Menyembunyikan Tombol Navigasi Samsung A10/A20/A30/A50

Tampilan tombol navigasi bawaan smartphone Samsung A series seperti tipe A10 A20 A30 sampai seri terbaru A80 dan beberapa tipe lainnya letaknya melayang di bagian bawah layar. Dimana untuk tipe ponsel layar penuh yang tidak memiliki tombol fisik diganti dengan virtual button melayang yang bisa diganti dengan metode gesture atau usapan jari.

Hidden navigation button samsung A20 A30

Ketiga tombol navigasi di HP Samsung layar penuh bisa disembunyikan dan diganti fitur gesture. Keuntungannya, selain layar tampak lebih bersih dan luas tanpa juga untuk menjaga kalau ada seseorang yang belum faham fungsi gesture menelusuri menu dari tombol yang biasanya tampil di layar.

Hampir semua tipe smartphone samsung galaxy layar penuh memiliki pengaturan yang bernama “Gesture layar penuh”. Sehingga dengan mengusap layar dari posisi yang telah ditentukan, akan menggantikan fungsi tiga tombol yang disembunyikan seperti tombol “kembali”, Menu dan tombol Recent apps.

Baca juga: Cara Screenshot di HP Samsung A10 A20 A30 dan A50

Cara Menghilangkan Tombol Menu di Samsung A10/A20/A30/A50

Langsung saja ikuti tips menyembunyikan tiga tombol navigasi di smartphone Samsung galaxy A10 A20 A30 dan beberapa tipe lainnya berikut ini.

Baca juga:  Ketuk Dua Kali Vivo Y71 untuk Menyalakan dan Mematikan Layar
Menu tampilan layar navigasi samsung a20
  1. Pertama buka menu pengaturan di smartphone Samsung
  2. Lanjutkan masuk ke opsi Tampilan, lalu ke menu Navigasi
  3. Ubah pilihan yang tadinya “Tombol navigasi” menjadi “Gesture layar penuh
  4. Anda bisa merubah letak navigasinya, apakah ingin dibalik semisal tombol “kembali” berada di sebelah kiri atau tetap settingan aslinya.
Fungsi gesture navigasi layar samsung

Setelah memilih opsi diatas, saat itu pula tiga tombol menu di ponsel Samsung hilang. Untuk menggunakannya cukup mudah, usap dari dari arah bawah ke atas tepat persis di area tombol yang tersembunyi.

Bila anda bingung menggunakannya, bisa mengaktifkan opsi “petunjuk gesture” yang ada d posisi bawah pada halaman settingan Jenis Navigasi. Sebenarnya mudah, mungkin hanya perlu penyesuaian dan latihan saja agar terbiasa dengan metode usapan jari di layar ponsel.

Sekilas tentang samsung A series terbaru, dimana Galaxy A10 merupakan tipe terendah dan termurah dari seri ini. dan untuk tipe tertinggi seri A saat ini yaitu Samsung A80 dengan fitur kamera putarnya (Rotating camera).

Samsung A10 hanya memiliki satu kamera utama saja yang beresolusi 13 MP. Sedangkan setingkat diatasnya ada Galaxy A20 dengan dual camera di bagian belakang masing-masing beresolusi 13 megapiksel dan 5 megapisel.

Baca juga:  Cara Skip Verifikasi Email Google HP Samsung Melalui OTG

Untuk kamera seri Galaxy A30 setingkat lebih tinggi dibanding A20, dengan resolusi 16MP dan 5MP. Sedangkan seri A50 sudah ada fitur triple camera, yang mana resolusi utama kamera 25MP dan dua diantaranya memiliki fungsi berbeda yaitu 8 MP Ultra-wide serta 5 MP untuk depth camera.

Demikianlah tutorial singkat megenai cara menghilangkan / menyembunyikan tombol navigasi menu yang ada di samsung galaxy A10, A20, A30 dan tipe A series lainnya, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Menyembunyikan Tombol Navigasi Samsung A10/A20/A30/A50"