Lupa Kunci Layar HP Samsung A10 A20 A30, Bagaimana Membukanya ?

Permasalahan tidak bisa membuka kunci layar di HP Samsung A10 A20 dan tipe lainnya karena lupa pola atau sandi masuknya tentu harus segera diatasi. Apalagi kalau sudah banyak pesan masuk dari sosmed yang penting dan belum sempat dibaca atau balas, ada urusan pekerjaan dan masalah mendesak lainnya yang harus segera diselesaiakan via smartphone tersebut.

lupa kunci layar A20 A30 A50

Pada HP android umumnya, proses membuka kunci layar yang kelupaan Pola, password ataupun PIN masuknya, bisa dilakukan dengan metode recovery. Mereset ponsel atau menghapus seluruh data pengguna ke pengaturan pabrik menjadi solusi mudah. Melakukan Wipe data / Factory reset tentunya berakibat terhapusnya seluruh data di ponsel seperti file gambar, video di galeri, Nomor kontak hilang, pengaturan wifi dan jaringan juga terhapus dan semua dikembalikan ke settingan awal layaknya setelah beli HP baru.

Begitu juga semisal ketika ponsel samsung A20 dan varian lainnya mengalami gagal membuka kunci layar, entah lupa polanya atau sandi, salah satu cara mengatasinya yakni menggunakan metode wipe data dari mode recovery reset. Cara ini paling mudah daripada harus flashing ulang HP dan keluar uang untuk proses perbaikan di tukang service.

Baca juga:  Cara menggabung Nomor kontak ganda di HP Xiaomi Otomatis

Membuka Lupa Kunci Layar Samsung A10/A20/A30

Karena varian A Samsung galaxy ini model terbaru, tentunya tingkat keamanannya juga sudah ditingkatkan. Seperti saat anda mencoba memaksa mematikan atau restart ponsel saat posisi layar terkunci, akan ada notifikasi harus memasukkan Pola / sandi terlebih dahulu.

Padahal biasanya masuk ke mode recovery untuk proses reset dilakukan dalam kondisi ponsel mati atau nonaktif, Namun di samsung A20 dan tipe sekelasnya menghalangi penggunanya mematikan atau restart sistem secara paksa dan harus memasukkan kunci layar dengan tepat.

Baca juga: Cara menyembunyikan tombol Navigasi Samsung A10/A20/A30/A50/A70 serta tips Screenshot (tangkapan layar) Galaxy A10 / Seri A lainnya.

Untuk mengatasi permasalahan HP Samsung A20 tidak bisa dimatikan saat layar terkunci untuk melanjutkan proses Wipe data di mode recovery, silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pastikan kondisi daya baterai ponsel masih diatas 50 persen agar ponsel tidak mati ditengah-tengah proses reset.
  2. Dalam kondisi layar HP menyala dan tidak bisa dimatikan karena problem harus memasukkan sandi yang lupa, maka untuk masuk ke tahap recovery mode lakuka langkah berikut (nomor 3)
  3. Posisikan yang tampil di layar adalah wallpaper, bukan posisi saat menginput Pola / sandi. Lalu Tekan secara bersamaan dan tahan tombol power + volume bawah.
  4. Tunggu sampai layar ponsel mati dan keluar Tulisan logo samsung, kemudian lepas tombol volume bawah, ganti menekan volume atas, sambil tetap menekan tombol power.
  5. Tunggu sampai keluar halaman recovery mode, lalu lepaskan kedua tombol tersebut.
cara recovery mode galaxy A20

Proses Reset Samsung A20 dan tipe lainnya

1. Lanjut, setelah keluar halaman recovery mode, Pilih opsi “Wipe data/factory reset“. Karena layar sentuh tidak aktif, gunakan tombol volume atas dan bawah untuk menggerakkan kursor, dan untuk perintahnya gunakan tombol power.

Baca juga:  Apa pengaruh Memori MicroSD Error terhadap kinerja Android ?

2. Setelah memilih menu Wipe data, konfirmasi perintah dengan memilih “Yes

wipe data factory reset samsung

3. Tunggu sampai proses reset dan penghapusan selesai, dengan ditandai tulisan finished atau completed di bagian bawah layar.

4. Langkah selanjutnya muat ulang sistem dengan memilih opsi “Reboot system Now“, otomatis ponsel akan restart.

5. Tunggu proses penyiapan sistem sampai selesai karena membutuhkan waktu lama, sekitar 30-an menit (tergantung besarnya RAM ponsel), semakin besar RAM semakin cepat proses sistem mempersiapkan datanya.

6. Bila halaman muka sudah tampil, lanjutkan sampai proses menyambungkan ke jaringan data, bisa melalui WiFi atau data selular.

7. Bila ada peringatan seperti “Terdapat percobaan tanpa otorisasi untuk mereset perangkat anda..dst” abaikan saja dan tekan tombol OK. Munculnya peringatan tersebut sebagai pertanda nantinya anda harus memasukkan akun google yang sesuai dengan akun yang digunakan sebelum HP Samsung tersebut direset.

8. Nantinya akan tampil halaman untuk membuka Pola kunci lagi, Namun jangan khawatir, karena kita bisa membukanya dengan menggunakan alamat akun google untuk identifikasi. Silahkan pilih opsi “Gunakan akun google saya“.

verifikasi akun google A20 A30 A50

9. Masukkan alamat Email dan password yang sesuai dengan akun pada ponsel Samsung sebelumya pada halaman Verifikasi akun anda.

Baca juga:  Membuka 2 aplikasi Satu Layar di Samsung A20 dan A30

10. Lanjutkan sampai proses selesai dan bila akun google benar terverifikasi, maka HP Samsung Galaxy sudah bisa digunakan lagi tanpa adanya kunci layar menghalangi.

Setelah berhasil membuka kunci layar di Galaxy A10/A20/A30 dan varian A lain, anda bisa membuat metode keamanan kunci layar sesuai kebutuhan, seperti menggunakan Pola, PIN, sandi, sidik jari atau deteksi wajah.

Pertanyaannya, Bagaimana bila ternyata lupa akun GMAIL (email google) sewaktu verifikasi akun ?. Untuk itu sobat bisa menggunakan salah satu cara yaitu teknik Bypass FRP untuk melewatinya.

Hal yang sama juga bisa anda praktekkan seperti cara diatas untuk membuka Pola layar yang kelupaan pada samsung galaxy Seri M, S dan Note.

Leave a reply "Lupa Kunci Layar HP Samsung A10 A20 A30, Bagaimana Membukanya ?"