Daftar Situs terbaik Microstock Untuk Jualan Foto dengan Bayaran Tinggi

Mungkin banyak penggemar fotografi belum mengetahui Bagaimana dan dimana situs tempat menjual foto, Baik itu jepretan dari kamera DSLR, Mirrorless atau melalui kamera Smartphone. Tentunya Semakin banyak foto berhasil terjual maka kita akan mendapat bayaran tinggi setiap bulannya.

Situs untuk jual foto agar dapat duit

Website tempat menjual hasil bidikan foto bagi fotografer disebut juga Microstock. Dimana Gambar yang terjual bebas royalty sehingga pembeli bisa menggunakan foto tanpa harus membayar lagi royalti setiap mereka ingin menggunakannya lagi.

Tidak hanya foto komersial saja, Para kontributor juga bisa menjual hasil karyanya berupa Foto Editorial, Gambar Ilustrasi, Video Pendek tanpa suara atau Footage dan Audio.

Shutterstock adalah salah satu situs microstock populer untuk jual foto biar dapat duit dari sekian banyak penyedia stok fotodan video Online seperti iStock, Canva, Depositfoto, Adobe stock dan lain sebagainya.

Intinya, Punya kamera atau smartphone bagus dan suka memotret, Lalu yakin foto bisa dijual dan unik, Lebih baik jadikan investasi jangka panjang dengan rutin Upload foto / Video ke Microstock, Siapa tahu menjadi pendapatan sampingan.

Situs Microstock Terbaik Untuk Jualan dan Beli Foto

  • Shutterstock
  • Adobe Stock
  • Canva
  • Dreamstime
  • Depositphotos
  • iStock
  • 123RF

Dibawah ini adalah Penjelasan Fitur dan Bayaran website Microstock untuk jualan foto dan Video yang terpopuler saat:

Bisa dibilang Tempat jualan Foto dan Video dengan bayaran terbaik untuk kontributornya adalah Shutterstock.

Shutterstock

Simak juga : Cara Daftar dan Jualan foto di Shutterstoock sebagai kontributor

Di shutterstock banyak sekali fotografer dari kelas pemula sampai yang ahli dengan label kontributor eksklusif berkumpul. Setiap hari ribuan foto diunggah ke situs ini dengan berbagai kategori.

Untuk yang baru daftar di shutterstock dan berhasil menjual satu foto dihargai $ 0,10. Mungkin terlihat kecil, Namun bila foto banyak diminati dan terjual banyak maka harganya akan semakin tinggi.

Baca juga:  Cara Daftar dan Jualan Foto di Shutterstock sebagai Kontributor

Intinya, Nilai sebuah foto yang terjual di shutterstock semakin banyak yang beli semakin tinggi pula bayaran yang didapat kontributor. Bahkan untuk kontributor eksklusif bisa mendapat $15- $120 untuk setiap downloadnya.

Shutterstock juga bekerjasama dengan Facebook, Dimana ketika ada seseorang yang beriklan di Facebook dan menggunakan gambar yang berasal dari shutterstock, maka kontributornya juga mendapat royalty.

Sistem Bagi hasil (Earning Breakdown) Shutterstock untuk foto dan Video terbagi menjadi 6 Level, Dimana Level 1 untuk penjualan 100 image mendapat bagi hasil 15 Persen, Level 2 20 Persen dengan jumlah penjualan foto 101-250, Level 3 25%, Level 4 30%, Level 5 35% dan Level 6 40% bila foto terjual lebih dari 25.000 kali.

Produk hasil karya apa saja yang bisa dijual di Shutterstock ?, Diantaranya sebagai berikut:

  • Foto (Stock Photos Commercial)
  • Foto Editorial
  • Gambar Vektor / Ilustrasi
  • Footage / Video durasi pendek
  • Audio

Adapun cara Daftar shutterstock sangat Gampang, Tinggal Buat akun, Setting profil dan langsung bisa Upload foto dengan memberikan deskripsi dan kata kunci. Nantinya Foto yang diunggah akan direview.

Bila review foto berhasil di Approved atau disetujui, Maka akan tampil dalam portofolio kita dan bisa bersaing dengan para kontributor lain. Intinya, semakin banyak stok foto semakin banyak peluang untuk terjual.

Berikut ini adalah Link / Tautan untuk Daftar Jualan foto di Shuttersock > Daftar Shutterstock

Adobe Stock

Perusahaan industri Desain besar sekelas Adobe pasti banyak yang sudah mendengar. Adobe Stock merupakan salah satu produk bagi setiap fotografer yang ingin menjadi kontributor.

