Cara Melihat Total dan Sisa Memori Penyimpanan Realme C12

Produk terbaru Realme C12 mengusung banyak keunggulan dengan harga yang murah, seperti sudah menggunakan tiga kamera mengusung fitur Triple Nightscape camera dan baterai berkapasitas besar yaitu 6000 mAh yang bisa difungsikan sebagai powerbank untuk perangkat lainnya menggunakan koneksi OTG.

Melihat berapa giga memori penyimpanan realme C12

Dengan harga sekitar Rp 1.899.000, Kita sudah mendapat smartphone android Realme C12 dengan RAM 3GB dan ruang penyimpanan telepon 32GB. Dan jangan kaget kalau sebenarnya ruang memori penyimpanan kosong yang kita dapat tidaklah murni 32GB meskipun kita merasa belum menginstall apapun, karena sudah digunakan untuk keperluan sistem serta aplikasi.

Bila anda belum percaya, sesaat setelah membeli handphone Realme C12 coba cek ruang penyimpanan telepon yang tersisa, Tidak sampai 20GB. Jadi yang 10GB lebih kemana ?, Pastinya untuk software sistem serta aplikasi bawaan dari pabrikannya. (Simak: Beda Harga dan Spesifikasi Realme C12 dan C15)

Banyak pengguna smartphone buatan China yang murah ini belum tahu dimana letak menu untuk melihat sisa memori penyimpanan telepon. Mungkin anda merasa file gambar, Video atau aplikasi sudah terlampau banyak dan ingin memastikan berapa GB besar penyimpanan yang terpakai dan totalnya di Realme C12, bisa dilakukan dengan mudah.

Baca juga:  Cara Ubah Tema HP Realme agar Tampilan Lebih Menarik dan Unik

Cara Melihat sisa Penyimpanan Realme C12

  1. Buka menu Pengaturan di Realme C12
  2. Geser agak kebawah dan pilih menu Pengaturan Tambahan
  3. Menu paling atas masuk ke bagian Penyimpanan
  4. Akan terbuka halaman detail berapa GB total penyimpanan dan yang sudah terpakai
menu untuk melihat sisa memori telepon di Realme C12

Jadi di menu pengaturan tambahan tersebut kita bisa memantau pemakaian ruang memori penyimpanan telepon sudah terpakai berapa dan juga total keseluruhan.

Detailnya anda bisa lihat di daftar bawahnya seperti berapa besar penyimpanan yang terpakai untuk Aplikasi, Gambar, Video, Audio, Dokumen dan file lainnya.

Biasanya pemakaian ruang penyimpanan telepon terbesar ada di bagian Aplikasi beserta datanya. Bahkan semakin lama dan sering kita menjalankan aplikasi yang kita sukai, semakin besar pula ukuran filenya karena ada file cache, Data dan temporary files.

Tidak hanya itu, File Video juga menyumbang ukuran yang besar dibanding file gambar atau foto. Apalagi kalau suka chatting di whatsApp, banyak teman yang mengirim video sudah barang tentu akan cepat menghabisakan ruang penyimpanan Realme C12 anda.

Baca juga:  Cara Membuka 2 Aplikasi di Satu Layar HP Realme 3

Semisal ada masalah tidak dapat download aplikasi di play store di HP Realme C12 dengan ditandai adanya peringatan kalau ruang penyimpanan hampir habis atau perlu dikosongkan. Bila demikian, lakukan penghapusan beberapa file yang tidak perlu atau memindahkannya ke media lain seperti mentransfer ke kartu MicroSD yang terpasang di ponsel, flashdisk, komputer dan lainnya.

Tips tambahan, Bila ingin kinerja Realme C12 tetap lancar dan tidak lemot, lakukan pembersihan File cache secara berkala, Bisa seminggu sekali atau satu bulan sekali. Dimana file cache aplikasi atau sistem yang terlampau menumpuk dapat menyebabkan kinerja ponsel menurun, Baterai cepat habis dan lemot.

Cara yang sama juga dapat dilakukan untuk melihat sisa penyimpanan Realme C15, Realme 5, XT, X2 dan beberapa tipe lainnya.

Artikel Terkait