Membuka 2 aplikasi Satu Layar di Samsung A20 dan A30

Rata-rata Smartphone Samsung keluaran terbaru sudah memiliki fitur Layar Terpisah atau biasa disebut Split screen. Begitu juga pada seri Galaxy A10, A20 , A30 dan tipe lainnya bisa menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam satu tampilan layar sehingga mempermudah penggunanya membuka aplikasi yang diinginkan tanpa menutup yang lainnya.

mode split aplikasi di HP samsung a20

Tidak hanya fitur layar terpisah, pada HP Samsung A10/A20/A30/A50 dan versi terbaru lainnya juga dibekali opsi membuka aplikasi dalam tampilan Pop-up, yang mana memungkinkan aplikasi terbuka melayang didepan aplikasi yang sedang aktif. Sebagai contoh, ketika kita sedang berkirim pesan via WhatsApp dan tidak ingin menutupnya, lalu ingin melihat video youtube, maka dengan mudah kita mengetik pesan sambil menonton youtube dengan tampilan melayang dan bisa dipindah-pindah posisinya.

Untuk yang belum tahu apa itu layar terpisah (split screen), yaitu membuka dua aplikasi bersamaan dalam satu tampilan dengan mode terpisah separo layar atas dan separo dibawahnya. keddua aplikasi bisa digunakan bersamaan tanpa menutup yang satunya meski dalam tampilan separo layar saja.

Baca juga:  Fitur dan Harga Samsung Galaxy A30 dan A30 di Indonesia

Baca juga: Cara Sembuntikan Tombol Navigasi Samsung A10/A20/A30/A50

Mengaktifkan Mode Layar Terpisah Samsung A20 dan A30

Cara membuka 2 aplikasi di satu layar di bawah ini selain bisa dipraktekkan pada samsung galaxy A20 dan A30 juga dapat dilakukan di seri Galaxy A10, A50, A70, A80 dan beberapa tipe samsung lainnya.

  • Cara termudah slit screen yakni via tombol recent app (tombol navigasi garis 3 mendatar)
  • Misal anda ingin membuka WhatsApp dan facebook bersamaan, caranya buka sejenak WA kemudian tutup dengan tombol Home.
  • Selanjutnya buka lagi aplikasi facebook dan tutup lagi dengan tombol Home.
  • Setelah semua tertutup, tekan tombol navigasi recent app (defaut-nya ada di sebelah kiri tombol home)
menjalankan dua aplikasi satu layar samsung a20
  • Akan terlihat beberapa aplikasi yang baru saja anda buka, pada tampilan melayang ada ikon dari masing-masing aplikasi, semisal WhatsApp dan facebook yang tadi sudah anda buka dan tutup dengan tombol home.
  • Untuk split screen, sentuh ikon WhatsApp, lalu pilih “Buka dalam tampilan layar terpisah)
2 aplikasi satu tampilan layar
  • Otomatis whatsApp akan menempati separo posisi atas layar. Lalu untuk membuka facebook di paro tampilan bawahnya bisa langsung menekan ikon FB atau bisa melalui tombol recent app dan pilih aplikasi Facebook.
Baca juga:  Cara Berbagi Internet HP Samsung J2 Prime ke Laptop

Bagaimana cara Menutup salah satu aplikasi di HP Samsung yang dalam kondisi layar terpisah ?, caranya cukup gampang, tekan dan tahan garis tengah layar lalu geser ke arah atas atau bawah sampai aplikasi yang dimaksud tertutup dan hanya tersisa satu aplikasi saja.

Begitu juga bila ingin mengecilkan dan memperlebar tampilan layar split dari salah satu aplikasi bisa menggeser garis tengah ke bawah atau ke atas sesuai keinginan.

Itulah cara mudah mengaktifkan split screen pada HP samsung galaxy A20 dan A30 sehingga bisa membuka dua aplikasi aktif dalam satu tampilan, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Membuka 2 aplikasi Satu Layar di Samsung A20 dan A30"