Mengatasi Kamera CCTV Xiaofang tidak Terbuka di Aplikasi Mi Home

Permasalahan kamera Xiaomi Xiaofang tidak dapat connect saat dijalankan melalui aplikasi Mi Home banyak yang mengalaminya. Apalagi bagi pengguna di Indonesia, ingin menampilkan video CCTV merek Dafang, Xiaofang dan sejenisnya terjadi error dan  ada peringatan kalau perangkat hanya dapat digunakan di wilayah maindland China.

kamera cctv xiaomi xiaofang tidak konek di Mi Home

Saya juga mengalami sendiri permasalahan ketika ingin membuka video CCTV Xiaofang di Mi Home terjadi error dan keluar peringatan Regional restricted yang bertuliskan Use Only in mainland China. Padahal sebelumnya lancar-lancar saja, namun kali ini berbeda, Ingin memonitor ruangan saja melalui smartphone tidak bisa dilakukan.

Entah karena ada Bug di aplikasi mi Home atau pabrikannya sudah mendeteksi info lokasi di luar Negara China, Namun konsumen tentu yang dirugikan. Mengapa harus menjual produk ke luar negeri kalau tidak dapat difungsikan ?

Seperti diketahui, Penjualan kamera CCTV Xiaomi Xiaofang dan Dafang serta beberapa tipe sejenisnya memiliki dua versi, yaitu Internasional dan khusus China. Tentunya untuk versi internasional lebih mahal dibanding versi lokal China.

peringatan error cctv tidak terbuka di mi home

Dimana yang saat ini banyak beredar di Indonesia kamera CCTV Murah Xiaomi yaitu Xiaofang versi China. Jadi saat ingin menggunakannya, di aplikasi Mi Home harus disetting lokasi menggunakan wilayah Mainland China atau di Mi Home versi terbaru kita bisa memilih Tiongkok.

Baca juga:  Cara Blokir dan Batasi klien Hotspot Wi-Fi di HP XIAOMI

Permasalahannya, meskipun settingan lokasi tidak diubah dan tidak merubah menu apapun, tetap saja CCTV Xiaofang tidak bisa konek dan menampilkan video di Mi Home karena terdeteksi bukan di wilayah China.

Mengatasi Video CCTV Xiaofang Error di Mi Home

Berikut ini adalah pengalaman saya untuk mengatasi error saat ingin memutar Video CCTV Xiaofang di aplikasi Mi Home, yang ternyata masih bisa dijalankan meskipun kita berada di luar China.

  1. Update Mi Home ke versi terbaru dan cek pengaturan lokasi pilih tiongkok karena Mainland China tidak ada di menu wilayah
  2. Lakukan reset CCTV Xiaofang, Tekan tombol Setup di kamera
  3. Kemudian di Mi Home pilih tambah perangkat, menunya ada di pojok kanan atas tanda plus
  4. Lakukan koneksi CCTV dengan smartphone dengan Scan ulang QR Code yang ditampilkan sampai selesai
  5. Jangan lupa memberi nama seperti ruang tamu, living room, bed room atau selainnya
  6. Setelah terkoneksi dan kamera mencoba terhubung akan terjadi error dengan ditandai notifikasi kalau kamera hanya dapat digunakan di wilayah China
  7. Yang harus dilakukan, tutup aplikasinya dan dan buka kembali untuk menampilkan halaman awal Mi Home
  8. Matikan tracking lokasi atau GPS di smartphone, lalu kembali lagi ke tampilan mi Home
  9. Tunggu beberapa saat sampai ada ikon kamera Xiaofang menyala
  10. Jangan masuk ke bagian ikon Xiaofang, masuk ke menu yang ada diatasnya berdasarkan nama ruangan yang sebelumnya anda buat (Lihat contoh gambar)
  11. Tunggu sejenak, nantinya akan tampil Thumbnail Video, Untuk menjalankan tekan Play
  12. Bila belum tampil juga, tekan tombol kembali dan ulangi prosesnya
Baca juga:  Cara Sembunyikan Tombol Navigasi Redmi Note 7 Xiaomi
Menu menampilkan kamera CCTV di Mi Home

Memang tampilan video tidak seperti yang biasa kita lihat lengkap dengan beberapa menu seperti alarm, sensor gerakan, Melihat rekaman dan lainnya. Di tampilan tersebut kita hanya bisa melihat kondisi ruangan saja karena hanya ada menu play dan pause.

Tentunya meski belum puas kita masih bisa melihat kondisi ruangan menggunakan CCTV Xiaofang dari Mi Home tanpa dicegat halaman peringatan lagi.

Cara Komplain CCTV Xiaofang ke Pihak Xiaomi

Halaman peringatan yang muncul dan menghalangi pengguna CCTV Smart Camera Xiaofang yang mengharuskan penggunanya ada di wilayah china, terdapat menu untuk komplain.

Dimana bila dibuka, disana ada petunjuk untuk melakukan komplain atau lebih tepatnya mengirim permintaan untuk pengguna internasional.

Admin sendiri juga mengirimkan Email komplain ke Pihak Xiaomi meskipun sampai saat ini belum dijawab. Adapun cara mengirim berkas komplain untuk pengguna internasional kamera Xiaofang yaitu sebagai berikut.

  1. Persiapkan dua Foto, Yaitu foto label di bawah kaki CCTV yang ada detai MAC address
  2. Lalu foto kedua yaitu stiker pada box paket penjulan kamera, Ambil gambar semua dengan jelas
  3. Bla sudah, jalankan aplikasi Email dan buat email baru dengan menekan ikon “+” di aplikasi
  4. Di bagian kolom penerima masukkan alamat feedback@hualaikeji.com
  5. Pada kolom subjek tuliskan kalimat “Request of international user
  6. Di bagian isi surat, ketik alamat MAC kamera CCTV, Bisa dilihat stiker belakang kamera
  7. Sertakan dua buah file foto yang sudah dipersiapkan, caranya pilih menu lampiran (Ikon berupa tanda paper klip)
  8. Setelah itu kirim permintaan dengan menekan tombol segitiga di pojok kanan atas Aplikasi Email
Baca juga:  Perbedaan Redmi Note 7 dan Redmi 7 dari Harga dan Spesifikasi

Karena belum tahu bagaimana respon dan jawaban apa nanti dari pihak Xiaomi, Saya hanya bisa menjalankan video CCTV Xiaofang untuk memonitor ruangan dengan aplikasi Mi Home sebatas cara diatas.

Meskipun pada awalnya sudah mencoba uninstall aplikasi dan memasang versi lama, tetap saja peringatan user harus di wilayah China tampil, akhirnya kembali lagi ke versi terbaru meski harus rela hanya bisa melihat tampilan video realtime tanpa bisa memutar ulang rekaman dari aplikasi Mi Home.

Kalau sobat memang terpaksa ingin memutar ulang hasil rekaman kamera CCTV Xiaofang atau Dafang tanpa Mi Home, bisa mencopot terlebih dahulu Memori atau kartu MicroSD di kamera dan memasangnya di ponsel atau komputer.

Artikel Terkait