Cara Merubah Teks ke Suara Jadi MP3 Gratis dan Natural

Merubah teks menjadi suara dan menyimpannya ke format MP3 dapat dilakukan secara online maupun dengan menginstall aplikasi text to speech voice. Namun dari banyak diantara tool atau aplikasi pengubah tulisan ke suara mirip manusia sungguhan umumnya berbayar alias tidak gratis.

merubah charater jadi suara di ANDROID dan laptop

Kali ini admin akan membagikan tutorial cara mengubah Tulisan menjadi suara dengan format MP3 dengan banyak pilihan suara laki-laki atau wanita. Dimana salah satu situs converter text to voice yang populer dan suara yang dihasilkan natural yaitu voicemaker.in .

Tool konversi teks menjadi suara sangat berguna untuk para vloger, Youtuber atau edditor video yang tidak mau kesulitan merekam atau mengisi suara (Dubbing) secara manual. Apalagi banyak konten kreator yang tidak percaya diri saat berbicara langsung di depan kamera, sehingga apikasi pegubah tulisan menjadi narasi suara menjadi pilihan tepat.

Kalau di youtube atau media sosial banyak beredar video dengan disertai narasi yang kalau didengar secara seksama akan terdengar seperti suara robot. Dimana aplikasi gratisan yang banyak digunakan para youtuber yaitu google voice. Namun kelemahannya yaitu dari sisi suaranya, terdengar datar dan tidak natural seperti suara asli manusia.

Baca juga:  Cara Top Up dan Harga Diamond Mobile Legends (ML) di Shopee

Cara Ubah Teks ke suara secara Online (Gratis)

Ada situs online penyedia konversi Text to speech yang memiliki banyak pilihan bahasa dan suara yang mirip manusia asli yaitu website voicemaker. Adapun langkah-langkah konversi text to voice adalah sebagai berikut:

  • Buka Browser di Laptop atau smartphone
  • Lalu kunjungi situs pengubah Teks ke suara manusia di alamat voicemaker.in
  • Daftar akun dahulu dengan menggunakan alamat Email
  • Bila sudah Login ke akun voicemaker yang sudah dibuat
  • Ketikkan kata atau kalimat yang ingin dikonversi menjadi suara
  • Di bagian opsi AI Engine pilih Neural TTS supaya suara mirip manusia
  • Kemudian Pilih bahasa yang ingin digunakan
  • Pada bagian Voice, Pilih salah satu nama pengisi suara yang diinginkan
  • Di menu Audio pilih formatnya apakah MP3, OGG atau WAV, Lalu pilih sample ratenya (Semakin tinggi Sample rate maka suara semakin jernih namun ukuran file juga lebih besar)
  • Di bagian voice setting, atur tingkat Volume yang diinginkan dan kecepatan pengucapannya (Voice speed)
  • Di Menu Voice Effect pilih saja default
  • Bila sudah, Tekan tombo l Convert to Speech untuk mendengar hasilnya
  • Bila sudah sesuai yang diinginkan, Tekan tombol Download untuk mengunduh hasilnya.
Baca juga:  Cara Beli Paket Netflix di Alfamart dan Harganya
aplikasi online pengubah tulisan jadi suara

Peletakan tanda titik, koma maupun spasi akan menentukan bagus tidaknya voice yang dihasilkan karena sistem akan mendeteksi setiap abjad atau character yang dituliskan penggunanya.

Sebagai  contoh, Bila ingin ada jeda suara lebih lama antar kalimat, maka beri tanda spasi double atau  lebih. Pengguna voicemaker juga bisa melakukan setting pada bagian Pitch,Emphasis, Pauses dan lainnya pada menu yang telah disediakan.

Versi gratisan dari aplikasi voicemaker setiap kali konversi hanya mampu memuat sampai 250 character. Namun admin rasa itu bukan masalah, karena meskipun kita ingin membuat narasi yang panjang, bisa mengkonversi beberapa bagian dan menyimpannya dan file bisa disambung di aplikasi video editor.

Kesimpulannya, Bagi para konten kreator ingin merubah bentuk tulisan menjadi suara secara otomatis tanpa menginstal aplikasi, bisa mengkonversinya via Online di situs voicemaker dengan banyak pilihan robot AI Engine-nya.

Format Audio MP3 dari hasil convert Text to Speeech bisa digunakan di berbagai aplikasi video Editor seperti Cap Cut, FilmoraGo, Kine Master, Adobe Premiere dan lain sebagainya.

Baca juga:  3 Cara Membuka Kunci Layar HP Advan Lupa Sandi Pola PIN

Artikel Terkait