Beberapa keuntungan menjadi kontributor foto dan video di Adobe Stock, yang pertama ada integrasi dengan adobe creative cloud dan kedua adanya fitur favorit.

Baca juga:  Cara Mengembalikan Foto Terhapus di HP Xiaomi Redmi Note

Banyak fotografer yang sudah gabung di Shutterstock dan microstock lainnya juga menjadi kontributor di Adobe stock untuk meningkatkan pendapatan.

Untuk besarnya royalty di Adobe stock untuk kontributor jenis foto, video atau ilustrasi antara 33%-35% dari total penjualan.

Hasil karya yang bisa dijual di Adobe Stok diantaranya :

  • Gambar Vektor dan Ilustrasi
  • Stock Foto
  • Footage atau Video berdurasi pendek

Canva

Bagi yang suka mencari template untuk desain IG, Logo, Kolase foto, Presentasi dan sebagainya, Canva menempati urutan terpopuler saat ini.

Menjual foto di Canva juga menjadi favorit bagi para fotografer dengan royalty besar mencapi 50 % dari total penjualan.

Produk dan karya yang bisa dijual di  Microstock Canva diantaranya :

  • Stock Foto
  • Gambar Ilustrasi dan Vektor
  • Karya kreatif semisal Kartu Undangan, Infografis, Template Presentasi, Sampul Buku, Kartu Nama, Desain sertifikat dan masih banyak lainnya.

Dreamstime

Selain Adobe stock dan Shutterstock yang membayar hasil jualan foto dengan royalti tinggi adalah Microstock Dreamstime.

Jadi semakin banyak stok foto atau video yang terjual, maka semakin besar nilainya, sehingga otomatis pendapatan juga semakin besar pula.

Bayaran untuk kontributor di Dreamstime yaitu antara 25% -60% per penjualan produk.

Karya yang dapat dijual di Dreamstime sama seperti di Shutterstock, antara lain :

  • Foto Stock (Komersial)
  • Editorial Photo
  • Vektor / Ilustrasi
  • Footage video
  • Audio

Adapun alamat situs untuk daftar menjadi kontributor Dreamstime di > Link ini

Depositphotos

Meskipun populer, namun banyak kontributor foto yang mengeluhkan pembayaran atau royalti dari hasil penjualan foto di Depositphotos yaitu sepertiga dari nilai total unduhan.

Dibutuhkan ribuan stok foto yang terjual supaya bisa payout bulanan dari Depoositphtos. Umumnya photografer yang memiliki nama besar dan profesional yang banyak masuk disini.

Baca juga:  Cara Mematikan Bunyi Tombol Kamera Realme C2 / C3

Media yang dapat dijual di Depositphotos diantaranya :

  • Foto Stock
  • Editorial Photos
  • Vector illustrations
  • Footage Short Video

iStock

Meskipun bayaran foto yang terjual paling rendah diantara microstock lain yang sudah admin sebutkan, Namun iStock masih dalam kategori situs penyedia Microstock populer dan terbaik.

Mengapa iStock masih jadi yang terbaik dan banyak kontributor senang menjual hasil video dan stok foto disini, diantaranya iStock sudah berdiri sejak tahun 2000 dan jutaan foto ada disana.

Selain itu, di iStock kita bisa menjadi kontributor ekslusif yang peluangnya sangat besar sehingga income bulanan bisa mencapai ratusan dollar hanya dengan jualan foto.

Selain itu, iStock merupakan bagian dari microstock populer Getty Images dimana untuk bayaran foto yang terjual dikisaran 15% – 20%.

Karya yang bisa dijual di iStock antara lain :

  • Stock Photos
  • Ilustrasi dan vektor
  • Footage dan Audio

123RF

Dan yang terakhir daftar situs microstock yang terbaik yaitu 123RF. Meskipun banyak konributor yang malas untuk jualan foto sini karena bayaran atau royaltinya rendah, Namun beberapa fitur seperti unggahan dan peninjauan cepat menjadi nilai positif tersendiri.

Apa salahnya anda mencoba mendaftar juga di 123RF untuk jualan stok foto, siapa tahu rejeki ada disini dan bisa untuk menambah income bulanan dari situs microstock yang lain.

Itulah beberapa daftar situs microstock untuk jualan foto agar dapat duit yang terbaik dan populer saat ini.

Dan yang terpenting, Selain foto harus original milik sendiri, juga pantang menyerah dengan selalu rutin upload foto agar stok semakin banyak dan peluang terjual semakin besar.

Situs untuk jual foto agar dapat duit
Previous Post

No more post

Artikel Terkait