Pendaftaran Kartu Prakerja Serta Syaratnya

Program prakerja telah diluncurkan oleh pemerintah di awal 2020, namun masih ada yang belum memahami cara daftar kartu prakerja online. Hal ini berdampak hilangnya kesempatan emas untuk memperoleh bantuan insentif setelah menyelesaikan pelatihan. Pada kondisi pandemi demikian, mendapatkan support finansial sangat dinanti.

syarat daftar kartu prakerja terbaru

Program ini dikeluarkan untuk merespons kondisi bencana global yang dialami oleh seluruh masyarakat. Disadari berdampak pada berbagai macam sektor dan berbagai macam kalangan. Mulai dari buruh, pemilik usaha atau UMKM, dan mahasiswa yang baru saja menyelesaikan tahapan pendidikan tingginya.

Dibagi menjadi beberapa gelombang kartu prakerja yang diadakan secara bergantian, pemerintah berusaha memberikan peluang pengembangan diri dan kreativitas di bidang digital. Dengan demikian diharapkan mampu bersaing, menggerakkan roda ekonomi, dan meningkatkan daya beli. Diharapkan semua orang dapat memanfaatkannya dengan baik dan tidak disalahgunakan untuk kepentingan selain yang disyaratkan.

Program Kartu Prakerja dan Persyaratannya

Mengusung semangat untuk mengembangkan SDM Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, dibentuklah sebuah program agar mendorong masyarakat senantiasa mengasah kemampuan mereka melalui pelatihan. Bekerja sama dengan pelaku usaha swasta, menciptakan ekosistem sehat, sportif, kreatif dan mendukung pembangunan Indonesia maju.

Baca juga:  Cara Merekam Panggilan Telepon di HP Vivo V9 Tanpa Aplikasi

Diperuntukkan bagi setiap warga negara yang memenuhi syarat daftar kartu prakerja. Meliputi berkewarganegaraan Indonesia, berusia 18 tahun keatas, dan sudah tidak menempuh pendidikan formal. Dengan demikian terbuka bagi siapapun, baik yang sudah bekerja, terdampak putus kerja, atau fresh graduate dari perguruan tinggi ternama.

Untuk mampu mengikuti program ini, setiap warga negara yang telah memenuhi persyaratan perlu melakukan pendaftaran melalui daring terlebih dahulu. Prosesnya sederhana, namun masih banyak yang belum memahami dengan baik. Oleh karena itu perlu petunjuk dan penjelasan mengenai cara daftar kartu prakerja online.

Langkah – langkah Mendaftar Kartu Prakerja

Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi, yaitu dengan mengakses www.prakerja.go.id. setelah diakses, akan disambut dengan halaman utama yang berisi berbagai informasi singkat tentang program ini. Pilihlah tombol “daftar sekarang” yang tertera pada laman tadi. Anda dapat mendaftar kartu prakerja lewat HP maupun desktop.

Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat akun, Anda diminta untuk memasukkan email dan menuliskan password akun yang akan dibuat. Cek email, akan ada pesan masuk yang berisi instruksi verifikasi. Selesaikan proses verifikasi dan akun telah terbentuk. Login maka Anda sudah siap untuk mendaftar program prakerja.

Baca juga:  Cara Merekam video Call di WhatsApp HP Android

Proses mendaftar kartu prakerja lewat HP maupun desktop sama, yaitu dimulai dengan login terlebih dahulu. Pada halaman dashboard, isi verifikasi KTP, data diri, dan nomor HP. Pastikan nomor HP masih aktif, karena digunakan untuk menerima kode OTP. Input kode OTP dan proses pendaftaran telah selesai.

Langkah berikutnya adalah mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar, hanya perlu menyiapkan kertas dan alat tulis untuk membantu menyelesaikan tesnya. Anda diminta untuk menyelesaikan 18 soal dengan waktu maksimal 25 menit. Setelah tes selesai, akan diadakan evaluasi, tidak lama maksimal 5 menit sudah mendapatkan hasilnya.

Langkah terakhir adalah mendaftar gelombang kartu prakerja sesuai dengan domisili. Anda akan diarahkan untuk membaca dan menyetujui lembar persetujuan. Setelah selesai kembali ke dashboard untuk mengetahui statusnya. Jika ada informasi sukses mendaftar maka proses berhasil. Di dashboard juga akan diumumkan status lolos atau tidaknya.

Apa yang Dilakukan Setelah Mendaftar?

Pada dasarnya adalah menunggu informasi lolos atau tidaknya. Dengan cara memeriksa terus perkembangan informasi di dashboard akun. Jika lolos, maka bisa lanjut ke tahap berikutnya, yaitu memilih pelatihan. Namun yang tidak lolos pendaftaran kartu prakerja bisa mengikuti kembali pada gelombang berikutnya.

Baca juga:  Cara Setting APN Indosat Paket Yellow iM3

Bagi yang tidak lolos pendaftaran kartu prakerja, tidak perlu mengulang proses pengisian data lagi, tinggal mengikuti seleksi gelombang saja. Jika tidak lolos lebih dari tiga kali, bisa mengunduh surat pernyataan dan mengisinya sesuai informasi yang sebenarnya. Permintaan Anda akan ditinjau ulang.

Perlu diperhatikan bahwa setelah dinyatakan lolos, hanya diberi kesempatan 30 hari untuk memanfaatkan dana bantuan pelatihan tersebut. Gunakan untuk memilih pelatihan yang dibutuhkan, selesaikan dengan cepat dan urus insentif pasca pelatihan. Selain membantu secara finansial, juga memungkinkan Anda untuk mengikuti pelatihan kedua (selama ada saldo).

Menghadapi musibah global tidaklah mudah, namun pemerintah tidak menyerah dengan memberikan bantuan pelatihan dan insentif untuk masyarakat yang terdampak. Tidak sulit untuk memanfaatkan fasilitas tersebut, tinggal mengikuti proses pendaftaran dan menjalani dengan serius. Pastikan seluruh syarat daftar kartu prakerja terpenuhi dan mulailah berlatih.

Artikel Terkait