Cepat dan Mudah Membuat Deskripsi dan Keyword Foto di Shutterstock

Masih banyak kontributor foto atau video di Shutterstock yang bingung bagaimana cara membuat deskripsi dan keyword yang tepat dan cepat, Sehingga foto yang sudah di-approved (Disetujui) bisa cepat terjual atau dilihat oleh para pembeli.

mencari ide keyword dan deskripsi foto shutterstock

Perlu dipahami sebelumnya, bahwasanya dari ribuan atau Jutaan foto yang dijual di Shutterstock menggunakan beberapa faktor supaya bisa ditemukan atau dilihat oleh pengunjung, diantaranya Kata kunci (Keyword), Deskripsi dan Kategori.

Sebagus apapun foto yang di-submit ke Shutterstock oleh para kontributor, tidak akan memiliki potensi untuk terlihat dan terjual apabila deskripsi dan keyword yang dimasukkan salah. Mengapa demikian ?

Penulisan Deskripsi di Shutterstock

Kita bahas dulu yang pertama yaitu Deskripsi, dimana file yang di unggah wajib memiliki kalimat yang menjelaskan subjek dari foto atau video.

Simak juga: Daftar situs Microstock jualan foto terbaik dengan bayaran tinggi serta Cara daftar dan jual foto di Shutterstock sebagai kontributor

Deskripsi juga memungkinkan para pembeli di Shutterstock bisa melihat foto yang kita tawarkan, karena rata-rata setiap pencari foto akan memasukkan kata kunci sebagai filter dari jutaan file yang ada supaya muncul seperti yang diharapkan.

Banyak kontributor yang belum menyadari kalau setiap kata yang ada dalam penulisan deskripsi memiliki keyword.

Baca juga:  Cara Setting dan Langganan Mola TV di STB Indihome

Semakin panjang deskripsi foto / Video yang dituliskan dan relevan dengan subjek yang ingin diceritakan, maka peluang dilihat oleh calon pembeli semakin besar ketika pengunjung mengetikkan kata kunci yang salah satu kata atau kalimatnya ada di dalam deskripsi tersebut.

Sebagai catatan, Deskripsi di Shutterstock tidak harus panjang, Meskipun pendek kalau kata-kata dan kalimatnya penuh dengan kata kunci yang dimaksud, maka bisa berpeluang besar foto dilihat pengunjung.

Pentingnya Keyword yang Tepat di Shutterstock

Keyword menjadi kunci utama jualan foto di Shutterstock bisa cepat laku selain faktor deskripsi. Adapun kualitas foto atau video tentunya tergantung selera dari para pembeli yang memiliki selera berbeda.

Bahkan banyak foto yang kita anggap sepele dan jelek banyak terjual karena penilaian tergantung dari keperluan pembeli.

Pentingnya penulisan Keyword di Shutterstock yang tepat semakin meningkatkan keterlihatan jualan kita di mata pengunjung.

Bahkan tidak sedikit yang malah dibikin pusing menuliskan keyword yang bagus daripada menulis deskripsi di Shutterstock.

Sebenarnya ada cara paling mudah membuat kata kunci dan Deskripsi di Shutterstock tanpa harus pusing memikirkan apa yang akan diketik. apalagi Desripsi di Shutterstock  wajib ditulis dalam bahasa Inggris.

Padahal banyak contoh aplikasi atau Situs penyedia kata kunci (Keyword Tools) sekaligus penulisan deskripsi untuk digunakan oleh kontributor Shutterstock.

Baca juga:  Cara Daftar dan Jualan Foto di Shutterstock sebagai Kontributor

Di bawah ini saya akan membagikan cara membuat keyword dan deskripsi yang cepat di Shutterstock menggunakan tool gratisan serta cara penggunaannya.

Mencari Ide Deskripsi dan Keyword Foto Shutterstock

Salah satu Aplikasi gratisan untuk membuat kata kunci dan deskripsi foto di Shutterstock yaitu di situs keyword finder imstocker.com .

Di situs imstocker tersebut kita bisa mencari foto dan video yang semirip mungkin dengan objek foto yang akan kita submint di Shutterstock.

Cara kerjanya, kita cukup memasukkan kata kunci supaya gambar dari kontribuor microstock seperti Adobestock, Shutterstock dan Canstockphoto muncul.

Setelah nanti deretan foto muncul, maka kita bisa melihat deskripsi sekaligus keyword yang mereka gunakan. Dengan demikian, kita cukup menjiplak dan sedikit memberi perubahan pada kalimat deskripsinya bila diperlukan.

Daftar foto/video yang ditampilkan di imstocker secara default menurut tingkat kepopulerannya. Jadi yang diawal tampil itulah yang terpopuler di Shutterstock dan bisa kita “jiplak” atau salin keyword dan deskripsinya.

Adapun langkah-langkah mencari bikin deskripsi di Shutterstock menggunakan tool dari situs keyword finder IMStocker yaitu sebagai berikut:

  • Tentukan dulu file foto yang akan diisi deskripsi dan keywordnya
  • Setelah itu, Buka Browser dan masuk ke alamat berikut > imstocker.com/en/keyworder
  • Dikolom pencarian, masukkan satu saja kata kunci yang mirip dengan foto yang ingin di-submit ke Shutterstock
  • Pilih satu atau beberapa foto yang semirip mungkin dengan gambar yang kita punya
  • Untuk mencari ide deskripsi Shutterstock, Letakkan kursor di atas gambar yang dipilih, Nantinya akan tampil deskripsi dari foto tersebut
  • Salin deskripsi yang ditampilkan dan masukkan ke deskripsinya foto di Shutterstock dengan mengubah atau menambah beberapa kata supaya unik dan tidak terkesan menjiplak (Plagiat)
Baca juga:  Mengatasi HP Realme Tiba-tiba Mati atau Restart Sendiri
mencari keyword foto shutterstock

Mencari Keyword foto untuk Shutterstock

  • Masih di imstocker keyworder, Masukkan kata kunci gambar yang ingin dimunculkan
  • Setelah tampil, pilih beberapa yang hampir mirip dengan milik kita
  • Setelah gambar terseleksi, Kata kunci akan muncul di kolom “Suggested keywords”.
  • Pilih semua keyword yang muncul dengan menekan opsi di kolom “select first”
  • Nantinya kata kunci akan masuk di kolom your keyword
  • Untuk menyalinnya, tekan tombol “Copy to clipboard”
  • Paste  / Tempel kata kunci ke bagian keyword di foto Shutterstock.

Dengan menggunakan trik diatas, kita tidak perlu sudah-susah mencari ide keyword dan penullisan deskripsi. Cukup salin dari gambar / video yang laku dan laris di Shutterstock.

mencari ide keyword dan deskripsi foto shutterstock
Next Post

No more post

Artikel Terkait