Perbedaan Harga dan Spesifikasi Realme C12 dan C15

Banyaknya tipe smartphone android buatan Realme membuat beberapa konsumen harus selektif menentukan pilihan. Mulai harga termurah sampai kelas premium bisa menentukan fitur dan spesifikasi yang didapat. Bahkan membandingkan dua ponsel keluaran terbaru semisal Bedanya Realme C12 dan C15 wajib diketahui sebelum beli karena keduanya tampak sama dari tampilan luarnya.

BEDA HARGA REALME C12 - C15

Umumnya konsumen sekilas melihat Perbedaan Spesifikasi Realme C12 dan C15 atau tipe apapun smartphonenya dari fisik luarnya, seperti besar kecilnya layar dan resolusi kamera yang biasanya tertulis di dekat lensanya. Bila ditelusuri lebih dalam, nantinya kita akan bisa membuat kesimpulan mana yang patut dipilih dan tentunya harga tidak akan bohong tentang kualitas.

Langsung saja kita simak perbedaan dan persamaan Realme C15 dan C12 mulai dari Ukuran layar, Resolusi kamera beserta jumlah lensanya, Jenis prosesor, Ukuran RAM yang ditawarkan, Daya baterai dan lain sebagainya.

Perbedaan Spek dan Harga Realme C12 vs C15

Dimensi dan Layar

Realme C12 memiliki ukuran layar 6,5 inch HD dengan LCD Multi-Touch Display dan Rasio layarnya 88,7 Persen. Begitu juga Layar Realme C15 juga memiliki dimensi panjang, lebar dan beratnya  yang sama persis serta tampilan Mini-Drop Fullscreen yang menawarkan rasio layar lebih luas, Cocok buat pecinta Game dan Penonton Video.

Baca juga:  Harga Terbaru Huawei Honor 7x Dual kamera

Simak juga Cara Update Software Realme via Online dan Offline, serta Cara mengatasi Realme tiba-tiba mati sendiri dan penyebabnya.

Prosesor

Tidak ada perbedaan pada spesifikasi prosesornya, Realme C15 dan C12 sama-sama dibekali chipset Gaming Helio G35 Octa-core dengan fabrikasi 12nm, Adapun kecepatannya mencapai 2.3GHz. Sedangkan urusan grafis dijejali dengan GPU GE8320, Jadi untuk yang suka main Game seperti COD, PUBG, Mobile Legend dan permainan berat lainnya sangat lancar dijalankan pada kedua ponsel android ini.

RAM dan Penyimpanan

Kecepatan sistem selain ditentukan oleh prosesor juga besarnya RAM yang dipakai, Semakin tinggi nilai RAM semakin bagus pula performanya, tidak gampang macet dan semua aplikasi bisa berjalan lancar dengan delay yang cepat.

Ukuran RAM realme C12 di Indonesia hanya memiliki satu pilihan yaitu 3GB dengan ruang penyimpanan internal (ROM) 32GB. Sedangkan konsumen Realme C15 bisa memilih dua varian berbeda, yaitu RAM 3GB + ROM 64GB serta yang terbesar RAM 4GB dengan penyimpanan 64GB.

Kamera Depan dan Belakang

beda kamera dan prosesor realme C15 dan C12

Disinilah baru tampak perbedaan kedua smartphone China ini, Yaitu pada jumlah lensa kamera  serta resolusinya. Dimana Realme C12 mengusung slogan ‘Nightscape Triple Camera’, Dimana pada kamera belakang disertai 3 Buah lensa yang masing-masing memiliki fungsi berbeda.

Baca juga:  Perbedaan Realme 5 dan 5 Pro Dari Spesifikasi dan Harganya

Resolusi kamera utama Realme C12 yaitu 13MP yang bisa melakukan perbesaran 4x Digital Zoom. Kedua lensa lainnya yaitu 2MP untuk fungsi B&W dan 2MP untuk fitur pemotretan Makro, Sedangkan kamera Selfie memiliki resolusi 5MP AI dengan aperture f/2.0.

Pada Spesifikasi kamera belakang Realme C15, di bagian lensa utamanya beresolusi 13MP AI dan ketiga lensa lainnya memiliki fungsi yang berbeda, yaitu 8MP Ultra Wide-Angle Lens mencapai sudut 119 derajat, 2MP B&W lens dan yang keempat 2MP untuk Retro Lens. Adapun Resolusi kamera depan Realme C15 lebih besar yaitu 8MP AI.

Daya Baterai

Rupanya pihak realme ingin menyasar para pecinta Game dan juga penikmat Video, Dimana kedua hobi tersebut yang selalu membuat daya baterai cepat terkuras habis. Pantas saja slogan untuk bagian spesifikasi baterai, Realme menggunakan kata “Mega Baterai” dan juga memiliki fungsi untuk powerbank.

Ukuran daya baterai Realme C12 dan C15 sama, yaitu memiliki daya 6000mAh. Namun kelebihan dari Realme C15 yaitu fitur pengisian cepat atau Quick charge dengan daya 18 Watt memakai adaptor 9Volt / 2Ampere.

Meski demikian, Realme 12 juga bisa sebagai powerbank seperti halnya C15. Jadi saat kita membutuhkan mengisi daya baterai ponsel lain, bisa langsung menggunakan kedua tipe smartphone ini sebagai pengisi baterai.

Baca juga:  2 Metode Screenshot Realme X2 dan XT

Sensor, OS dan Fitur lain

Secara keseluruhan fitur lainnya sama saja antara C12 dan C15. Seperti halnya sudah disertai Sensor Sidik jari, Magnetic Induction sensor, Sistem Operasi Android versi 10 dengan tampilan Realme UI, Dukungan Bluetooth versi 5.0 dan Dual Nano-SIM card serta letak kartu Memori MicroSD untuk penyimpanan tambahan.

Perbedaan Harga Realme C12 dan C15

Adapun banderol harga Realme C15 RAM 3G + 64GB ROM yaitu Rp 1.999.000, Sedangkan untuk RAM 4G dengan ROM 64 harganya Rp 2.199.000 dan warna yang tersedia yaitu Seagull Silver dan Marine Blue.

Untuk harga Realme C12 dengan RAM 3GB + ROM 32GB yaitu Rp 1.899.000 dengan pilihan warna Marine Blue dan Coral Red. Dan perlu dicatat, harga yang tertera diatas merupakan banderol resmi yang ditawarkan pada situs resmi Realme Indonesia. Bisa saja terjadi kenaikan atau penurunan harga pada suatu saat tanpa pemberitahuan lebih lanjut.

Itulah sekilas pembahasan perbedaan dan persamaan Realme seri C12 dan tipe C15, Mulai peebedaan harga, Spesifikasi sampai fitur yang dibawanya. Smeoga bisa menjadi acuan saat ingin memutuskan membeli salah satu dari kedua smartphone terbaru Realme tersebut, Terima kasih.

Artikel Terkait