Lupa  Password WiFi yang tersambung di HP, Begini Cara Melihatnya !

Menggunakan jaringan WiFi untuk terkoneksi internet memang dianggap lebih lancar dibanding melalui koneksi data selular. Sedangkan router yang digunakan untuk memancarkan WiFi umumnya sudah diberi pengaman berupa password minimal 8 karakter. Namun bagaimana kalau ponsel yang sebelumnya sudah tersambung namun lupa passwordnya saat ingin dibagikan ke teman lain ?.

Meskipun saat ini hampir semua smartphone Android keluaran baru sudah dapat share (Membagikan) password WiFi ke ponsel lainnya berbekal scan kode QR, Namun masalahnya bukan disitu, karena kita tidak akan tahu password WiFi-nya bila ditanya orang lain yang ponselnya tidak bisa melakukan scan QR Code.

Ketika lupa password WiFi yang sudah terhubung di ponsel tidak perlu panik, Karena sebenarnya sandi masih tersimpan di sistem namun tidak ditampilkan ke pengguna alias hidden file. Sebagai gantinya, di sistem android akan menampilkan password WiFi memakai kode QR yang apabila di scan dengan kamera akan memunculkan nama jaringan (SSID) sekaligus kata sandinya.

Di bawah ini saya contohkan cara memunculkan password WiFi di HP Android yang kelupaan sandinya menggunakan ponsel Xiaomi Redmi Note. Untuk tipe smartphone lain langkah-langkahnya hampir sama.

Baca juga:  HP Baterai Tanam Terendam air Bagaimana mengatasinya?

Cara Melihat password WiFi yang tersambung di HP

  • Pastikan sudah terhubung ke jaringan WiFi yang kelupaan passwordnya
  • Kemudian masuk ke menu Setelan
  • Lalu pilih menu Wi-Fi
  • Ketuk nama jaringan WiFi yang terhubung
  • Akan muncul QR kode di halaman Berbagi jaringan Wi-Fi
  • Lakukan tangkapan layar (Screenshot) pada kode QR yang tampil
  • Setelah itu tutup menu Setelan
  • Langkah selanjutnya buka aplikasi Google Lens
  • Pilih opsi “Telusuri dengan kamera Anda
  • Pilih file screenshot yang sudah tersimpan di galeri
  • Bila berhasil, maka akan muncul detail kode yang terdeteksi aplikasi Lens berupa Nama jaringan, Sandi dan juga tipe Keamanan WiFi.
Melihat sandi wifi di HP yang kelupaan

Jadi meskipun tanpa menggunakan kamera scanner QR dari ponsel lain, pengguna Android bisa dnegan mudah mengetahui password WiFi yang sudah tersambung namun kelupaan kata sandinya. Cukup menggunakan aplikasi Lens milik google.

Sebagai tambahan informasi, Aplikasi google Lens bisa digunakan untuk mendeteksi nama benda, Lokasi atau kejadian hanya dengan memotretnya atau memasukkan file gambar untuk dideteksi.

Baca juga:  Cara Mengetahui WhatsApp dibajak Orang atau tidak

Selain itu, Dengan google Lens kita bisa menerjemahkan tulisan bahasa asing dengan hanya memotret atau mengarahkan kamera ke tulisan yang ingin kita terjemahkan artinya.

Itulah cara mudah memunculkan password jaringan WiFi yang tersambung di HP Android menggunakan bantuan google Lens, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait