yang memiliki permasalahan penggunaan aplikasi mobile banking BNI seperti problem transfer, pebelian, pembayaran, pemblokiran ATM dan lain sebagainya bisa menghubungi call center BNI di 1500046, melalui Email bnicall@co.id atau langsung mendatangi layanan kantor BNI terdekat.

Baca juga:  Cara Mengatasi Kartu Debit Mandiri Tertelan Mesin ATM

Itulah pembahasan singkat cara membayar tagihan listrik bulanan dari aplikasi BNI Mobile beserta pemecahan masalah yang mungkin timbul saat melakukan transaksi online, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait