Cara Mengaktifkan Format Foto HEIF di HP Samsung Galaxy

Untuk beberapa smartphone Samung galaxy Terbaru memiliki fitur untuk menghemat kapasitas ruang memori, salah satunya dengan mengaktifkan Format Foto HEIF. Lalu apa Efeknya dan bagaimana cara melakukannya ?

Penyimpanan format foto HEIF di Samsung galaxy

Seperti diketahui bahwasanya File gambar yang dihasilkan dari jepretan kamera HP Samsung memiliki format JPG. Yang mana selain resolusinya bagus juga tidak mengurangi kualitas gambar dan dapat menyimpan informasi metadata didalamnya.

Namun berkaca dari smartphone iPhone yang sudah menggunakan HEIF picture Format pada photo, maka pihak samsung juga memiliki fitur yama pada beberapa produk smartphone miliknya.

Apa itu Format Gambar HEIF ?

High Efficiency Image File adalah format image yang lebih bagus daripada JPEG standar. Dimana saat file foto tersimpan dalam format HEIF maka selain ukuran filenya lebih kecil juga akan berdampak menghemat kapasitas ruang memori.

File gambar HEIF di HP Samsung Galaxy meskipun ukurannya lebih kecil daripada JPEG, namun kualitas serta resolusi masih tetap bagus. Bahkan format ini sudah banyak diadopsi oleh berbagai perangkat smartphone untuk mempercepat loading image dan hemat ruang memori.

Baca juga:  Cara Ubah Jaringan 4G slot SIM 2 HP Samsung Galaxy

Mengaktifkan Format Foto HEIF HP Samsung Galaxy

Di bawah ini admin berikan contoh untuk mengaktifkan fitur penyimpanan file foto dengan format HEIF saat memotret image dari Galaxy seri A seperti A30 dan A50. Cara yang sama juga dapat diaplikasikan ke HP Samsung tipe lain yang sudah support fitur ini.

Menu Setting Kamera HP Samsung
  1. Jalankan aplikasi kamera bawaan HP samsung
  2. Kemudian pilih menu pengaturan yang ada di bagian deretan atas berupa ikon roda gigi
  3. Setelah itu pilih menu “Save Option” (Piihan Penyimpanan)
  4. Lalu aktifkan fitur HEIF Picture (Photo)
  5. Tutup kembali menu setting kamera dan siap untuk anda coba

Perlu diperhatikan, nanti ketika anda memotret objek atau berfoto selfie, maka file yang dihasilkan akan berformat HEIF bukan JPG seperti settingan standar HP Samsung.

Namun demikian file foto tetap dapat diakses via galeri seperti biasanya, dan saat anda melakukan share ke media sosial atau Web, tidak semua perangkat bisa membukanya kecuali sudah memiliki fitur HEIF juga.

Baca juga:  Cara matikan Layar Vivo V9 Tanpa tekan tombol Power

Leave a reply "Cara Mengaktifkan Format Foto HEIF di HP Samsung Galaxy"