Cara Menyalakan Layar Realme C12 tanpa Menekan tombol Power

Tahukah sobat semua kalau di smartphone Realme C12 kita bisa menghidupkan layar tanpa menekan tombol daya, Cukup hanya dengan ketukan dua kali maka layar akan menyala. Selain pembahasan tersebut, ada pula tips untuk menjalankan kamera hanya dengan menulis huruf O, menghidupkan senter Realme dengan menggambar huruf V dan beberapa gesture lainnya.

Menghidupkan realme C12 dengan ketuk dua di layar

Saat ini hampir semua smartphone android keluaran terbaru sudah dibekali dengan fitur Gesture dan gerakan. Dimana respon sentuhan pada layar maupun gerakan tertentu akan mengaktifkan menu dan aplikasi khusus secara otomatis. (Simak: Cara melihat sisa dan total memori penyimpanan Realme C12)

Sudah umum bagi pengguna smartphone ketika ingin menyalakan ponselnya harus menekan tombol power satu kali. Meskipun sudah melalui serangkaian jumlah test tekanan, penggunaan terus menerus akan membuat tombol  power Realme tidak responsif lagi dan rusak.

Untuk meminimalisir terjadinya tombol power Realme cepat rusak, kita bisa mengaktifkan fitur ketukan layar dua kali sebagai gantinya. Dimana setelah fitur gesture ini diaktifkan, nantinya pengguna Realme bisa memiliki dua opsi, bisa menyalakan layar dengan tombol fisik atau hanya mengetuk layar dua kali.

Baca juga:  Cara Uji kecepatan Internet HP android tanpa install Aplikasi

Cara mengaktifkan Layar Realme C12 tanpa Tombol

Fitur alat serba guna Realme C12
  1. Bukalah menu Pengaturan di Realme C12
  2. Masuk ke menu Alat Serba Guna, Lalu ke Gesture & Gerakan
  3. Di bagian Gesture, Pilih Gerakan layar Mati kemudian aktifkan
  4. Lalu aktifkan opsi Ketuk Ganda agar Layar Hidup
  5. Tutup Pengaturan telepon dan fitur siap untuk dicoba
Menu gerakan layar mati realme C12

Untuk memastikan apakah fitur ketuk ganda di layar realme C12 bisa berhasil atau tidak, bisa anda coba saat layar padam, ketuklah dua kali di layar, bila menyala berarti pengaturan berhasil. Jadi tanpa menggunakan tombol daya, kita bisa lebih mudah menggunakan fitur gesture di android Realme.

Fitur lainnya yang perlu dicoba yaitu Mengaktifkan Kamera dan Senter dengan menggambar huruf di layar bisa mempercepat akses aplikasi tanpa harus mencari dimana letaknya.

Sebagai contoh, untuk menyalakan kamera Realme C12 saat kondisi layar mati, bisa dengan menggambar huruf ‘O’, Otomatis kamera akan menyala dan siap untuk digunakan tanpa harus menyalakan ponsel maupun membuka kunci layar.

Baca juga:  Tips Hemat Kuota data ketika Nonton Youtube di HP Android

Begitu juga ketika ingin menyalakan senter tanpa membuka kunci layar, bisa dengan menggambar atau menuliskan huruf ‘V’ di layar, otomatis senter akan menyala. (Baca juga Mengatasi realme tiba-tiba restart atau mati sendiri)

Adapun langkah-langkah untuk mengaktifkan menu gesture untuk mengaktifkan kamera dan senter Realme C12 tanpa membuka kunci layar sebagai berikut:

  1. Buka pengaturan > Alat Serba Guna > Gesture & Gerakan
  2. Aktifkan menu Gerakan layar mati
  3. Lalu aktifkan opsi “Gambar O untuk memulai kamera” dan “ Gambar “V” untuk membuka senter

Ada juga fitur untuk  mengontrol musik atau lagu saat sedang dimainkan tanpa harus membuka kunci layar. Semisal ingin menghentikan sementara (Pause) Lagu maka cukup menggunakan dua jari untuk menggambar tanda “II” dan menggambar “>” atau “<” untuk memutar musik sebelum atau sesudahnya.

Itulah pembahasa mengenai fitur Gerakan dan gesture yang ada di Realme C12 yang bisa berfungsi untuk menyalakan layar dengan ketukan dua kali, membuka kamera, Senter dan mengontrol musik dengan menggambar pola di layar, semoga bermanfaat.

Baca juga:  Cara Ubah penyimpanan Kamera HP Samsung ke Kartu MicroSD

Artikel Terkait