Tips Melihat Kode QR WhatsApp dan Cara menggunakannya

Cara Lihat Kode QR WhatsApp dan Login ke WA Web – Sudah lama aplikasi whatsapp bisa dijalankan melalui perangkat Komputer atau Laptop. Namun sebagian pengguna aplikasi messenger paling populer ini belum mengetahui bagaimana cara masuk ke WA Web dan apa pula itu kode bar (QR Code) yang ada di WhatsApp. Untuk menjawabnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

cara lihat QR Code WA dan login ke WA WEB

Kode QR di whatsapp tidak ubahnya seperti QR Code lain yang sering kita lihat, dimana bentuknya kotak dengan matrik di dalamnya yang berisi berbagai informasi penting dan hanya bisa dibaca oleh kamera atau alat pemindai khusus.

Pada aplikasi whatsApp sendiri sudah disediakan menu khusus untuk melakukan scan QR kode untuk mengakses aplikasi WA dari antarmuka Laptop atau komputer, Tentunya kamera belakang smartphone menjadi alat pemindainya.

Baca Juga tips Android Berikut:

Seringkali kita salah menyebut Kode Bar dikatakan sebagai QR kode, walaupun hampir sama fungsinya namun QR kode lebih kompleks dan bisa membaca data matrik dalam jumlah besar. Berbeda dengan kode bar atau kode batang yang hanya bisa diinput informasi minim.

Cara mengetahui QR Kode whatsapp

Lalu bagaimana cara mengetahui adanya kode QR aplikasi whatsapp?, Mudah sekali. Karena QR kode tersebut digunakan untuk proses autentifikasi masuk dari halaman Web ke akun Whatsapp di ponsel maka kode tersebut bisa ditemukan ketika kita sudah mengakses alamat Web whatsApp.

Cara masuk ke whatsApp Web di laptop/komputer

Baca: Cara mengetahui Akun WA dibajak orang lain

Untuk lebih jelas bangaimana cara masuk ke whatsapp di laptop atau PC, langsung saja simak tipsnya berikut ini:

1. Pertama kali siapkan ponsel yang sudah ada akun whatsApp serta Laptop atau komputer yang sudah dinyalakan

2. Pastikan kedua perangkat, yakni HP dan PC sudah terhubung semua ke Internet

3. Langkah pertama buka aplikasi WA di HP android sobat, kemudian masuk ke opsi Menu, letaknya di pojok kanan atas

cara melihat QR kode WA dan masuk ke akun WA web

4. Setelah itu pilih opsi ‘WhatsApp Web’, dan tunggu sampai kamera belakang menyala dan di layar ada kotak fokus untuk pemindaian QR kode WA di layar Laptop/komputer.

5. Kemudian buka Browser di Komputer, lalu masuk ke alamat : Web. Whatsapp.com

6. Setelah tampil kode QR di layar, silahkan pindai atau scan dengan ponsel tepat di tengah-tengah kotak yang telah ditentukan

7. Bila berhasil masuk, Ponsel akan bergetar sesaat dan di browser PC akan langsung memuat halaman chatting persis dengan isi inbox yang ada di kotak masuk WA Ponsel.

Baca juga:  Cara Ubah penyimpanan Kamera HP Samsung ke Kartu MicroSD

Cara keluar dari WhatsApp Web di komputer

Mungkin anda termasuk orang yang selalu berhati-hati dengan keamanan akun, dimana ketika WhatsApp Web sudah selesai digunakan dan laptop ingin ditinggal pergi maka sebaiknya logout dahulu akun WA-nya agar aman tidak ada orang yang mengintipnya.

Untuk keluar dari whatsApp Web kita tidak membutuhkan kode QR lagi, karena kode tersebut hanya dipergunakan untuk akses masuk WA Web saja. Silahkan simak tips keluar dari WhatsApp web berikut ini:

1. Ada dua cara keluar dari Web whatsapp yakni dari browser di PC ataupun dari Ponsel

2. Silahkan buka aplikasi WhatsApp, kemudian masuk ke Opsi Menu

cara keluar dari WhatsApp Web

3. Masuk ke opsi WhatApp Web, Nantinya akan terlihat Perangkat komputer yang sedang aktif lengkap dengan sistem operasi yang dijalankan, silahkan klik opsi ‘ Keluar dari semua komputer’

4. Setelah menekan tombol tersebut, secara otomatis WhatsApp web di browser laptop akan logout dan hanya tampil kode QR yang siap untuk di scan ulang apabila ingin masuk kembali.

Itulah tips mudah mengetahui QR kode WA beserta cara mengakses WhatsApp Web di laptop atau PC, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Tips Melihat Kode QR WhatsApp dan Cara menggunakannya"