Cara Konek Honor Band 5 ke Ponsel dari Aplikasi Huawei Health

Gelang Jam pintar Honor Band 5 menjadi varian tertinggi sebagai peerus seri 4. Dimana produk Huawei ini memiliki fitur tambahan seperti pengukur kadar Oksigen darah (SpO2) serta koleksi face (tema) yang lebih banyak dari seri sebelumnya.

Koneksi Honor band 5 ke android
Image : Gelang Jam Honor Band 5

Sesaat setelah membeli Honor Band 5 versi China, pertama kali dinyalakan maka tampilan berupa bahasa China, sehingga untuk merubahnya diperlukan aplikasi khusus yang bernama Huawei Health yang terpasang di smartphone. Sehingga sesaat sesudah proses pairing via bluetooth berhasil antara gelang Honor band dengan ponsel berhasil, maka otomatis bahasa akan berubah menjadi Inggris sebagai defaultnya.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara sinkron Honor Band 5 ke smartphone android pertama kalinya ?, apa saja yang harus dipersiapkan dan apakah bisa diubah ke bahasa Indonesia tampilannya ?. Untuk itu mari simak tipsnya di bawah ini.

Cara Pairing Honor Band 5 ke Smartphone

Tips ini bisa juga digunakan untuk Honor Band 3, 4 atau 5. Selain itu dengan menggunakan Huawei Health yang terpasang di ponsel bisa untuk menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dalam satu aplikasi, seperti Huawei Watch GT Series, Honor Watch Magic, Honor band Running, Talkband dan beberapa produk wearable Huawei lainnya.

1. Download dan install aplikasi Huawei Health di Play store

2. Setelah terpasang, kita belum bisa menggunakannya karena harus menginstall lagi aplikasi “Huawei Mobile Service“, silahkan unduh juga.

Baca juga:  Kelebihan Hongmeng / ARK Sistem Buatan Huawei pengganti Android

3. Kemudian buka aplikasi Huawei Health (Bila smartphone berbahasa Indonesia maka otomatis nama aplikasi berubah ‘Kesehatan‘)

4. Karena harus login dulu , maka wajib registrasi untuk mendapat Huawei ID. Caranya gampang, Klik opsi ‘Registrasi‘.

5. Sobat bisa menggunakan alamat email atau Nomor HP untuk mendaftar di akun Huawei, terserah.

Proses pairing honor band ke android

6. Next, Bila sudah login dan aplikasi Huawei Health terbuka, waktunya menambahkan perangkat baru untuk dikenali, tekan tombol ‘+’ di pojok kanan atas.

7. Cari nama “Honor Band 4/5” dan pilih. Setelah itu nyalakan Honor Band 5 sobat (cara menyalakannya, pasang konektor adapter charge ke bodi jam, lalu hubngkan ke adaptor ponsel atau powerbank)

8. Tunggu sampai perangkat Honor Band dikenali oleh smartphone. Bila sudah terhubung, akan tampil notifikasi untuk update firmware terbaru Honor Band.

9. Tunggu sampai Update firmware selesai 100 Persen dan honor band restart dengan sendirinya.

10. Bila Gelang jam sudah menyala, akan terlihat tampilan bahasa sudah berubah dari China jadi Inggris dan gelang jam Honor sudah bisa digunakan sesuai fungsinya. Pada aplikasi juga bisa kita lihat ikon Terhubung dan status baterai dari gelang Honor band.

Status koneksi dan baterai di aplikasi huawei health

Mengapa Update Firmware Honor Band 5 Selalu gagal ?

Karena menggunakan perantara koneksi Bluetooth, maka proses transfer data dari ponsel ke Jam Honor band juga membutuhkan waktu. Dari pengalaman saya, perkiraan waktu update firmware adalah 15-20 Menitan, jadi bersabarlah dan jangan menutup aplikasi Huawei health saat proses pembaruan firmware berlangsung.

Baca juga:  3 Cara Screenshot di HP Huawei Nova 3i dengan Cepat

Bila ternyata gagal untuk update firmware di honor band 5 setelah beberapa kali dicoba, restart smartphone dan restart juga gelang Jamnya.

Setelah itu, pastikan posisi honor band 5 dekat dengan ponsel, jangan dibawa jalan-jalan karena semakin jauh dari ponsel semakin lemah proses transfer datanya.

Mengapa tidak ada menu SpO2 di Honor Band 5 ?

Untuk beberapa varian produk Honor Band 5 tidak disertai fitur pengukur kadar oksigen darah (SpO2). Namun setelah anda melakukan update firmware dengan versi terbaru, maka otomatis fitur ini bisa digunakan.

Bagaimana Menyalakan dan mematikan Honor Band 5 ?

Pada kondisi tertentu, seperti gelang Honor kehabisan baterai atau baru beli baru, kondisinya pasti akan mati. Untuk menyalakan cukup dengan memberi arus seperti proses pengisian daya.

Untuk menonaktifkan gelang Honor band 5 bisa melalui menu Setelan (ikon roda gigi), lalu pilih System >> Power Off. Anda juga bisa restart dan reset ulang melalui menu system.

Bagaimana Merubah bahasa Honor Band 5 ke Indonesia ?

Untuk versi China memang tidak bisa diubah, default-nya sesaat setelah proses pairing ke ponsel bahasa gelang jam akan berubah ke Inggris meski bahasa di smartphone sudah Indonesia.

Baca juga:  Cara Reset HP Honor 9 Lite saat Lupa Pola Layar

Karena versi Global belum ada untuk saat ini (saat artikel ini admin muat) maka kita hanya bisa pasrah menggunakan Honor band dengan tampilan bahasa inggris saja. Dengan bahasa sederhana dan tampilan yang mudah dipahami, saya yakin tidak akan sulit beradaptasi dengan Jam Honor band. Apalagi untuk aplikasinya sudah mensupport bahasa Indonesia, jaddi mudah untuk dimengerti.

Fitur dan Spesifikasi Honor Band 5

Adapun fitur dan spesifikasi yang dibawa Honor band 5 tidak jauh beda dengan honor band 4, semua hampir sama. Yang membedakan ada pada menu penguur kadar O2 darah (SpO2) serta Tema (face) yang banyak pilihannya daripadda versi 4.

Layar Honor Band 5 sudah berteknologi AMOLED Full Color, dimana teknologi layar ini mampu menghemat pemakaian daya dan tetap cerah terlihat meskipun pada terik matahari.

Kalau ditanya lebih bagus mana Mi band 4 dengan Honor Band 5 ?, semua sesuai selera, ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun menurut saya, Honor Band 5 lebih unggul daripada milik Mi Band 4 (itu menurut pendapat saya pribadi lho).

Dibandingkan Mi Band 4, Honor band 5 layarnya lebih tahan goresan benda tajam, Menu yang mudah dimengerti, tampilan di aplikasi huawei health juga mudah digunakan, layar lebih terlihat ternng ketika digunakan di luar ruangan, meskipun kekuatan baterai lebih bagus mi Band 4 (Tergantung pemakaian sih, hehe).

Fitur Honor Band 5 diantaranya bisa menerima notifikasi pesan, Pengukur detak jantung, mengukur jumlah oksigen dalam darah, Swim Stroke recognitions, Notifikasi panggilan, Intelligent sleep data, fitness mode yang beragam pilihannya dan lain sebagainya.

Leave a reply "Cara Konek Honor Band 5 ke Ponsel dari Aplikasi Huawei Health"