Mengatasi HP Realme Tiba-tiba Mati atau Restart Sendiri

Salah satu smartphone Android yang juga sukses dan laris di pasaran Indonesia adalah Realme. Dimana deretan produk seperti Realme C3, 5i, 5-Pro, Seri 6 atau Pro, X3, C11 dan tipe lainnya memiliki segmen pengguna berbeda, Mulai dari harga murah sampai yang memiliki fitur Super zoom seperti Seri realme X3 yang harganya di kisaran 8 jutaan.

realme sering mati

Permasalahan bisa saja muncul pada HP Realme seperti tiba-tiba mati sendiri, ponsel Hang atau layar tidak respon disentuh sama sekali sampai kejadian bootlop alias hanya tampil logonya saja saat dinyalakan dan beberapa problem lainnya.

Di kesempatan kali ini admin khusus berbagi tips bagaimana mengatasi handphone Realme yang restart sendiri atau tiba-tiba mati padahal pengguna tidak menyentuh tombol power sedikitpun. (Simak juga: Cara Reset HP Realme 5 / 5-Pro dengan 2 metode berbeda)

Kejadian ponsel android mati sendiri tidak hanya terjadi di HP Realme saja, Hampir semua smartphone android bisa mengalami hal tersebut. Dan yang menjengkelkan, saat sedang asik-asiknya bersosial media, nonton youtube atau pas main game tiba-tiba HP mati padahal baterai tampak penuh.

Step By Step Mengatasi Realme mati sendiri

Untuk mengatasi problem di smartphone Realme yang suka reboot atau restart sendiri, sebaiknya kita lakukan langkah pemeriksaan secara berurutan, supaya tahu penyebab dan penyelesaiannya. Langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Periksa kondisi baterai

Hal pertama tentunya kita harus memeriksa apakah kondisi daya baterai masih optimal atau sudah habis. Terkadang prosentase baterai yang tampak di layar juga bisa menipu, terlihat masih banyak padahal sudah kosong dayanya.

Baca juga:  Cara Menyambungkan Netis ke WiFi sebagai Repeater Hotspot

Untuk memastikannya, coba colokkan charger atau pengisi daya baterai dan nyalakan lagi HP Realme. Bila tidak terjadi kendala mati sendiri lagi, berarti daya baterai ponsel tadinya habis dan perlu pangisian.

  • Cek Aplikasi Bermasalah

Kalau yakin daya baterai masih optimal dan bahkan dalam kondisi kabel charger terkoneksi namun tetap saja ponsel suka mati sendiri, gejala umumnya disebabkan adanya aplikasi bermasalah.

Coba hapus aplikasi yang sering menyebabkan HP realme tiba-tiba mati saat menjalankan aplikasi tersebut. Lalu coba lagi, apakah kendalanya masih ada atau sudah terselesaikan.

  • Cek Tombol Power

Ada hal yang terlihat sepele namun jarang disadari yaitu tombol power tersangkut. Tidak menutup kemungkinan terlalu keras menekan tombol daya dan tidak pas di posisi tengah dapat menyebabkan pemantiknya tersangkut pada bodi ponsel.

Coba tekan-tekan berulang kali untuk memastikan tombol power tidak ada masalah.

  • Cek kondisi Memori dan Sim Card

Coba keluarkan SIM Card atau memori card terlebih dulu (Bisa satu per satu dulu), dan cek apakah ada kendala pada kartu atau tidak. Bila setelah dikeluarkan ternyata ponsel tidak bermasalah lagi, berarti kartu yang error dan minta ganti.

Pada beberapa kasus, kartu Memori MicroSD yang rusak dapat menyebabkan Handphone android sering macet, lemot, Aplikasi berhenti sendiri dan ponsel sering restart sendiri.

  • Cek Suhu Ponsel
Baca juga:  Cara Mengetahui Sisa Memori HP Realme 3 dan 3 Pro

Ponsel yang kinerjanya berat seperti saat menjalankan game atau nonton video terus menerus akan mempercepat naiknya suhu pada hardware. Bahkan suhu ruangan yang terlampau panas juga akan menurunkan performa smartphone.

Umumnya Chipset di dalam smartphone akan otomatis memerintahkan sistem untuk melakukan reboot atau bahkan shutdown saat suhu terlampau tinggi supaya tidak terjadi kerusakan.

Coba matikan dulu atau dinginkan HP Realme kalau terasa terlampau panas dan mengakibatkan sering mati secara tiba-tiba. Setelah dingin, coba nyalakan lagi dan gunakan seperti biasa.

  • Bersihkan File Cache

Cache berfungsi untuk membantu sistem menjalankan perintah di aplikasi lebih cepat. Namun Fie cache yang sudah usang dan jarang dijalankan aplikasi akan memperberat kinerja prosesor dan RAM sehingga efeknya ponsel jadi lemot, aplikasi sering macet dan bahkan HP tiba-tiba mati dan nyala sendiri.

Banyak aplikai pembersih cache di play store, Bahkan saat ini setiap smartphone android keluaran terbaru, bahkan Realme sekalipun juga sudah dilengkapi aplikasi pembersih cache.

Silahkan bersihkan cache dengan cepat melalui aplikasi pembersih dengan sekali tombol, atau ingin melakukan secara manual melalui menu pengaturan > Aplikasi > Pilih aplikasi > Hapus cache.

  • Pindai Virus

Meski patch keamanan android dari waktu ke waktu sudah ditingkatkan dan lebih aman dari serangan Cyber atau virus, namun masih banyak virus baru bermunculan yang bisa membobol sistem android di HP Realme.

Baca juga:  Cara Reset Ulang HP Realme saat Lupa Kunci dan Pola Layar

Efek HP Android terkena virus salah satunya ponsel terasa lemot saat menjalankan aplikasi meskipun RAM besar, HP mati sendiri, File video atau gambar hilang atau bahkan tidak dapat dibuka, Kuota internet boros, HP cepat panas dan efek negatif lainnya.

Lakukan pemindaian virus yang menumpang di aplikasi atau sistem menggunakan Anti virus bawaan Realme, caranya masuk ke Pusat Keamanan >> Virus Scan >> Start Scanning.

  • Perbarui Sistem

Pembaruan atau update sistem Realme sangat dianjurkan untuk mendapatkan versi terbaru. Tujuannya tentu untuk meningkatkan performa dan menambal celah keamanan yang rawan.

Coba perbarui software Realme melalui meu Pengaturan >> Pembaruan Sistem. Pastikan koneksi internet stabil dan kondisi baterai 80 persen keatas saat melakukan update.

Bila semua langkah diatas sudah dilakukan, bahkan sampai mereset ulang Realme ke pengaturan pabrik ternyata handphone tetap sering mati sendiri, solusi terakhir adalah membawa ke pusat layanan resmi Realme untuk perbaikan.

Bila Garansi Realme masih ada, jangan sekali-kali melakukan flashing, Moding, memodifikasi firmware atau membongkar sendiri smartphone agar garansi tidak hangus.

Demikianlah langkah-langkah mengatasi sendiri HP Realme yang sering restart atau mati sendiri secara tiba-tiba, semoga bermanfaat untuk pembaca Gusinfo semua.

Artikel Terkait