Tips Hemat Kuota data ketika Nonton Youtube di HP Android

Cara menghemat Kuota data internet saat Nonton youtube Android – Kegemaran menonton video di Youtube bisa terkendala karena sering habisnya kuota data selular. Apalagi yang cuma berbekal paketan murah dengan kuota sedikit, pasti tidak akan lama nonton video di Youtube sudah kehabisan kuota.

cara hemat kuota internet nonton youtube

 

Pengguna smartphone pastinya sudah paham kalau streaming video, tidak hanya di youtube saja, memutuhkan jumlah kouota internet yang tidak sedikit. Bahkan untuk durasi video yang hanya 5 menit saja bisa menyedot kuota internet puluhan MB, belum lagi nonton movie yang lainnya.

Kekhawatiran kehabisan kuota internet tentunya tidak berlaku bagi yang mempunyai koneksi internet dari WiFi dengan metode bayar bulanan. Dimana umumnya pada koneksi WiFi untuk akses datanya sudah unlimited meskipun pada provider tertentu bisa ada FUP atau penurunan kecepatan bila sudah mencapai limit tertentu.

Baca: Cara membatasi Video di Yotube untuk anak dibawah Umur

Lain lagi untuk pengguna kartu selular yang saat ini masih menduduki rangking pertama pelanggan terbanyak di Indonesia bahkan di Dunia untuk terhubung ke jaringan internet.

Baca juga:  Cara Mengecek Sisa Kuota paket Yellow IM3

Oeh sebab itu, pengguna smartphone android atau OS lain yang ingin berhemat data harus melakukan pengaturan khusus bagi yang suka nonton video Youtube, yang pasti tujuannya kuota data tidak cepat habis.

Cara hemat kuota data streaming youtube

Banyak tidaknya kuota internet yang terpakai untuk menonton video di Youtube disebabkan oleh resolusi serta durasi video ketika tampil di layar.

Semakin tajam resolusi video Youtube, maka semakin besar pula jatah kuota internet yang harus dipenuhi agar streaming lancar dijalankan.

Begitu pula untuk durasi, bagi yang suka nonton video dengan durasi panjang puluhan menit, atau bahkan sampai durasi Jam, pastinya akan mempercepat kuota internet terkuras habis.

Di bawah ini admin berikan tips bagaimana menghemat Kuota internet selular di HP android agar tidak cepat habis untuk nonton youtube, yuk disimak:

1. Buka aplikasi Youtube dan masuk ke pengaturan akun (pojok kanan atas)

mengatur resolusi tampilan video youtube

2. Selanjutnya masuk ke opsi Setelan > dan masuk ke opsi ‘Umum

Baca juga:  Cara Rekam percakapan Panggilan Telepon di Android

3. Kemudian di opso ‘Batasi penggunaan data selular‘ silahkan diaktifkan, tujuannya agar kualitas video yang tampil bukan kualitas HD ketika digunakan dalam mode data selular, dan untuk jaringan WiFi maka secara otomatis bisa berubah ke mode tampilan video HD.

mengatur hemat kuota internet youtube

Ada juga tips menghemat data internet di youtube setelah melakukan pengaturan diatas, yaitu dengan mengatur resolusi video yang tampil di layar. Caranya sebagai berikut:

Mengubah resolusi video streaming Youtube

1. Buka salah satu video yang anda sukai

2. Setelah terbuka, tap atau sentuh satu kali di layar video agar opsi menu muncul di pojok kanan atas (tanda titik tiga)

youtube hemat data internet selular

3. Masuk ke opsi tersebut, dan pilih opsi ‘kualitas

4. Di dalam opsi tersebut ada beberapa pilihan resolusi video yang bisa anda pilih seperti mulai yang paling rendah resolusinya 144p, 240p, 360p, 480p dan juga untuk ponsel berspesifikasi tinggi bisa sampai resolusi 720p dan 1080p.

5. Untuk menghemat kuota internet selular ketika menonton youtube silahkan pilih resolusi videonya yang kecil seperti 240p.

Baca juga:  Cara Ambil Kiriman Uang WU di Kantor Pegadaian

6. memang semakin rendah resolusi video di yotube maka kualitasnya juga akan menurun tapi efeknya akses video cepat dan tidak menguras kuota internet.

Itulah tips mudah menghemat data internet selular ketika di aplikasi youtube yang bisa amin bagikan di kesempatan kali ini semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a reply "Tips Hemat Kuota data ketika Nonton Youtube di HP Android"